Sinopsis The Fugitive (1993), Film Dibintangi Harrison Ford

Diposting pada

The Fugitive adalah film produksi Kopelson Entertainment dan dirilis oleh Warner Bros pada tahun 1993. Film dengan genre thriller kriminal ini diadaptasi dari serial televisi dengan judul yang sama pada tahun 1960-an.

The Fugitive menceritakan tentang seorang dokter bedah vaskular yang dijatuhi hukuman mati setelah dinyatakan bersalah atas pembunuhan istrinya. Film ini merupakan film terlaris ketiga di Amerika pada tahun 1993. Film ini disutradarai oleh sutradara Amerika Andrew Davis. Davis adalah sutadara yang ahli membesut film dengan genre action thriller. Karya-karyanya seperti Under Siege, Above the Law, dan Code of Silence sukses di pasaran.

The Fugitive mendapatkan pemeran utama melalui audisi. Aktor senior Amerika Harrison Ford yang akhirnya dipercaya untuk memerankan tokoh utama, yaitu Dr. Richard Kimble. Melalui perannya di film ini, Ford memenangkan penghargaan Best on Screen Duo bersama Tommy Lee Jones, pada gelaran MTV Movie + TV Award. Ford memperoleh popularitas setelah memerankan karakter Han Solo pada seri film Star Wars, dan memerankan karakter utama Indiana Jones pada film Indiana Jones.

Ford beradu akting dengan aktor senior Tommy Lee Jones yang memerankan tokoh Deputy U.S. Marshal Samuel Gerard. Lewat aktingnya yang mumpuni pada film ini, Jones dianugerahi gelar Best Supporing Actor pada Kansas City Film Critics Circle Award, Los Angeles Film Critics Association Award, Academy Award, Golden Globe Award, dan National Society of Film Critics Award.

Bagaimana kisah film ini The Fugitive? Berikut sedikit sinopsis filmnya?

Sinopsis

The Fugitive menceritakan tentang seorang dokter bedah vaskular bernama Richard Kimble yang dituduh membunuh istrinya sendiri akibat semua bukti mengarah padanya. Dia akan dijatuhi hukuman mati, tapi sebelum dalam perjalanan ke tempat eksekusi, dia berhasil kabur dari penjara untuk mengejar pembunuh istrinya dan membuktikan bahwa ia tidak bersalah. Sementara itu, Samuel Gerard ditugaskan untuk memimpin tim deputi kepolisian untuk melakukan pengejaran terhadap Kimble.

sinopsis the fugitive

Jenis film: Andrew Davis
Produser: Arnold Kopelson
Penulis naskah: Jeb Stuart, David Twohy
Penulis cerita: David Twohy
Adaptasi: The Fugitive (serial televisi) ciptaan Roy Huggins
Pemain: Harrison Ford, Tommy Lee Jones, Sela Ward, Joe Pantoliano, Andreas Katsulas, Jeroen Krabbé
Penata musik: James Newton Howard
Sinematografer: Michael Chapman
Editor: Don Brochu, David Finfer, Dean Goodhill, Dov Hoenig, Richard Nord, Dennis Virkler
Produksi: Kopelson Entertainment
Distributor: Warner Bros. Pictures
Tanggal: 6 Agustus 1993 (Amerika Serikat)
Durasi: 130 menit

Pemain – karakter

  • Harrison Ford sebagai Dr. Richard Kimble
  • Tommy Lee Jones sebagai Deputi Marshal AS, Samuel Gerard
  • Sela Ward sebagai Helen Kimble
  • Joe Pantoliano sebagai Deputi Marshal AS, Cosmo Renfro
  • Andreas Katsulas sebagai Fredrick Sykes
  • Jeroen Krabbé sebagai Dr. Charles Nichols
  • Daniel Roebuck sebagai Deputi Marshal AS, Robert Biggs
  • Tom Wood as Deputy U.S. Marshal Noah Newman
  • L. Scott Caldwell sebagai Deputi Marshal AS, Erin Poole
  • Johnny Lee Davenport sebagai Deputi Marshal AS, Henry
  • Julianne Moore sebagai Dr. Anne Eastman
  • Ron Dean sebagai Detektif Kelly
  • Joseph Kosala sebagai Detektif Rosetti
  • Jane Lynch sebagai Dr. Kathy Wahlund
  • Dick Cusack sebagai Attorney Walter Gutherie
  • Andy Romano sebagai hakim Bennett
  • Nick Searcy sebagai Sheriff Rawlins
  • Eddie Bo Smith sebagai Copeland
  • Neil Flynn sebagai Polisi Transit
  • Richard Riehle sebagai penjaga penjara
  • Kirsten Nelson sebagai sekretaris rumah sakit
  • David Darlow sebagai Dr. Alec Lentz
  • Frank Ray Perilli sebagai petugas perbaikan
  • Lester Holt sebagai pembaca berita

Plot

Dr. Richard Kimble, ahli bedah vaskular terkemuka, tiba di rumahnya untuk menemukan istrinya, Helen terluka parah oleh pria bertangan satu yang memiliki tangan prostetik.

Kimble berkelahir dengan pembunuh yang kabur. Kekurangan bukti penerobosan rumah, adanya asuransi jiwa Helen dan kesalahpahaman panggilan 911 menghasilkan tuduhan yang salah terhadap Kimble. Dia didakwa pembunuhan tingkat pertama dan dihukum mati.

Dibawa menggunakan bus menuju hukuman mati, rekan-rekan sesama tahanan berusaha kabur. Kerusuhan itu menghasilkan kematian dua tahanan dan supir, sementara bus jatuh ke jurang dan masuk ke jalur kereta. Kimble menyelamatkan seorang menjaga, lalu melarikan diri, saat kereta menabrak bus yang berada di rel kereta.

Berjam-jam kemudian, Deputi Senior Marshal AS, Samuel Gerald dan rekannya, Renfro, Biggs, Newman dan Poole tiba di lokasi tabrakan dan mulai mencari Kimble. Sementara itu, Kimble menyelinap ke rumah sakit untuk mengobati luka-lukanya dan menyamarkan penampilannya. Dia menjauhi petugas dan menghilang ke saluran pembuangan.

Gerard mengikutinya, tapi dia terpeleset, jatuh dan menjatuhkan senjatanya. Kimble mengambil senjatanya dan mengarahkannya ke Gerard, menyatakan dirinya tidak bersalah; dia tidak menembak Gerard. Setelah Kimble melarikan diri, Gerard tiba-tiba menyudutkan dia di tepi aliran air deras di atas sebuah bendungan. Kimble melompat ke aliran air dan melarikan diri.

Kimble kembali ke Chicago untuk mengejar pembunuh yang sebenarnya. Saat di sana, dia mengambil uang dari teman dan rekannya, Dr. Charles Nichols. Berpura-pura sebagai petugas kebersihan, Kimble menyusup ke rumah sakit Cook County, departemen prostetik, untuk mengambil daftar orang yang mendapatkan pemasangan lengan prostetik setelah kematian istrinya.

Saat di sana, Kimble menyadari seorang pasien muda mengalami diagnosa yang salah; Kimble memalsukan perintah dokter untuk pasien itu, menyelamatkan nyawanya, tapi kemudian berhadapan dengan dokter rumah sakit yang menyadari bahwa Kimble bukanlah orang yang diakuinya.

Mengikuti arahan polisi yang menunjukkan lokasi terkonfirmasi di mana Kimble baru-baru ini berada, Gerard berspekulasi bahwa Kimble mencari pria berlengan satu. Saat mengunjungi pengadilan lokal di Chicago City Hal untuk mewawancarai orang-orang yang ada di daftarnya, Kimble menghindari Gerard dan orang-orangnya yang nyaris saja menangkapnya, dan menghilang ke tengah parade.

Kimble kemudian menerobos masuk ke rumah salah seorang di daftarnya, mantan petugas polisi bernama Fredirck Sykes. Kimble melihat sebuah gambar Sykes dan mengenalinya sebagai pembunuh istrinya. Kimble menemukan bahwa Skyes dipekerjakan oleh perusahaan farmasi, Devlin MacGregor yang dijadwalkan akan merilis obat baru yang disebut Provasic.

Kimble menyelidiki bahwa obat ini di masa lalu dan menemukan bahwa obat ini memiliki risiko parah kerusakan hati, yang seharusnya dicegah untuk disetujui oleh FDA. Mengikuti riset lebih lanjut, dia menyimpulkan bahwa Nichols–yang memimpin pengembangan obat–mengatur menutupinya dan memerintahkan Sykes membunuhnya.

Istrinya tidak dimaksudkan sebagai korban (salah sasaran), rekan Kimble, Alec Lentz dibunuh oleh Sykes dalam tabrak lari setelah mencapai kesimpulan yang sama soal obat tersebut. Bagaimana nasib Harrison Ford dalam mengejar pembunuh istrinya dan membuktikan dirinya tidak bersalah? Saksikan film The Fugitive di layar kaca Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.