Soal UT: Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Diposting pada

buku ilmu sosial budaya dasar utGlobalisasi telah membuka sekat-sekat sosial budaya yang pada akhirnya mempertemukan semua bangsa pada hubungan saling pengaruh-mempengaruhi. Konsekuensi dari kondisi ini salah satunya adalah kegamangan individu atau kelompok masyarakat dalam merespon munculnya perubahan-perubahan.

Dampak lebih lanjut adalah tidak berjalannya kehidupan bermasyarakat dengan baik. Terkait dengan hal ini, maka kehadiran BMP MKDU4109 Ilmu Sosial Budaya Dasar menjadi sangat urgen dan relevan. Materi yang ada di dalamnya memberikan banyak wawasan sosial dan budaya dalam rangka memberi bekal kepada pembaca untuk mampu mengembangkan kehidupan bermasyarakat yang baik.

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (MKDU4109) merupakan mata kuliah lintas fakultas di Universitas Terbuka yang berisi tentang ISBD dalam perspektif pendidikan umum serta latar belakang dan arah pengembangan MBB-ISBD, manusia sebagai makhluk budaya, manusia dan peradaban, manusia sebagai individu dan makhluk sosial, multikulturalisme dan kesederajatan, moralitas dan hukum, manusia dan teknologi, manusia dan lingkungan, serta ISBD dalam tantangan globalisasi.

Tujuan dari diberikannya mata kuliah ini adalah untuk memperluas wawasan mahasiswa tentang fenomena sosial budaya yang ada di masyarakat dan memberikan bekal bagaimana mahasiswa seharusnya berkehidupan bermasyarakat.

Daftar Isi

  • Hakikat pendidikan
  • Hakikat pendidikan ISBD
  • Pengertian dan arah pengembangan MBB-ISBD
  • Kebudayaan
  • Manusia sebagai makhluk budaya
  • Peradaban
  • Manusia dan peradaban
  • Manusia sebagai individu
  • Manusia sebagai makhluk sosial
  • Masyarakat multikultur
  • Kesederajatan dan multikulturalisme
  • Nilai moral sebagai sumber budaya dan kebudayaan
  • Hukum dalam masyarakat dan negara
  • Manusia dalam IPTEK dan IPTEK bagi manusia
  • Aplikasi IPTEK untuk kesejahteraan manusia
  • Manusia dan lingkungan
  • Demografi dan lingkungan
  • Perubahan, modernisasi dan globalisasi
  • Peran ISBD dalam tantangan globalisasi dunia

Istilah-istilah

  • Pendidikan umum: pendidikan yang mengutamakan perluasan pengetahuan dan peningkatan keterampilan peserta didik dengan pengkhususan yang diwujudkan pada tingkat-tingkat akhir masa pendidikan.
  • Pendidikan kejuruan: pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu.
  • Pendidikan akademik: pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni tertentu (program sarjana dan pasca sarjana).
  • Pendidikan profesi: pendidikan tinggi yang diarahkan untuk mempersiapkan peserta didik agar memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus.
  • Pendidikan vokasi: pendidikan tinggi yang diarahkan untuk mempersiapkan peserta didik agar memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana.
  • Pendidikan keagamaan: pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan ilmu pengetahuan tentang ajaran agama atau menjadi ahli ilmu agama.
  • Pendidikan khusus: pendidikan yang diselenggarakan bagi peserta didik yang berkelainan atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa yang diselenggarakan secara inklusif.
  • Nilai: gagasan atau konsep yang dipandang penting dalam hidup (ada pada dunia ide) dan dipandang sebagai pedoman hidup (ada dalam dunia psycho-spiritual).
  • Budaya nasional: kepercayaan, pola perilaku yang dipelajari, nilai dan institusi yang bagi oleh para warga negara.
  • Etnosentrisme: kecenderungan untuk memandang budaya diri sendiri lebih baik dibanding yang lain, serta penggunaan standar dan nilai yang dimiliki, untuk menilai orang-orang yang bukan anggota kelompok budayanya.
  • Prejudis: sikap yang menilai lebih rendah sebuah kelompok karena asumsi tentang perilaku nilai dan kebiasaan kelompok tersebut.
  • Peradaban: bagian suatu kebudayaan yang memiliki unsur-unsur kebudayaan yang khas, yaitu halus, indah, kompleks, seperti dalam seni, sistem teknologi, ilmu pengetahuan yang maju dan kompleks dan lainnya.
  • Evolusi: proses perubahan dan perkembangan yang berjalan secara lambat dari sesuatu yang sederhana menuju ke arah yang lebih kompleks, memakan waktu yang panjang dan biasanya melalui berbagai tahapan diferensiasi yang sambung-menyambung.
  • Masyarakat: kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinu dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama.

Kuis

Soal-soal di bawah ini dibuat dengan tujuan untuk mendukung pengajaran mata kuliah ISBD. Sebelum mengerjakan, harap diperhatikan:

  1. Soal-soal di bawah ini bukanlah kisi-kisi jawaban apalagi soal-soal ujian akhir semester (UAS).
  2. Soal-soal di bawah ini adalah soal-soal latihan untuk mengukur sejauh mana penguasaan Anda terhadap materi ISBD.
  3. Soal-soal di bawah ini sangat berguna untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan latihan menghadapi ujian yang sebenarnya.
  4. Untuk mendalami materi ISBD, Anda sebaiknya memiliki modul mata kuliah ISBD yang dapat dibeli di TBO Karunika UT.

Selamat mengerjakan.

Results

Artikel Terkait
Artikel Terkait

#1. Moralitas merupakan ciri khas manusia yang tidak dapat ditemukan pada makhluk lain dinyatakan oleh ….

#2. Yang memperkenalkan konsep masyarakat plural di Asia Tenggara (1930-1940an) adalah:

#3. Salah satu contoh dinamika kehidupan manusia dalam fenomena perubahan social budaya bidang politik di Bali adalah ….

#4. John J. Macionis, seorang sosiolog, membuat kategorisasi kebudayaan berdasarkan….

#5. Problematika sosial budaya faktor kebudayaan, misalnya ….

#6. Yang menjelaskan kebudayaan sebagai ”... kompleks keseluruhan yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, hukum, moral, kebiasaan dan lain-lain kecakapan kebiasaan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat ...” adalah….

#7. Isu penting persoalan lintas budaya dan bangsa tentang kerusakan lingkungan antara lain adalah….

#8. Lingkungan sosial budaya terdiri atas ….

#9. Yang berpendapat bahwa setiap kelompok dalam masyarakat cenderung mengembangkan polanya sendiri yang khas atau kebiasaan-kebiasaannya dan sarana untuk memelihara tanpa harus kembali pada hukum pemerintah, adalah….

#10. Mengembangkan kesadaran mahasiswa dalam menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesederajatan manusia sebagai individu dan makhluk social dalam kehidupan bermasyarakat adalah tujuan mata kuliah ….

#11. Mempelajari berbagai konsep multikulturalisme, relativisme budaya, dan Hak Azazi Manusia diperlukan untuk ….

#12. Konsep diri seseorang berkembang melalui interaksinya dengan orang lain. Ia menganalogikan proses pembentukan diri seseorang dengan perilaku orang yang sedang bercermin (teori looking-glass self) dikemukakan oleh….

#13. Yang menitikberatkan kesetaraan pada karakteristik sebagai makhluk kultural adalah ….

#14. Beberapa penemuan yang merubah warna dunia antara lain: Listrik, Elektronika Robotika, TV dan Radio, Teknologi Nuklir, Mesin Transportasi, Komputer, Internet, Pesawat Terbang, Telepon dan Seluler, Rekayasa Pertanian dan DNA, Perminyakan, Teknologi Luar Angkasa, AC dan Kulkas, Rekayasa Material, Teknologi Kesehatan, Fiber Optic, dan Fotografi terjadi di abad ke….. hingga sekarang ini.

#15. Manusia pada saat dilahirkan, akalnya masih merupakan tabula (kertas putih). Maksudnya ialah bahwa manusia itu pada mulanya kosong dari pengetahuan, lantas pengalamannya mengisi jiwa yang kosong itu, kemudian ia memiliki pengetahuan. Pendapat ini dikemukakan oleh ….

#16. Teori kependudukan yang mengatakan bahwa manusia bertambah seperti deret hitung sedangkan produksi pangan bertambah menurut deret hitung, dikekemukakan.oleh….

#17. Pendidikan keluarga memberikan hal-hal sebagai berikut kecuali...

#18. “Culture or Civilization is that complex whole which includes knowledge, belief, art, morals, law, custom and any other capabilities and habits acquired by man as a member of society” adalah rumusan dari pengertian kebudayaan menurut….

#19. Menurut Bhikhu Parekh, multikulturalisme adalah ….

#20. Modernisasi merupakan proses yang dilandasi oleh seperangkat rencana dan kebijakan yang bertujuan untuk mengubah masyarakat ke arah kehidupan masyarakat yang kontemporer, yang menurut pemikiran para pemimpin lebih maju dalam derajat kehormatan tertentu. Pendapat ini dikemukakan oleh….

finish