Tujuan Pemberian Kesempatan Penyandang Disabilitas Bekerja di BUMN

Posted on

Penyandang disabilitas bekerja di BUMN bukanlah hal yang mustahil untuk sekarang. Karena pemerintah sudah menyiapkan beberapa aturan dalam pemerataan kesempatan bekerja. Penyandang disabilitas kebanyakan memiliki potensi yang sama. Baik dalam bidang keterampilan, pendidikan, pengetahuan, teknologi dan masih banyak lagi.

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka kesempatan bagi para calon pegawainya. Tidak ada perbedaan dalam segi pekerjaan dan perlakuan, semua hampir sama hanya saja ada beberapa hal yang sedikit berbeda. Karena penyandang disabilitas memiliki kebutuhan tertentu untuk memudahkan dalam bekerja. Kini orang berkebutuhan khusus tidak perlu insecure saat bekerja bersama dengan pegawai lainnya.

Penyandang disabilitas bekerja di BUMN memang kini sudah bukan mimpi belaka. Karena menteri BUMN dan ketenagakerjaan sudah mengeluarkan surat kebijakan. Tentang kesetaraan ketenagakerjaan dan memberikan kesempatan bagi orang berkebutuhan khusus bekerja di BUMN. Dengan terus mengedepankan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif).

Pemerintah tidak hanya memberikan penyandang disabilitas bekerja di BUMN untuk satu perusahaan saja. Namun kesempatan tersebut untuk semua perusahaan BUMN, seperti PT Pertamina, PT BNI, PT BRI, Mandiri, PLN  dan lainnya. Tentu hal tersebut menjadi angin segar dan membuat impian para disabilitas terwujud. Disabilitas mampu berkarir dan berkembang pada perusahaan milik negara.

Tujuan Memberikan Kesempatan Penyandang Disabilitas Bekerja di BUMN

Pemberian kesempatan kepada ABK untuk bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah langkah progresif yang menggambarkan inklusivitas dan keadilan dalam dunia kerja. Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, di mana semua individu memiliki peluang yang sama untuk mengembangkan potensi mereka tanpa memandang status fisik atau kemampuan.

Dengan memberikan kesempatan kepada orang berkebutuhan khusus untuk bekerja di BUMN, tidak hanya akan memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi mereka secara langsung, tetapi juga akan mengubah paradigma masyarakat terhadap disabilitas, mengurangi stigma, dan mendorong kesadaran akan keberagaman.

Melalui langkah ini, BUMN juga dapat menunjukkan komitmen mereka terhadap tanggung jawab sosial, sambil menghasilkan keragaman ide dan pengalaman yang berharga dalam mencapai tujuan bisnis mereka. Dengan demikian, memberikan kesempatan kepada orang berkebutuhan khusus untuk bekerja di BUMN bukan hanya tentang pemberian pekerjaan, tetapi juga tentang membangun masyarakat yang inklusif dan adil bagi semua.

1. Pemerataan Kesempatan Memperoleh Pekerjaan

Penyandang disabilitas bekerja di BUMN merupakan upaya pemerintah dalam melakukan pemerataan kesempatan memperoleh pekerjaan. Mungkin dulu para disabilitas sulit untuk bekerja di kantor pemerintahan karena memiliki keterbatasan. Padahal orang berkebutuhan khusus ini memiliki kemampuan dan keterampilan yang menyamai orang pada umumnya.

Tidak hanya soal berkarir, para disabilitas ini juga berhak mendapatkan pendidikan tinggi. Ini dilakukan untuk terus menerus menggali dan mengembangkan bakat pada diri agar siap menghadapi masa depan. Bahkan pemerintah kini juga sudah bersedia memfasilitasi semua kebutuhan pendidikan. Seperti kemudahan dalam mengenyam pendidikan, beasiswa, dan lainnya.

2. Mengikutsertakan Dalam Berkontribusi Memajukan Negara

Para disabilitas merupakan salah satu anak bangsa yang memiliki suara yang sama dalam memajukan bangsa. Hal inilah yang menjadi tujuan dari pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada para disabilitas bekerja di BUMN. Bahkan bukan tidak mungkin, negara lebih maju dengan para disabilitas yang memang terdidik dengan baik dan terus menerus mengelola keterampilan.

Penyandang disabilitas bekerja di BUMN bisa menjadi salah satu senjata bangsa dalam memajukan bangsa dan terkenal seantero dunia. Bahkan kini juga banyak negara berkembang lainnya memperkerjakan para disabilitas dalam pemerintahan dan banyak pula yang lebih berkembang. Hal ini menjadi kesempatan ikut berkontribusi secara langsung dalam memajukan bangsa Indonesia

3. Bertumbuh Bersama Menuju Indonesia Maju

Dikeluarkan peraturan ini, pemerintah mengajak dan menggandeng para disabilitas untuk menuju Indonesia maju. Berjalan bersama melewati jalan yang terjal demi mewujudkan impian melihat bangsa Indonesia lebih hebat. Tidak hanya berkontribusi saja, namun mewujudkan impian memajukan negara secara bersama-sama.

Penyandang disabilitas bekerja di BUMN juga diharapkan bisa terus bertumbuh dan menjulang tinggi. Menggapai semua impian dalam berkarir bersama, dengan dibersamai pendidikan yang sesuai. Dengan demikian para penyandang disabilitas ini bisa bertumbuh menjadi besar dan diperhitungkan di kancah internasional. Mampu bersaing dalam peningkatan ekonomi negara dan bangsa.

4. Memberdayakan Dalam Persaingan Global

Tidak hanya untuk memajukan karir orang berkebutuhan khusus saja, namun juga memberdayakannya pula. Tujuannya agar disabilitas ini mampu bertahan dalam persaingan global, lebih siap menghadapi tantangan masa depan. Perkembangan jaman yang semakin meningkat seiring berjalannya waktu dan sudah berevolusi sedemikian rupa. Menghadapi itu semua orang berkebutuhan khusus.

Tujuan memberdayakan masyarakat juga agar orang berkebutuhan khusus bisa bersaing dengan lebih disabilitas. Di era yang terus menerus mengalami perubahan, baik kebutuhan sampai gaya hidup. Inilah yang menjadikan para disabilitas wajib memiliki kemandirian untuk mencari solusi dLm setiap masalah. Terus berusaha untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan.

5. Mengelola Potensi yang Dimiliki

Orang berkebutuhan khusus ini tidak sedikit yang memiliki mental kuat dan tidak mudah putus asa. Bahkan kadang kala potensi yang dimiliki jauh lebih besar, hal inilah yang menjadi pertimbangan dari pemerintah. Mencoba menggali potensi yang dimiliki agar bisa memajukan bangsa secara bersama, karena timbal baliknya akan dirasakan pula.

Upaya menggali potensi karena disabilitas ini juga ada beberapa proses, mulai dari pendidikan sampai kesempatan. Tidak menutup kemungkinan potensi yang terus tergali dapat membantu bangsa lebih maju dan berkembang. Meskipun harus ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar para disabilitas ini bisa belajar dan menempuh pendidikan sebagaimana mestinya.

6. Memberikan Hak yang Sama

Setiap warga negara memiliki hak yang sama, baik suara, pendidikan, bekerja. Memang setiap warga negara dapat bebas memilih pekerjaan, namun kali ini memang menjadi angin segar. Berkesempatan bisa masuk dan bekerja dengan perusahaan BUMN. Meskipun demikian, orang berkebutuhan khusus ini juga wajib memenuhi semua persyaratan yang sudah ada.

Memiliki karir yang bagus dalam dunia pekerjaan bukan hanya sekedar mimpi belaka. Kini mampu mewujudkan semua impian tersebut. Tujuan memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas bekerja di BUMN yang utama adalah hak setiap warga negara Indonesia. Bekerja dengan para pegawai BUMN lainnya tanpa harus membedakannya.

7. Memberikan Kesempatan Berkarir

Memiliki jenjang karir yang bagus adalah suatu keinginan setiap orang, tanpa harus membedakan semua berkesempatan berkarir. Keunggulan, potensi, prestasi, dan semangat berkontribusi dalam mengembangkan bangsa. Hal-hal tersebut hadir dalam diri orang berkebutuhan khusus, tentu saja wajib terus menggali dan mengembangkannya.

Presiden juga sudah menyetujui akan kebijakan tersebut dan menteri BUMN sudah menindaklanjuti. Dengan demikian orang berkebutuhan khusus mulai mengembangkan bakat dan kemampuan dalam dunia pemerintahan. Maju bersama, ikut serta dalam kegiatan apa saja merupakan salah satu upaya untuk kesetaraan calon pegawai BUMN.

8. Menghadirkan Semangat Seluruh Kaum Muda Indonesia

Kemajuan bangsa bisa terwujud jika para generasi muda memiliki semangat yang tinggi. Namun tidak sedikit pula generasi muda sekarang menjadi miskin semangat akibat kebijakan dari pemerintah. Dengan peluncuran peraturan ketenagakerjaan tersebut memberikan semangat kepada para generasi muda saat ini. Apabila semangat memajukan negara sudah terbakar, tidak menutup kemungkinan Indonesia menduduki peringkat pertama untuk negara berkembang.

Kaum muda mengibaratkan aset negara yang bisa menggerakkan ekonomi bangsa. Berperan penting dalam kemajuan bangsa, dan hal ini tidak ada pengecualian termasuk penyandang disabilitas. Pemberian kesempatan oleh BUMN ini merupakan peluang besar untuk berperan aktif dalam hal pembangunan negara. Perekrutan disabilitas melalui kolaborasi dengan beberapa mitra strategis, yakni Thisable Enterprise, Kerjabilitas dan Disabilitas Kerja Indonesia.

Formasi dan Ketentuan Bagi Penyandang Disabilitas

Kesempatan berkarir dengan BUMN terbuka lebar untuk penyandang disabilitas. Adapun beberapa formasi yang bisa orang berkebutuhan khusus isi seperti staf admin. Selanjutnya staf SDM, staf keuangan atau akuntan atau perpajakan dan staf operasional. Namun ada beberapa syarat yang wajib terpenuhi antara lain:

  1. Pendidikan minimal D3 semua jurusan untuk admin, S1 semua jurusan untuk SDM, dan operasional. Minimum S1 jurusan akuntansi untuk staf keuangan atau perpajakan.
  2. Syarat usia minimum 18 sampai 27 tahun.
  3. Bersedia penempatan untuk seluruh wilayah kerja dan posisi yang tersedia.
  4. Pandai dalam bidang IT.
  5. Lebih mandiri dalam bekerja, baik menggunakan alat sampai tidak menggunakan alat bantu sekalipun.
  6. Melengkapi semua keperluan dokumen, seperti surat lamaran dan daftar riwayat hidup. Ijazah dan transkrip nilai akhir, surat keterangan disabilitas dari rumah sakit, dan surat referensi apabila ada.
  7. Mampu bekerja secara individu maupun tim.

Baca Juga: Alasan Melamar Pekerjaan di BUMN Saat Interview

Kesimpulan

Pemerintah terus berupaya memajukan bangsa dengan berbagai cara, salah satunya memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas. Tentu hal tersebut mendapat atensi luar biasa dari masyarakat, karena merasa adil dan tidak membedakan. Semua warga berkesempatan dalam memajukan bangsa dengan terjun bekerja pada perusahaan BUMN.

Meskipun tidak sedikit yang meragukan tentang keputusan tersebut, namun orang berkebutuhan khusus ini mampu menunjukkan bahwa semua anggapan itu salah. Karena para disabilitas ini mampu bersaing secara global dan menggerakkan roda perekonomian nasional. Sehingga banyak negara lain memperhitungkan potensi yang dimiliki bangsa Indonesia.

Memberikan kesempatan penyandang disabilitas bekerja di BUMN merupakan hak yang wajib  pemerintah realisasikan. Agar semua warga negara mendapatkan hak masing-masing, sebagaimana sudah tertulis pada UUD. Bahwasanya setup warga negara berhak atas kemerdekaan dalam mendapatkan keadilan tanpa harus membedakannya.

Penyandang disabilitas juga memiliki potensi dan kemampuan yang besar untuk mewujudkan keinginannya dalam hal pengembangan karir. Memberikan kesempatan ini merupakan peluang besar untuk mendapatkan karir yang cemerlang. Sehingga menjadikan diri sebagai manusia berdaya dan mampu dalam membangkitkan perekonomian.

Ada banyak formasi yang tersedia untuk penyandang disabilitas, dengan ini pemerintah mengharapkan kesetaraan ini bisa bersaing secara global. Lebih mandiri dalam hal apapun, mengubah pola pikir agar tidak merasa insecure atas kekurangan. Sehingga mampu tampil dengan kekurangannya dan bisa mengubah pandangan dunia akan penyandang disabilitas.

Pemerintah tidak hanya memberikan kesempatan dalam berkarir di BUMN saja. Namun juga memberikan kemudahan dalam melengkapi persyaratan. Mulai dari dokumen yang wajib terpenuhi, usia, pendidikan, kemampuan dan keterampilan. Hal tersebut tidak akan memberangkatkan orang berkebutuhan khusus untuk memenuhinya agar bisa berkarir. Karena kesempatan ini sudah lama dalam penantian bagi orang penyandang disabilitas.

Demikian artikel tentang tujuan pemberian kesempatan penyandang disabilitas bekerja di BUMN yang disajikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan menjadi salah satu penyemangat bagi penyandang disabilitas untuk mengembangkan karir di BUMN. Kesempatan ini merupakan upaya pemerintah agar kondisi ekonomi semakin membaik. Bahkan bisa menggali potensi, kemampuan dan keterampilan orang berkebutuhan khusus agar lebih tersalurkan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.