Mengenal Teknik Mesin, Salah Satu Program Studi Idaman di Indonesia

Posted on

teknik mesin

Menjelang masa pendaftaran perkuliahan, banyak siswa sekolah menengah tingkat akhir mulai mencari jurusan atau program studi yang cocok dengan minatnya. Tak hanya mempertimbangkan minat, prospek kerja juga menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan pilihan jurusan. Di antara banyaknya fakultas, fakultas teknik menjadi salah satu idola di antara para calon mahasiswa. Fakultas teknik dibagi menjadi beragam jurusan yang berbeda-beda pada setiap instansi pendidikan atau universitas.

Salah satu jurusan yang banyak dilirik adalah teknik mesin. Teknik mesin telah menjadi jurusan favorit, terutama bagi para laki-laki. Meski selalu diidentikkan dengan laki-laki, kini jumlah mahasiswa perempuan pada jurusan tersebut juga terus meningkat seiring berkembangnya zaman. Tentu ada berbagai alasan yang membuat jurusan ini selalu tinggi peminat setiap tahunnya. Apakah kamu juga tertarik masuk ke jurusan teknik mesin? Yuk, kenali dulu serba-serbi jurusan tersebut sebelum memutuskan untuk menekuninya!

Jurusan Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin adalah program studi yang mempelajari aplikasi dari prinsip fisika untuk melakukan analisis, manufaktur, desain, pemeliharaan sistem mekanik. Maka dari itu, teknik mesin juga dikenal dengan sebutan teknik mekanik. Bagi yang tertarik untuk memasuki jurusan ini, maka kamu harus siap untuk mendalami beberapa cabang ilmu mekanika, kinematika, termodinamika, teknik material, dan energi. Mengingat perkembangan teknologi yang berjalan dengan pesat, maka mahasiswa teknik mesin dituntut untuk selalu update atau mengikuti perkembangan informasi mengenai mesin.

Karakter yang Sesuai dengan Jurusan Teknik Mesin

Untuk memudahkanmu dalam menentukan kecocokanmu dengan jurusan teknik mesin, kamu bisa mengetahui beberapa karakter yang sesuai dengan jurusan ini. Pertama, kamu harus menyukai matematika dan fisika karena materi tersebut banyak di bahas dalam jurusan ini. Bukan rahasia lagi bahwa berkarir dalam bidang ini memerlukan banyak perhitungan dan ketelitian. Sehingga orang-orang yang suka berhitung, teliti, detil, tekun, rasional dan observan lebih cocok. Jurusan ini juga membutuhkan seseorang dengan karakter suka menganalisis dan melakukan riset untuk memecahkan masalah. Selain bisa bekerja dalam tim, kamu juga harus bekerja secara independen jika tertarik dengan jurusan teknik mesin.

Memasuki jurusan teknik mesin terbilang cukup sulit, mengingat tingginya persaingan. Hal ini dikarenakan jurusan teknik mesin bertujuan untuk mencetak lulusan dengan pengetahuan dasar teknik kuat. Sehingga lulusan jurusan ini mampu merancang, membuat, menggunakan, dan mengelola mesin serta sistem operasional yang berkaitan dengan permesinan dengan baik. Ketatnya persaingan untuk memasuki jurusan ini sejalan dengan prospek kerjanya yang beragam.

Prospek Kerja Teknik Mesin

Orang yang ahli dalam teknik mesin biasanya disebut dengan insinyur. Sebutan ini disematkan pada pakar atau ahli yang telah menyelesaikan pendidikannya. Secara garis besar teknik mesin terdiri atas beberapa bidang kerja, yaitu peancangan mekanik dan konstruksi, proses manufaktur dan sistem produksi, konversi energi, serta ilmu bahan atau metalurgi. Bila berbicara mengenai prospek kerja, hampir semua industri membutuhkan lulusan teknik mesin setiap tahunnya.

Banyak yang mengira bahwa lulusan teknik mesin nantinya hanya akan menjadi montir di bengkel. Tentu ini adalah persepsi yang salah, sebab lulusan teknik mesin berpeluang untuk berkarir di industri  itransportasi, alat elektronik, hingga alat berat untuk konstruksi, pertambangan, dan pertanian. Lulusan teknik mesin memiliki prospek karir yang luas, misalnya sebagai teknisi pemeliharaan mesin, teknisi modelling atau drafting, teknisi struktural, konsultan mekanik, dan karir lainnya.

Nah, dari informasi di atas kamu bisa memperoleh tambahan gambaran mengenai jurusan teknik mesin dan juga prospek kerjanya. Lantas, apakah kamu masih berminat untuk berkarir di bidang teknik mesin?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.