Alasan Suka Bekerja di Bagian Produksi

Posted on

Bagian produksi merupakan sebuah jabatan yang ada pada perusahaan yang memiliki peranan penting dan membutuhkan keprofesionalan tinggi. Tugas utamanya tentu saja berada pada bagian pengoperasian sebuah mesin untuk bisa menghasilkan produk-produk terbaik untuk menyalurkan dari pabrik ke konsumen. Jabatan ini selalu ada karena memang perusahaan membutuhkan para tenaga ahli yang siap bekerja.

Artikel ini untuk Anda yang menjadi seorang lulusan teknik dan ingin mencoba bekerja menjadi operator produksi. Berikut merupakan penjelasan mulai dari kualifikasi pekerja, tugas, tanggung jawab, juga segala hal yang berkaitan dengan posisi yang sedang Anda targetkan. Sebab menggali informasi sedalam mungkin sebelum melamar adalah langkah yang paling tepat.

Kualifikasi Kemampuan Para Calon Pekerja

Kualifikasi dalam mencari pekerjaan adalah hal wajib yang harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian. Karena dengan terpenuhinya kualifikasi, perusahaan akan lebih mempercayai Anda sebagai pelamar yang siap bekerja. Jadi, berikut adalah beberapa hal yang memenuhi keinginan para pejabat perusahaan jika Anda ingin bekerja pada bagian produksi.

1. Skill untuk Menganalisa

Kemampuan analisis yang baik harus Anda kuasai karena kegiatan produksi membutuhkan tenaga ahli yang bisa mengidentifikasi semua hal dengan baik supaya tidak terjadi kesalahan dalam prosesnya. Sebab kegiatan mengoperasikan mesin bukanlah kemampuan yang mampu semua orang lakukan,  apalagi yang tidak memiliki kemampuan analisis kuat.

2. Kemampuan Komunikasi

Memiliki cara berkomunikasi yang baik juga harus ada untuk bisa menjadi seorang tenaga bagian produksi. Sebab dalam sebuah proses produksi tidak hanya melibatkan satu pihak saja, jadi bisa berkomunikasi dengan baik bersama rekan dari tim lain atau client adalah hal penting supaya kegiatan produksi berjalan dengan lebih baik tanpa ada kesulitan berkomunikasi.

3. Kesehatan Tubuh

Walau bekerja menjadi bagian produksi terlihat mudah, tapi kenyataannya tidak demikian. Pekerjaan satu ini akan menghabiskan banyak tenaga Anda setiap harinya untuk memeriksa semua kegiatan produksi yang terjadi di perusahaan. Jadi memiliki tubuh yang sehat sangatlah penting supaya kegiatan perusahaan tidak terganggu karena operator yang sering absen bekerja karena sakit.

4. Kemampuan Dasar

Memiliki kemampuan yang cukup selama belajar di jurusan teknik harusnya membuat Anda mampu mengoperasikan berbagai jenis mesin juga komputer untuk membaca segala data yang ada nanti. Maka dari itu kemampuan ini adalah yang paling penting supaya peluang mendapatkan pekerjaan pada bidang yang Anda mau dapat terwujud.

Tugas Tenaga Kerja Bagian Produksi

Apa asaja tugas utama kerja di bagian produksi? Ternyata ini jawabannya.

1. Tugas Utama

Tugas utama bagian produksi cakupannya cukup luas. Tidak hanya mengawasi mesin saja, tapi juga berkaitan dengan para target dari perusahaan. Baik target besar seperti sebuah kelompok atau juga target individu. Tetapi Anda akan sering melakukan pengelolaan sebuah produk mulai dari bahan hingga menjadi sebuah produk jadi siap pakai.

2. Ikut Serta dalam Persiapan

Anda juga akan mendapatkan tanggung jawab untuk mencari material paling tepat dalam proses produksi. Setelah menyiapkan material, Anda juga wajib mengikuti semua rapat untuk mempersiapkan project yang akan tiba nantinya. Karena rapat adalah langkah awal yang bisa menjadi panduan berikutnya untuk bisa menyelesaikan proses produksi dengan baik.

3. Mengoperasikan Mesin Produksi

Tugas selanjutnya dari bagian produksi tentu saja menjalankan mesin. Pekerjaan ini adalah yang cukup menguras tenaga karena harus memastikan semua mesin menyala dengan baik, dapat beroperasi tanpa hambatan, juga mati seluruhnya setelah proses produksi selesai. Jadi tentu saja operator akan sangat sibuk untuk memantau mesin selama jalannya pekerjaan.

4. Mengutak-atik Mesin

Setting program pada mesin juga harus Anda lakukan dengan baik supaya tidak terjadi kesalahan. Sesuaikan settingan mesin dengan standar produk yang sedang Anda buat, karena setiap produk berbeda-beda kebutuhan settingnya. Jadi sudah pasti Anda harus mampu menyesuaikan diri dengan baik pada semua pengaturan dari setiap produk yang sering berubah setiap waktu.

5. Menjaga Keberlangsungan Produksi

Tidak hanya memantau saja, bagian produksi juga harus memastikan bahwa semua alur tahapan berjalan dengan baik. Jumlah target dari produksi harus sesuai dan juga bisa tepat waktu adalah hal yang harus selalu terwujud. Sebab perusahaan akan mendapatkan banyak kerugian jika produk tidak selesai sesuai target juga tepat waktu.

Tanggung Jawab Seorang Operator Produksi

Sebelum melakukan sebuah proses produksi pastinya akan ada bagian briefing supaya tidak ada kesalahan di tempat kerja. Memastikan semua berjalan lancar sesuai persiapan adalah tanggung jawab seorang tenaga kerja di bagian produksi. Sehingga pemantauan harus Anda lakukan secara ketat supaya tidak ada kerugian pada perusahaan.

Tidak ada satupun mesin di perusahaan yang bisa langsung beroperasi begitu saja. Akan ada proses pengecekan mesin siap atau tidak untuk beroperasi. Tidak lupa bagian mesin harus sudah memenuhi standar K3. Kegiatan ini menjadi tanggung jawab kedua dari tenaga kerja di bidang produksi yang akan Anda lakukan secara rutin selama proses produksi masih berlangsung.

Bagian produksi juga bertanggung jawab untuk mendapatkan target secara pasti. Sehingga barang-barang yang sedang Anda pantau prosesnya bisa tersalur seluruhnya dan tidak ada kerugian yang terjadi akibat barang tidak habis atau kurangnya target pasar dari perusahaan. Sehingga operator wajib menemukan target yang cukup.

Membebankan untuk selalu siap memperbaiki sistem mesin yang rusak dengan cepat supaya proses produksi bisa Anda lanjutkan kembali adalah tanggung jawab berat yang akan Anda terima juga. Walau mesin tidak akan sering mengalami kerusakan, tapi sebagai operator sangat wajib memiliki kemampuan untuk menangani sistem pada mesin di perusahaan.

Melakukan pemeliharaan pada mesin dengan teratur juga menjadi tanggung jawab yang ada. Dengan pemeliharaan yang tepat, maka Anda bisa memastikan mesin akan selalu bisa memproduksi barang dengan kapasitas yang seharusnya supaya bisa memenuhi target perusahaan. Jadi pemeliharaan ini adalah tahap penting yang harus mampu operator lakukan.

Persiapan Menjadi Operator Produksi

Sebelum mengajukan lamaran pekerjaan, maka Anda bisa melakukan riset secara mendalam terlebih dahulu untuk mencari industri yang sesuai dengan kemampuan. Bisa lewat laman resmi perusahaan untuk mengetahui tentang mesin apa yang selalu perusahaan gunakan, juga pekerjaan seperti apa yang akan Anda dapatkan supaya Anda bisa memilih perusahaan yang tepat.

Menjadi bagian produksi tidak akan mudah bagi Anda yang belum menyiapkan legalisasi sebelum bekerja. Legalisasi ini bisa Anda dapatkan dari jenjang pendidikan akhir yang sesuai dengan target jabatan, bisa juga melalui pelatihan khusus yang Anda ikuti sampai mendapatkan sertifikat pengalaman yang cukup untuk Anda gunakan dalam melamar pekerjaan menjadi operator nantinya.

Walau menjadi operator akan berhadapan dengan komputer di ruang kerja untuk membaca semua data produksi, Anda tetap harus melatih fisik. Pelatihan ini akan sangat bermanfaat karena operator juga akan sering memantau langsung ke lapangan apakah mesin beroperasi dengan baik atau tidak. Pastinya hal ini akan lumayan menguras banyak tenaga Anda ketika melakukannya.

Bagian produksi tentunya sebuah jabatan tinggi yang harus setara dengan kemampuan. Karena perusahaan akan mencari tenaga ahli yang bisa menerima tanggung jawab penuh dari sebuah proses produksi yang menunjang keberhasilan perusahaan kedepannya. Oleh sebab itu, pastikan Anda mendalami kemampuan mengoperasikan mesin-mesin.

Alasan Menyukai Bidang Ini

Alasan pertama banyak yang menginginkan menjadi bagian produksi adalah karena lowongan kerja yang sangat banyak dan ada di mana-mana. Karena memang setiap perusahaan sangat membutuhkan tenaga ahli operator, apalagi bagi perusahaan baru yang belum mendapatkan karyawan. Terutama pada kota-kota besar yang memiliki banyak sekali perusahaan yang bergerak pada berbagai sektor.

Tentunya gaji yang besar adalah tujuan utama semua karyawan yang bekerja supaya bisa menjamin kehidupan yang layak. Oleh sebab itu operator mesin menjadi incaran sebab menawarkan gaji yang cukup besar dan sangat cukup untuk membiayai hidup juga menabung. Sehingga tidak heran banyak yang betah bekerja menjadi bagian produksi yang memang sangat menjanjikan ini.

Waktu kerja juga cukup standar bagi para pekerja dengan jabatan Agi operator. Anda hanya perlu berada di pabrik sekitar 8 jam saja untuk mengawasi jalannya kegiatan produksi yang sedang berlangsung. Kehidupan impian berangkat pagi pulang tepat waktu bisa terwujud jika Anda berhasil mendapatkan jabatan ini.

Alasan banyaknya peminat menjadi operator yang berikutnya adalah karena pekerjaan satu ini merupakan jenis pekerjaan yang hanya memerlukan sedikit tenaga saja. Anda tidak harus memikul berbagai bahan berat untuk produksi. Bagian paling sulit hanya ada pada saat perbaikan mesin yang kadang kala Anda harus melakukannya secara mendadak.

Baca Juga: Pengertian Produksi dan Contoh Aktivitasnya di Lingkungan Sekitar

Kesimpulan

Bagian produksi adalah pekerja yang sudah terjamin sangat stabil dan bisa membuat Anda tenang. Dengan adanya gaji juga segala jenis tunjangan yang akan Anda dapatkan bisa sangat menguntungkan Anda selaku tenaga kerja. Maka pilihan yang sangat tepat jika menargetkan menjadi operator pada sebuah perusahaan yang sudah Anda idamkan sejak lama.

Karena lowongan kerja yang banyak juga, sehingga pada satu kota para pelamar tidak akan menumpuk menjadikan kemungkinan Anda berhasil sangat besar. Jadi bila Anda suka bekerja dengan mesin-mesin maka pekerjaan ini sangatlah cocok dan layak untuk Anda coba memperjuangkan karena memberikan banyak sekali manfaat dalam jangka waktu yang panjang bagi pekerjanya.

Jika memiliki riwayat pendidikan yang terkait dengan mesin ketika SMK, atau sudah menempuh jurusan teknik selama kuliah, juga riwayat lainnya, maka menarget bagian produksi cocok sekali untuk Anda. Karena apa yang Anda pelajari selama proses menuntut ilmu akan sangat membantu ketika melamar juga proses bekerja di perusahaan nantinya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.