Sinopsis Training Day (2001), Kisah Polisi Membongkar Korupsi Atasan

Diposting pada

Training Day adalah film Amerika yang dirilis oleh Warner Bros Pictures pada tahun 2001 pada gelaran Venice Film Festival. Film yang ditulis oleh David Ayer ini mendapat ulasan positif dari para kritikus film dan sukses box office. Training Day menceritakan tentang seorang petugas narkotika LAPD yang ditugaskan pada perwira narkotika korup.

Film ini disutradarai oleh Antoine Fuqua, sutradara sekaligus produser Amerika. Trainy adalah film ketiga yang ia sutradarai setelah film The Replacement Killers dan Bait. Melalui film Trainy Day, Fuqua berhasil dianugerahi penghargaan Academy Award.

Peran utama film ini dipercayakan kepada aktor berbakat Amerika Denzel Washington. Denzel Denzel memerankan tokoh Detektif Alonzo Harris. Alonzo adalah perwira narkotika yang disegani, namun sebenarnya telah lama melakukan korupsi. Melalui peran ini, Alonzo dianugerahi piala Oscar sebagai Best Actor dan memperoleh penghargaan Best Actor pada gelaran Academy Award.

Denzel beradu akting dengan aktor berbakat Ethan Hawke. Hawke memerankan karakter petugas Jake Hoyt. Hoyt adalah petugas narkotika LAPD yang ambisius. Melalui peran ini, Hawke semakin populer. Bahkan perannya sebagai Hoyt mendapat pujian dari para kritikus film. Ia juga masuk nominasi Best Supporting Actor pada gelaran Oscar dan Academy Award.

Sinopsis

Training Day menceritakan tentang Jake Hoyt, petugas narkotika LAPD yang ambisius. Untuk dipromosikan, ia harus menjalani satu haru evaluasi dengan Detektif Alonzo Harris, seorang perwira narkotika LAPD yang disegani namun sebenarnya telah melakukan tindak korupsi.

Satu haru bekerja pada Alonzo, Hoyt mulai mengetahui sosok asli Alonzo yang selama ini disegani. Sosok perwira yang disegani itu rupanya selama ini telah melakukan korupsi bersama para petinggi polisi yang selama ini disebut dengan Tiga Orang Bijaksana. Mengetahui kebenaran itu, Hoyt pun tak tinggal diam.

sinopsis training dayJenis film: Crime, Thriller
Sutradara: Antoine Fuqua
Produser: Bobby Newmyer, Jeffrey Silver
Penulis: David Ayer
Pemain: Denzel Washington, Ethan Hawke, Scott Glenn, Cliff Curtis, Dr. Dre, Snoop Dogg
Penata musik: Mark Mancina
Sinematografer: Mauro Fiore
Editor: Conrad Buff
Produksi: Village Roadshow Pictures, Outlaw Productions
Distributor: Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis: 2 September 2001 (Festival Film Venice), 5 Oktober 2001 (Amerika Serikat)
Durasi film: 122 menit

Pemain – karakter

  • Denzel Washington sebagai Detektif Alonzo Harris
  • Ethan Hawke sebagai petugas Jake Hoyt
  • Scott Glenn sebagai Roger
  • Eva Mendes sebagai Sara
  • Cliff Curtis sebagai Smiley
  • Raymond Cruz sebagai penembak jitu
  • Noel Gugliemi sebagai Moreno
  • Dr. Dre sebagai Paul
  • Peter Greene sebagai Jeff
  • Nick Chinlund sebagai Tim
  • Jaime P. Gomez sebagai Mark
  • Snoop Dogg sebagai Blue
  • Macy Gray as istri Sandman
  • Charlotte Ayanna sebagai Lisa Hoyt
  • Harris Yulin sebagai Detektif Doug Rosselli
  • Tom Berenger sebagai Stan Gursky
  • Raymond J. Barry sebagai Kapten Lou Jacobs
  • Samantha Esteban sebagai Letty
  • Seidy López sebagai Dreamer
  • Rudy Perez sebagai PeeWee
  • Cle Shaheed Sloan sebagai Bone
  • Abel Soto sebagai Neto
  • Denzel Whitaker sebagai Dimitri
  • Fran Kranz sebagai supir kampus
  • Terry Crews

Plot

Petugas Kepolisia Los Angeles, Jake Hoyt, ditugaskan untuk mengevaluasi Detektif Alonzo Harris, seorang petugas narkotika. Alonzo diketahui sebagai polisi korup bersama beberapa petugas narkotika lainnya yang juga terlibat dengannya.

Alonzo dan Jake memulai hari mereka dengan menangkap beberapa mahasiswa kampus yang membeli ganja. Menyita ganja dari mahasiswa itu, Alonzo menyuruh Jake untuk menghisapnya. Jake menolak awalnya, tapi menurutinya ketika Alonzo mengarahkan senjata padanya.

Alonzo menyatakan menolak seperti ini di jalanan akan mudah terbunuh. Dia mengatakan pada Hoyt segera setelahnya, bahwa ganja itu dicampur dan dia sebenarnya mengkonsumsi PCP. Setelah mengunjungi Roger, mantan polisi yang menjadi pengedar narkoba, Jake menyadari sepasang pecandu berusaha memperkosa seorang gadis remaja di gang.

Jake mendatangi mereka sembari Alonzo menonton saja. Setelah Alonzo menakuti mereka, Jake menemukan dompet gadis itu tergeletak dan mengembalikannya.

Setelahnya, Alonzo dan Jake menangkap seorang pengedar bernama Blue yang menggunakan kursi roda. Mereka menemukan kokain dan sebuah senjata berpeluru padanya. Alih-alih membawanya ke penjara, Blue memberitahukan rekannya, Kevin “Sandman” Miller berada di penjara. Menggunakan surat penggeledahan palsu, Alonzo mengambil $40 ribu dari rumah Sandman.

Istri Sandman menyadari adanya pencurian dan memanggil anggota geng terdekat, yang menembaki Alonzo dan Jake saat mereka kabur. Saat makan siang, mereka berdua mengunjungi kekasih Sara dan putranya.

Lalu, Alonzo bertemu dengan trio polisi korup yang berpangkat tinggi di kepolisian yang dia sebut “Tiga Pria Bijaksana”. Menyadari bahwa mafia Rusia sedang mencari Alonzo, mereka menyarankan agar Alonzo pergi dari kota itu.

Alonzo bersikeras bahwa dia mengontrol situasi, dan menggunakan uang Sandman untuk mendapatkan surat perintah penggeledahan resmi. Dengan surat itu, Alonzo, Jake dan tiga polisi korup lainnya, kembali ke rumah Roger dan mengambil $4 juta.

Alonzo menembak dan membunuh Roger ketika Jake menolak melakukannya. Jake menolak menjadi bagian dari hal ini, dan ketika Alonzo mengancam Jake kedua kalinya, Jake melucuti pistol Alonzo, membuat orang Meksiko saling todong dengan petugas yang lain.

Alonzo mengatakan pada Jake bahwa LAPD akan melakukan tes darah padanya dan akan mengidentifikasi kandungan ganja di darahnya, yang sebelumnya dia isap dan mengatakan apa yang harus dikatakan pada media lokal jika Jake mati dalam pengepungan.

Alonzo berjanji dapat memalsukannya sebagai ganti dari kerja samanya. Kemudian mereka membuat skenario untuk bebas dari pemeriksaan, sementara Jake enggan setuju.

Pada malam hari, Alonzo mengemudi bersama Jake ke Smiley, seorang anggota geng jalanan, Hillside Trece, untuk menyuruhnya menjalankan sebuah tugas. Jake enggan bermain poker dengan Smiley dan anggota gengnya, jadi dia menunggu Alonzo dan Smiley.

Tengah malam, Alonzo harus membayar $1 juta kepada orang Rusia karena membunuh salah seorang mafia Rusia di Las Vegas atau Alonzo yang akan dibunuh. Sadar Alonzo meninggalkan dia dan membayar Smiley untuk membunuhnya, Jake berusaha kabur tapi dia dipukul dan ditarik ke bak mandi untuk dieksekusi.

Anggota geng menggeledah Jake untuk mendapatkan uang sebelum dibunuh, dan menemukan dompet gadis remaja yang ternyata sepupu Smiley. Setelah membenarkan cerita Jake bahwa dia menyelamatkan gadis itu dari diperkosa pada hari sebelumnya, Smiley mengizinkan Jake pergi dan mengembalikan senjatanya.

Jake kembali ke apartemen Sara untuk menangkap Alonzo tapi terjadi aksi baku tembak dan pengejaran. Alonzo memukul Jake dan dia meninggalkannya untuk membayar orang Rusia. Jake melompat ke atas mobil Alonzo dan menciptakan kecelakaan.

Alonzo bersikap tenang, sementara orang-orang di lingkungan sekitar menyaksikan hal itu. Dalam upaya untuk mendapatkan dukungan dari kerumunan, Alonzo menawarkan uang bagi siapa saja yang membunuh Jake, tapi tidak ada yang ikut campur. Banyak yang lelah dengan korupsi Alonzo dan sifatnya yang arogan, termasuk sikapnya yang suka mengancam mereka dengan akan mengirim mereka ke penjara.

Saat Alonzo mengambil senjatanya, Jake menembaknya dari belakang, mengambil uang dan lencananya. Anggota geng di sekitr mereka membiarkan Jake pergi dengan uang selagi Alonzo yang marah menyaksikan. Jake berencana menjadikannya barang bukti melawan Alonzo.

Alonzo melarikan diri ke LAX, tapi dia disergap dan dibunuh oleh orang Rusia. Jake kembali ke rumah saat media memberitakan kematian Alonzo.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.