Alasan Memilih Operator Produksi Indofood di Lamaran Pekerjaan

Posted on

 Operator produksi Indofood merupakan pekerjaan yang memiliki peran cukup penting pada perusahaan bidang manufaktur. Khususnya seperti Indofood. Secara keseluruhan, tugas dari seorang operator ini bertanggung jawab terhadap keberlangsungan serta lancarnya jalan produksi. Sehingga sudah pasti kualifikasi utama sebelum Anda melamar menjadi operator produksi yakni miliki rasa disiplin yang mendalam.

Dengan menjadi operator produksi Indofood, Anda secara langsung akan berhadapan dengan seluruh job desk yang berhubungan dengan bahan hingga proses produksi. Tidak heran bila pekerjaan ini cukup populer dan cukup padat. Anda bisa mendaftar pada bidang pekerjaan ini jika telah miliki umur yang cukup, yakni dengan usia minimal 18 tahun pada 2023 ini.

Lebih rinci mengenai job desk yang harus Anda tangani meliputi bantu proses dalam mengoperasikan atau mengecek kelancaran mesin produksi. Selain itu, proses pengemasan ataupun perakitan juga turut menjadi tugas utama untuk operator produksi Indofood. Di Indofood sendiri, nantinya Anda akan langsung mengambil alih tanggung jawab jaga kualitas produksi sesuai standar yang ada.

Untuk jadi Operator Produksi Indofood, Lulusan Jurusan Apa?

Pertanyaan yang sering kali muncul mengenai syarat menjadi operator produksi Indofood adalah harus lulus jurusan apa untuk penuhi kualifikasi? Anda tidak perlu khawatir, karena kini beberapa jurusan di bawah bisa menjadi referensi sekaligus persiapan sebelum melamar. Sementara bagi Anda yang sedang berkuliah atau lulus di jurusan ini, selamat! Karena Anda punyai peluang cukup besar.

Berikut beberapa jurusan yang hadirkan peluang lebih besar sebagai karyawan dari PT Indofood secara resmi dan bisa Anda jadikan sebagai CV persiapan masuk melamar kerja, yakni seperti jurusan teknik mesin, teknik kimia, teknik industri, teknik elektro, serta jurusan teknik yang terkait dan masih saling berhubungan. Untuk penjelasan lebih rincinya, simak beberapa rincian berikut.

1. Teknik Mesin

Untuk menjadi operator produksi Indofood, Anda bisa ajukan lulusan sarjana teknik mesin sebagai salah satu syarat yang bisa lebih menjamin. Teknik mesin adalah jurusan yang mempelajari terkait bidang keilmuan yang hadirkan prinsip dasar fisika untuk pelihara rangkaian analisis, manufaktur, desain, serta pelajari sebuah sistem mekanik secara mendasar hingga yang dalam.

2. Teknik Kimia

Tidak jauh berbeda dengan teknik mesin, tetapi fokus untuk teknik kimia ini hadirkan pembelajaran yang lebih spesifik untuk program studi yang mempelajari perancangan pabrik menggunakan sistem teknologi modern. Bekal ilmu yang Anda dapatkan dari teknik kimia bisa sangat berguna ketika Anda melamar pekerjaan sebagai operator produksi Indofood karena masih berkaitan dengan perancangan.

3. Teknik Industri

Teknik industri menjadi jurusan andalan yang bisa berikan Anda peluang besar menjadi operator produksi. Hal tersebut berkaitan dengan pembelajaran serta materi yang Anda dapatkan. Secara keseluruhan, teknik industri ini membentuk para mahasiswa atau pelajarnya berpikir secara integratif dan inovatif yang mampu optimalkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan strategi pengelolaan pabrik.

4. Teknik Elektro

Jurusan berikutnya yang berkaitan dan bisa menjadi keunggulan lebih saat Anda ingin melamar sebagai  operator produksi Indofood adalah teknik elektro. Jurusan ini memberikan Anda peluang karena kegiatan serta pembelajarannya berkaitan dengan konsep perancangan, perkembangan, hingga produksi peralatan yang berkaitan dengan bidang elektronik.

Kualifikasi Kemampuan Para Calon Pelamar Operator

Kemampuan atau skill seseorang dalam melamar pekerjaan tentu saja sangat penting guna mengukur kemampuan dan berikan keunggulan khusus yang bisa menjadi nilai tambah sebelum menjadi operator produksi Indofood. Sebagai tambahan persiapan yang lebih matang, beberapa kualifikasi berikut perlu Anda terapkan sebelum melamar.

1. Kemampuan Komunikasi yang Mumpuni

Kemampuan utama yang harus Anda dapatkan sebagai calon pelamar dibagian operator yakni kemampuan komunikasi yang bagus dan mumpuni. Ini menjadi hal mendasar yang tidak boleh Anda lewatkan, karena setiap job desk Anda nantinya tidak akan luput dari komunikasi bersama dengan rekan kerja ataupun ketika Anda selenggarakan kerjasama untuk keberlangsungan produksi.

2. Skill Pengelolaan dan Manajemen yang Bagus

Kualifikasi calon pelamar operator produksi Indofood ang juga harus Anda punya adalah skill pengelolaan dan manajemen yang bagus. Manajamen ini termasuk cakupan pengelolaan terhadap segala bidang produksi dengan penataan yang baik. Skill ini menjadi hal yang juga penting karena ketika Anda menjadi seorang oprator, Anda perlu mengatur segala sistemnya sesuai standar yang diterapkan pabrik.

3. Memiliki Kesehatan Jasmani dan Rohani

Bukan hanya kemampuan dan soal skill saja, Anda juga turut dituntut untuk memiliki kualifikasi kesehatan jasmani dan rohani secara sempurna. Ini menjadi poin penting untuk memberikan kelancaran Anda dalam berkerja. Kesehatan jasmani sendiri meliputi fisik yang sehat dan kuat lakukan pekerjaan secara full time. Sementara rohani meliputi jiwa dan psikologis yang sehat.

4. Berkemampuan Operasi Mesin dan Komputer

Selayaknya kemampuan yang harus tertanam sebelum lamar sebagai operator, operasi mesin dan komputer menjadi komponen paling penting yang harus Anda prioritaskan. Kemampuan operasi mesin ini dan komputer ini sebenarnya tidak meliputi untuk melamar kerja sebagai operator saja, namun Anda harus menjadikannya sebagai skill utama agar tidak kesulitan dalam dunia kerja.

5. Kemampuan Berbahasa Inggris

Mempunyai kemampuan berbahasa asing yang baik tentu saja dapat menjadi bekal tambahan Anda dalam melamar pekerjaan, terkhususnya di bidang operator. Meskipun biasanya kualifikasi ini ada secara opsional pada suatu perusahaan. Sehingga bisa saja diwajibkan atau tidak. Anda sendiri sebenarnya pelu memegang prinsip kemampuan berbahasa asing agar jadi nilai tambahan.

Apa Saja yang Harus Ada Pada CV Lamar Kerja?

Dalam melamar suatu pekerjaan, tentu saja Anda harus memiliki modal dan surat promosi yang tunjukkan potensi serta kelebihan Anda bagi suatu lembaga atau instansi perusahaan tertentu. Tidak terkecuali sebelum Anda melamar sebagai karyawan operator di PT Indofood. Surat promosi yang tunjukkan potensi Anda dalam bekerja ini sendiri dinamakan Curiculum Vitae (CV).

CV biasanya selalu dan harus ada sebagai bentuk syarat utama sebelum Anda melamar pekerjaan. Suatu perusahaan akan melihat dan melirik CV Anda jika menurut perusahaan tersebut deskripsi serta resume diri Anda menarik. Oleh karena itu, dalam pembuatan CV Anda tidak boleh melakukannya secara sembarangan. Beberapa hal perlu diperhatikan seperti berikut.

1. Data Diri

Rangkuman data diri menjadi urutan pertama yang harus ada di dalam penataan CV Anda. Data diri sendiri mencakupi berbagai hal seperti nama Anda, umur, domisili, tahun atau tanggal kelahiran, serta hal-hal berkaitan lainnya yang harus sama dengan KTP. Harap isi dengan penataan yang sesuai dengan kartu Identitas Anda, agar hasilnya lebih terpercaya ketika Anda melamar.

2. Deskripsi Diri

Melampirkan deskripsi diri menjadi struktur penting dalam menyusun CV yang berkualitas. Pastikan dalam deskripsi diri tersebut, Anda memberikan kelebihan serta keunggulan Anda dalam berbagai bidang. Bubuhi juga proses berharga yang Anda lakukan selama beberapa tahun terakhir. Untuk menambahkan keyakinan, gunakan bahasa yang efektif dan tidak bertele-tele.

3. Latar Belakang Pendidikan Pelamar

Anda juga perlu menambahkan latar belakang pendidikan terakhir sebagai tolak ukur sudah sejauh apa Anda dalam memahami materi serta jurusan yang terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar. Contohnya saja seperti ketika Anda ingin lamar sebagai operator produksi Indofood, tentu Anda harus lampirkan latar belakang lulusan jurusan teknik agar lebih meyakinkan.

4. Pengalaman Kerja atau Pengalaman Organisasi

Suatu perusahaan biasa memiliki kualifikasi pengalaman kerja sekitar satu sampai dua tahun sebelum melamar ke perusahaan tersebut. Oleh karena itu, CV berharga yang tampilkan rincian portofolio serta pengalaman kerja atau organisasi bisa menjadi nilai atau poin tambahan yang tidak akan dilewatkan begitu saja. Pastikan pengalaman kerja sebelumnya juga sesuai dengan pekerjaan Anda dulunya.

5. Kemampuan yang Anda Kuasai

Tunjukkan juga betapa berharga dan tingginya nilai kualitas diri (value) yang bisa Anda keluarkan ketika melamar. Teknik yang perlu Anda lakukan untuk memikat hati HRD untuk lirik CV Anda adalah kemampuan dalam berbagai bidang yang sudah Anda kuasai sebelumnya. Contohnya saja seperti skill editing/photo, operasikan komputer dan mesin, serta kemampuan lainnya.

6. Referensi dan Foto

Rangkuman tentang referensi menjadi bagian penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat lampirkan CV lamaran kerja. Referensi ini mencakup surat rekomendasi untuk Anda dari atasan Anda dulu. Surat rekomendasi ini berisikan bagaimana seseorang yang sudah lebih dulu bekerjasama berikan review serta track record yang telah Anda capai. Tambahkan pula foto Anda agar CV terlihat semakin jelas dan menarik.

Mengapa Ingin Lamar Sebagai Operator Produksi di PT Indofood?

Perusahaan atau PT Indofood merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur yang terkenal sebagai produsen dengan hadirkan berbagai macam jenis produk makanan dan minuman yang menjamur di Indonesia. Sehingga tidak heran karena kesuksesaannya inilah penawaran kerja sebagai operator produksi Indofood bisa menjadi alasan kuat untuk melamar disana.

Selain itu, gaji yang terbilang sangat cukup  yang bisa Anda dapatkan ketika melamar sebagai karyawan operator produksi Indofood bisa menjadi alasan kenapa seseorang mempunyai keinginan kuat untuk melamar. Dimulai dari kisaran gaji Rp3 jutaan hingga Rp7 jutaan perbulannya yang cukup untuk diri sendiri maupun transfer untuk orang tua.

Persiapan yang Harus Anda Lakukan Sebelum Lamar Kerja

Persiapan yang harus dilakukan oleh seseorang sebelum lamar kerja paling utama setelah Anda mengetahui dan memiliki sasaran industri yang sudah sesuai adalah dengan menyiapkan sertifikasi atau legalisasi kerja. Anda bisa mengajukan legalisasi yang membuat suatu perusahaan yakin untuk terima Anda melalui pelatihan khusus untuk dapatkan sertifikat sesuai bidang pekerjaan yang ingin diambil.

Hal selanjutnya adalah dasar persiapan pembelajaran dan penguasaan skill. Untuk menjadi operator produksi Indofood tidak hanya memiliki kemampuan berbicara yang baik, namun Anda juga perlu melatih mental dan mampu bertahan bekerja dalam tekanan. Ditambah lagi, sebelum benar-benar masuk Anda juga dapat melatih diri untuk kembangkan kemampuan pengelolaan mesin yang baik.

Selain itu, Anda juga perlu untuk mempersiapkan CV dengan langkah-langkah dan penyesuaian CV yang ideal seperti pada pembahasan sebelumnya. Jangan lupa untuk membuat CV paling menarik yang mampu pikat HRD untuk memberikan Anda kesempatan bekerja. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan terus berdoa untuk menemukan hasil terbaik.

Baca Juga: Alasan Suka Bekerja di Bagian Produksi

Kesimpulan

Pada dasarnya tahapan serta hal-hal yang perlu dilakukan sebelum melamar kerja memang sangat banyak. Oleh karena itu, dalam mempersiapkannya Anda tidak boleh meremehkan satu detik sekalipun. Terlebih lagi kini daya saing untuk jurusan paling populer, dobrak pintu kenyamanan dalam melamar pekerjaan. Sehingga tingkatkan CV, portofolio, dan lainnya merupakan sesuatu yang harus dilakukan.

Selain itu, andalkan sebagai operator produksi Indofood membuat Anda nantinya akan jauh lebih terlatih dan terkoordinasi untuk hidup jauh lebih baik. Anda juga sudah merasakan berbagai macam kiat-kiat atau tips ketika ingin jadikan operator produksi Indofood sebagai perusahaan yang membutuhkan lowongan pekerjaan ini dapat menjadi pilihan Anda yang tepat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.