8 Fakta Sehat Makan Rambutan

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Salah satu buah yang paling gampang didapatkan di Indonesia adalah rambutan. Bila telah sampai musimnya, sebuah pohon rambutan bisa menghasilkan buah hingga puluhan kilogram. Rasanya manis dan sesekali terasa asam. Tahukah Anda? Sekalipun buahnya kecil dan memiliki biji di tengahnya, nutrisi yang dimiliki rambutan sangat banyak.

Dikutip dari Stylecraze, setidaknya ada 8 manfaat mengonsumsi rambutan:

  1. Rambutan secara turun temurun dijadikan pengobatan diabetes, hipertensi, dan penyakit lain di Indonesia hingga Malaysia. Buah ini memang memiliki nutrisi yang cukup istimewa.
  2. Kandungan karbohidrat dan protein dalam rambutan meningkatkan energi dan mencegah perut kembuh. Kadar airnya membantu menyukupi kebutuhan cairan tubuh.
  3. Rambutan kaya vitamin C yang membantu penyerapan mineral, besi, dan tembaga. Hal tersebut membuat tubuh mampu melawan radikal bebas.
  4. Rambutan memiliki senyama asam galia. Fungsinya mencegah sel tubuh dari serangan kerusakan oksidatif yang dapat memicu kanker.
  5. Nutrisi tembaga pada buah ini membantu produksi sel darah putih dan merah. Kandungan mangan di dalamnya turut merangsang produksi dan mengaktifkan enzim.
  6. Rambutan memiliki fosfor yang berguna menghilangkan limbah pada ginjal. Selain itu, nutrisi ini penting untuk perbaikan dan memelihara sel maupun jaringan tubuh. Saat bekerja bersama kalsium, akan bermanfaat memberikan perlindungan pada gigi dan tulang.
  7. Rambutan sangat baik dikonsumsi penderita anemia atau kekurangan sel darah merah. Pasalnya, ada kandungan zat besi yang membantu mengurangi keluhan akibat anemia seperti sakit kepala atau rasa lelah.
  8. Buah ini berfungsi pula sebagai antiseptik. Sehingga, rambutan dapat melawan infeksi pada tubuh.

***
Foto kredit: bubblews.com (Klik gambar untuk memperbesar)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.