Batman : The Killing Joke (2016) – Sinopsis Lengkap dan Nonton Trailer

Diposting pada
Satu lagi film dengan genre animasi yang diproduksi oleh DC Comic dengan Warner Bross Animation. Batman : The Killing Joke merupakan film yang diangkat dari graphic novel dengan judul yang sama karangan dari Alan Moore dan Brian Bolland. Batman : The Killing Joker merupakan film ke dua puluh enam dari seri  DC Universe Animated Original Movies  yang menghadirkan Batman sebagai karakter utama. Tak itu saja, film animasi yang disutradarai oleh Sam Liu ini pun menghadirkan sosok-sosok musuh bebuyutan Batman, Joker. Selain itu juga menjadi salah satu film yang menampilkan Bat Girl, kekasih Batman.
Cerita dalam Batman : The Killing Joke dibuka dengan Barbara Gordon / Bat Girl (diisi suara oleh Barbara Gordon) yang tengah melakukan patroli rutin. Sayangnya, Bat Girl justru gagal untuk mencegah sebuah aksi perampokan. Beruntung, dengan bantuan Batman / Bruce Wayne (diisi suara oleh Kevin Conroy), Bat Girl mampu menangkap salah satu kriminal dalam aksi perampokan tersebut. Disisi lain, Paris Franz (diisi suara oleh Maury Sterlin), pemimpin para perampok sekaligus sepupu dari pemimpin gangster, mulai memiliki perasaan khusus – yang mengarah pada obsesi berbahaya untuk Bat Girl. Paris Franz pun mulai mengirimkan berbagai pesan-pesan untuk Bat Girl. Namun baru setelah Paris Franz berhasil memancing Bat Girl untuk menemukan mayat sang paman lah, Batman mulai menyadari bahwa Bat Girl tengah dalam bahaya. Ia pun memutuskan Bat Girl untuk tak lagi terlibat kasus yang melibatkan Paris Franz.
Batman mengatakan bahwa Bat Girl akan memiliki rasa keinginan untuk membunuh kriminal yang tengah ia kejar. Mereka pun berdebat yang cukup emosional, yang diakhiri dengan hubungan badan antara keduanya. Besok malamnya, Bat Girl berusaha untuk meminta maaf pada Batman, namun sayangnya disaat yang sama Batman justru tengah berada dalam sandraan komplotan Paris Franz dan anak buahnya. Bat Girl yang muncul untuk menyelamatkan Batman pun mulai menghajar Paris Franz dan anak buahnya habis-habisan. Ia bahkan nyaris membunuh Paris Franz sebelum menyadari apa yang dikatakan Batman mengenai dirinya adalah benar. Ia pun lantas memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengejar para penjahat.
Beberapa waktu kemudian, tiba saat dimana Batman tengah menginvestigasi lokasi pembunuhan dengan Detective Harvey Bullock (diisi suara oleh Robin Atkin Downes). Penyelidikan yang berakhir dengan kesimpulan bahwa Joker, yang saat itu masih berada di Arkham Asylum, adalah sosok dibalik kejahatan tersebut. Demi membuktikan kecurigaan tersebut, Batman lantas pergi ke Arkham Asylum untuk bertemu dengan Joker. Namun disana, Batman menemukan bahwa Joker telah melarikan diri.
Disisi lain, Joker (diisi suara oleh Mark Hamill) justru telah siap untuk menyerang Barbara Gordon serta sang ayah, Commissioner James Gordon (diisi suara oleh Ray Wise). Joker pun menembak perut Barbara, membuatnya sama sekali tak bisa bergerak dengan Gordon melihat itu semua tanpa mampu melakukan apapun. Tak berhenti disitu, Joker pun lantas membawa Gordon ke sebuah taman bermain yang tak lagi digunakan, menelanjangi sang Commisioner dan menyiksanya. Ia pun menunjukan foto ketika Barbara tengah telanjang dan tersiksa.
Cerita lantas dibawa ke kisah masa lalu Joker, dan dari mana ia bermula. Dari sini terungkap bahwa Joker dulunya adalah seorang insinyur yang memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan menjadi seorang komedian. Sayangnya, Joker justru tak berhasil menjadi seorang komedian. Depresi dan putus asa untuk menyambung hidup dengan Jeannie (diisi suara oleh Anna Vocino), yang tengah hamil, membawa Joker bergabung dengan sekelompok kriminal untuk merampok tempat kerjanya dulu. Para kriminal ini pun meminta Joker mengenakan topeng serta kostum Red Hood. Yang tak diketahui Joker, para kriminal ini berniat untuk menjebaknya dalam aksi perampokan tersebut. Ketika masih dalam perancanaan, polisi justru memberitahu Joker bahwa Jeannie serta anaknya meninggal dalam sebuah kecelakaan. Dalam keadaan berduka cita, Joker berniat mundur dalam rencana perampokan tersebut namun dicegah dengan keras oleh komplotan kriminal tersebut.
Pada sebuah area laboratorium, para kriminal tersebut bersama dengan Joker yang mengenakan kostum Red Hood berhasil melewati penjagaan ketat dan aksi tembak-tembakan pun tak dapat lagi dielakkan. Para kriminal tersebut pun dapat dilumpuhkan dan tinggallah Joker berhadapan dengan Batman, yang muncul untuk menginvestigasi kejadian. Ketakutan, Joker lantas terjatuh kedalam kolam pembuangan penuh cairan kimia berbahaya dan terbawa pipa keluar dari bangunan tersebut. Dan ketika ia membuka masker yang menutupi wajahnya, ia menyadari bahwa bahan kimia tersebut telah merubahnya selamanya. Ia kini memiliki wajah baru yang mirip dengan badut. Perubahan penampilan, kesedihan karena kehilangan keluarga membuat Joker kehilangan kewarasanya dan menjadikannya Joker.
Baca juga:
  • Sang Sekretaris (2016) 
  • Humor #Baper (2016) 

Kembali ke masa kini, Batman lantas menemukan dan menyelamatkan Gordon, sedangkan Joker berhasil melarikan diri. Untungnya, meski telah disiksa, Gordon tetap tak kehilangan akal sehat dan tetap meminta  Batman untuk menangkan Joker sesuai dengan apa yang selalu ia lakukan. Batman pun lantas mengikuti Joker ketika disaat yang sama, Joker berusaha meyakinkan Batman bahwa dunia ini tak lebih dari sebuah lelucon, dan bahwa suatu saat nanti akan cukup untuk merubah pria normal menjadi gila. Batman pun akhirnya berhasil memojokan Joker, memberitahunya bahwa Gordon tetap tak kehilangan akal sehat dan dia seorang diri di tengah kegilaannya. Batman lantas berusaha mendekati Joker, menawarkan untuk membawanya ke rehabilitasi, namun Joker menolak dan justru menganggap semuanya sudah terlambat. Joker lantas mengisahkan bahwa saat ini situasi keduanya mengingatkan pada dua orang pasien di rumah sakit jiwa yang berusaha melarikan diri dengan melompat dari satu bangunan ke bangunan lain menggunakan lampu senter. Hanya saja, salah seorang pasien tersebut justru berkata, “apa kamu gila? Kamu akan mematikan senternya ketika aku masih berada ditengah-tengah!” Batman dan Joker tertawa untuk lelucon tersebut tepat ketika polisi datang.
Di tengah-tengah adegan, Barbara nampak muncul dengan kursi roda dan memasuki sebuah ruangan rahasia di ruangannya. Ia menyalakan komputer dan nampaklah logo Oracle pada layar.

Informasi film Batman : The Kiling Joke

Judul film
Batman : The Killing Joke

Genre
Action, Animasi

Sutradara
Sam Liu

Produser
Bruce Timm
Alan Burnett
Sam Register

Penulis naskah
Brian Azzarello

Diangkat dari
Batman: The Killing Joke
karangan Brian Bolland and Alan Moore

Pemain
Kevin Conroy
Mark Hamill
Tara Strong
Ray Wise
Robin Atkin Downes
John DiMaggio
Brian George
J. P. Karliak
Andrew Kishino
Nolan North
Maury Sterling
Fred Tatasciore
Bruce Timm
Anna Vocino
Kari Wahlgren
Rick D. Wasserman

Produksi
DC Comics
Warner Bros. Animation

Distribusi
Warner Bros. Pictures

Negara
Amerika Serikat

Bahasa
Inggris

Tanggal rilis
July 22, 2016 (San Diego Comic-Con)
July 25, 2016 (United States)

Durasi
77 Menit

Trailer film  Batman : The Killing Joke (2016) 

Poster film Batman: The Killing Joke 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.