Sinopsis The FIGHTER: Kisah Hidup Petinju Micky Ward

Diposting pada

Sinopsis The Fighter – Film The Fighter yang dirilis pada 2010 mengangkat kisah hidup petinju profesional, Micky Ward dan kakak laki-lakinya Dicky Eklund yang selalu mendorong dia. Film ini terinspirasi dari film dokumenter berjudul High on Crack Street: Lost Lives in Lowell yang dibuat pada 1995.

Film The Fighter diarahkan oleh David O. Russell, seorang sutradara berpengalaman yang sebelumnya telah membuat film-film komedi seperti Spanking the Monkey (1994), Flirting with Disaster (1996) dan Three Kings (1999). Film ini dibintangi oleh Mark Wahlberg yang berperan sebagai Micky Ward, sementara sang kakak diperankan oleh Christian Bale. Selain itu, turut pula dibintangi oleh aktris Amy Adam dan Melissa Leo.

Bagaimana kisah film ini? Simak sinopsis The Fighter berikut.

Sinopsis The Fighter

Micky Ward adalah petinju kelas welter dari Kota Lowell, Massachusetts. Ibunya, Alice menjadi manajernya, sementara dia mendapatkan pelatihan dari kakak tirinya, Dicky Eklund. Micky hanya menjadi batu loncatan bagi petinju lainnya. Setelah mengalahkan Micky, karir mereka biasanya akan naik. Dicky dulunya seorang petinju juga yang meraih puncak sukses setelah berhadapan dengan Sugar Ray Leonard pada 1978. Dia kemudian menjadi pecandu kokain yang mengakhiri karirnya. Kehidupannya difilmkan dalam film dokumenter HBO yang dia percayai menjadi momen kembalinya dia.

Pada malam pertarungand I Atlantic City, lawan Micky sakit dan pemain penggantinya lebih erat 20 pon daripada Micky. Perbedaannya terlalu besar. Micky keberatan, tapi ibu dan saudara laki-laki setuju sehingga mereka bisa mendapatkan uang. Micky kalah. Setelah itu Micky mundur dari dunia tinju dan berhubungan dengan Charlene Fleming, mantan atlet perguruan tinggi yang putus kuliah dan menjadi bartender.

Setelah beberapa minggu, Alice menjadwalkan pertarungan lain untuk Micky, tapi Micky khawatir akan kalah lagi seperti sebelumnya. Ibunya dan tujuh saudarinya menyalahkan Charlene atas kurangnya motivasi yang diderita oleh Micky. Micky menyebutkan bahwa dia menerima tawaran untuk dibayar dan dilatih di Las Vegas, tapi Dicky mengatakan bahwa dia akan mencocokkan tawaran. Dicky lebih setuju Micky tetap berlatih dan bekerja bersama keluarganya.

Dicky berusaha mendapatkan uang dengan menyamar sebagai perempuan yang bekerja sebagai pelacur. Dia mencoba mencuri uang klien namun digagalkan oleh polisi. Dicky dikejar dan berkelahi dengan polisi. Dia akhirnya ditangkap. Micky berusaha menghentikan polisi memukuli saudaranya dan seorang perwira polisi dengan brutal mematahkan tangannya sebelum menangkapnya. Dalam dakwaan di pengadilan, Micky dilepaskan, tapi Dicky masuk ke penjara.

Pada malam penayangan film dokumenter, keluarga Dicky dan Dicky sendiri berada di penjaran. Mereka merasa ngeri melihat film yang disebut Crack in America yang menggambarkan bagaimana kecanduan menghancurkan karir dan kehidupan Dicky. Dicky sendiri mulai berlatih dan  hidup di penjara dengan tahanan lain. Sementara Micky ditarik kembali ke dunia tinju oleh ayahnya yang percaya bahwa anak tirinya, Dicky dan ibunya adalah pengaruh buruk. Sal Lanalo, manajer barunya membujuk Micky untuk kembali bertinju dan memberikan pemahaman bahwa saudara tirinya dan ibunya tidak akan terlibat lagi. Mereka membuat pertarungan-pertarungan kecil untuk Micky demi mengembalikan kepercayaan dirinya.

Setelah itu dia mendapatkan penawaran sebuah pertarungan besar melawan petinju yang belum pernah terkalahkan. Dalam kunjungannya ke penjara, Dicky memberikan saran bagaimana mengalahkan lawannya. Tapi Micky merasa saudara laki-laki terlalu egois dan sedang mencoba memulai kembali karirnya yang sudah gagal melalui dirinya. Dalam pertarungan itu, Micky kewalahan oleh lawannya, tapi dia kemudian menggunakan saran yang diberikan kakaknya dan berhasil membuat pukulan yang mengalahkan lawannya. Bagaimana karir Micky selanjutnya dan hubungannya dengan kakaknya? Saksikan sendiri film The Figter di layar kaca kesayangan kamu.

sinopsis the fighterSutradara: David O. Russell
Produser: Dorothy Aufiero, David Hoberman, Todd Lieberman, Ryan Kavanaugh, Paul Tamasy, Mark Wahlberg, Darren Aronofsky
Penulis naskah: Paul Tamasy, Eric Johnson, Scott Silver
Cerita: Keith Dorrington, Paul Tamasy, Eric Johnson
Pemain: Mark Wahlberg, Christian Bale, Amy Adams, Melissa Leo, Jack McGee
Rumah produksi: Closest to the Hole Productions, Mandeville Films, Relativity Media, Protozoa Pictures
Distributor: Paramount Pictures (Amerika Serikat), The Weinstein Company (Internasional)
Tanggal rilis: 6 Desember 2010 (Grauman’s Chinese Theatre), 10 Desember 2010 (Amerika Serikat)
Durasi: 116 menit

Review

Film The Fighter mendapatkan banyak ulasan positif yang mengapresiasi penampilan Wahlberg, Bale, Adams dan Leo. Bale mendapatkan lebih banyak pujian berkat berat badan, aksen dan tingkah lakunya. Situs Rotten Tomatoes memberikan peringkat 90% berdasarkan ulasan 239 kritikus dan nilai rata-rata 7,8/10. The Fighter disebut sebagai film yang sangat menghibur, meski dapat diprediksi. Metacritic memberikan skor 79/100 berdasarkan 41 ulasan. Dari segi komersial, film ini berhasil meraup  pendapatan box office $129,2 juta mengalahkan biaya produksinya yang sebesar $25 juta.

Film ini juga mendapatkan nominasi tujuh Academy Award, termasuk untuk kategori film terbaik dan sutradara terbaik. Christian Bale dan Melissa Leo memenangkan kategori Aktor Pendukung Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik.

Trailer

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.