7 Manfaat Makan Melon yang Perlu Anda Tahu

Diposting pada

Kesegaran buah melon yang kaya air ternyata juga menyimpan beragam manfaat kesehatan. Melon diketahui memiliki berbagai nutrisi penting yang memengaruhi berbagai sisi kesehatan tubuh Tak ayal manfaat makan melon bukan hanya sekadar pennghilang dahaga. Buah ini mengandung magnesium, mangan, tembaga, seng, besi, kobalt, dan kromium dari sisi zat mineral.

Di samping itu, melon juga memiliki berbagai jenis antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Sebut saja misalnya beta karoten yang diketahui mencegah radikal bebas dan sekaligus menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker.. Nutrisi lainnya adalah vitamin B (B1, B3, B6, dan folat), vitamin K, dan serat. Jangan lupakan bijinya. Dalam biji melon terdapat kandungan asam lemak omega 3 dalam bentuk asam alfa linoleat.

Manfaat makan melon setidaknya dapat berdampaik pada kebaikan tubuh dengan melawan penyakit berikut ini:

  1. Melon efektif melawan kanker dengan kandungan antioksidannya.Nilai penyerapan radikal bebasnya (ORAC) sangat tinggi. Dalam 100 gram melon memiliki nilai ORAC hingga 315 mol mikro. Ini akan menetralisasi radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh.
  2. Diabetes. Melon dapat mengurangi stres oksidatif yang bermanfaat untuk meningkatkan resistensi insulin pada penderita diabetes. Dengan demikian komplikasi ke ginjal (nefropati diabetic) bisa dicegah. Dalam melon terdapat pula zat oxykile yang efektif mencegah kerusakan ginjal.
  3. Batu ginjal. Melon memiliki sifat anti-calculti. Artinya, kandungan air dalam melon mencegah penumpukan kalsium di dalam dan di sekitar tubulus ginjal. Saat kolesterol tinggi, proses anti-calculti agak terhambat dan bisa memicu batu ginjal. Manfaat makan melon menjadikan penumpukan kalsium bisa dikeluarkan melalui air kencing. Air sari melon juga bersifat diuretic atau melancarkan buang air kecil. Racun-racun di ginjal, termasuk kalsium dan asam urat, bisa dikeluarkan dan tidak sampai mengendap menjadi batu.
  4. Melon kaya dengan fitonutrisi, antioksidan, dan tanin. Ketiga nutrisi ini dapat mencegah radang lambung, radang usus, hingga peradangan di dalam sistem kardiovaskular.
  5. Makan melon dapat pula melawan infeksi yang merongrong sistem kekebalan tubuh. Khasiat melon akan melawan virus, bakteri, hingga jamur yang menyerang badan sehingga tidak menimbulkan penyakit. Oleh sebab itu, memberikan melon pada anak-anak bisa meningkatkan kekebalan tubuhnya terhadap serangan infeksi.
  6. Melon memiliki banyak kandungan kalium. Mineral ini bermanfaat dalam menyetabilkan detak jantung dan mendorong lancarnya pasokan oksigen ke otak. Efeknya yaitu seseorang bisa menjadi lebih tenang, mudah berkonsentrasi, dan bebas dari tekanan pikiran.
  7. Menyembuhkan luka. Manfaat makan melon selanjutnya adalah mampu mempercepat penyembuhan luka. Di dalam melon ada kandungan vitamin C yang tinggi namun aman bagi tubuh. Vitamin ini membantu pembentukan kolagen, yaitu protein pembentuk jaringan parut dan pembentuk kulit.
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.