Sinopsis The Babadook (2014), Film Seram Dongeng Anak-Anak

Diposting pada

The Babadook adalah film psikologi horror Australia yang diangkat dari film pendek berjudul Monster, karya Jennifer Kent. Meraih sukses di Austalia, film ini diproduksi oleh Screen Australia dan Causeway Films. Film dengan durasi 94 menit ini dirilis secara resmi di Australia pada 22 Mei 2014 oleh Entertainment One dan Umbrella Entertainment.

Sama seperti film pendeknya, film ini disutradarai oleh Jennifer Kent yang juga sekaligus merupakan debut resminya sebagai sutradara film layar lebar. Selain sebagai sutradara, Jennifer juga lebih dikenal sebagai seorang aktris dan penulis. Setelah merilis The Babadook, karya keduanya yang bertajuk The Nightingale dirilis pada tahun 2018 pada gelaran Venice International Film Festival.

Karakter utama dalam film ini adalah Amelia Vanek, seorang janda yang membesarkan putranya sendirian di kota Adelaide, Australia, pasca suaminya meninggal dalam kecelakaan mobil. Karakter ini dipercayakan kepada Essie Davis, aktris Australia yang dikenal setelah memerankan karakter Phryne Fisher dalam film Miss Fisher’s Murder Mysteries. Namanya semakin populer setelah membintangi serial televise bermusim, Game of Thrones.

Selanjutnya ada aktris Australia Hayley McElhinney yang dipercaya memerankan karakter Claire yang merupakan saudara perempuan Amelia. Dalam dunia seni peran, Hayley lebih aktif sebagai aktris teater.

Aktor Australia Daniel Henshall juga dipercaya membintangi film ini, dimana ia memerankan karakter Robbie. Beberapa film populer yang telah ia bintangi, antara lain Snowtown, Ghost in tne Shell, Okja dan Acute Misfortune.

Selain deretan pemeran utama di atas, film ini juga dibintangi oleh Noah Wiseman, Barbara West, Ben Winspear, Cathy Adamek, Craig Behenna, Chloe Hurn, Jacquy Phillips, Bridget Walters, Adam Morgan, Charlie Holtz, Tim Purcell, dan Hachi.

Sinopsis

The Babadook mengisahkan tentang kehidupan seorang janda bernama Amelia Valek yang membesarkan putranya sendirian setelah suaminya meninggal dalam kecelakaan mobil. Ia berupaya merawat putranya, Samuel, yang terasa mustahil untuk dicintai karena halusinasi yang di luar kendali. Keresahan Amelia semakin menjadi ketika sebuah buku cerita bertajuk The Babadook hadir dalam kehidupan mereka yang diyakini Samuel bahwa took The babadook dalam buku tersebut adalah monster yang akan membunuh ia dan ibunya. Amelia mulai menyadari bahwa mungkin apa yang dirasakan Samuel selama ini bukanlah halusinasi melainkan suatu petunjuk yang nyata.

sinopsis babadookJenis film: Horor
Sutradara: Jennifer Kent
Produser: Kristina Ceyton, Kristian Moliere
Produser: Jennifer Kent
Adaptasi: Monster (film pendek) karya Jennifer Kent
Pemain: Essie Davis, Noah Wiseman, Hayley McElhinney, Daniel Henshall, Barbara West, Ben Winspear
Penata musik: Jed Kurzel
Sinematografer: Radek Ładczuk
Editor: Simon Njoo
Produksi: Screen Australia, Causeway Films
Distributor: Entertainment One, Umbrella Entertainment
Tanggal rilis: 17 Januari 2014 (Sundance), 22 Mei 2014 (Australia)
Durasi: 94 menit

Plot

Amelia Vanek adalah janda bermasalah dan lelah yang hidup di Adelaide, Australia bersama dengan putranya yang berumur 6 tahun, Samuel. Mendiang suaminya, Oskar, meninggal dalam kecelakaan mobil yang terjadi ketika dia membawa Amelia ke rumah sakit saat melahirkan.

Sam menunjukkan perilaku tak menentu: dia menjadi insomnia dan dihantu oleh monster khayalan, dia dia membuat senjata untuk melawannya. Amelia terpaksa menjemput putranya dari sekolah setelah Sam membawa salah satu senjatanya di sana.

Suatu malam, Sam bertanya pada ibunya untuk membacakan buku pop-up berjudul Mister Babadook. Buku itu menceritakan monster berjuluk sang Babadook, makhluk berwujud manusia dengan badan tinggi, berwajah pucat dalam topi tinggi dengan jari-jari bercakar yang menyiksa korbannya setelah mereka menyadari keberadaannya.

Amelia terganggu dengan buku itu dan kemunculannya yang misterius, ketika Sam menjadi yakin Babadook nyata. Kegigihan Sam mengenai Babadook membuat Amelia sering kurang tidur pada malam hari karena dia berusaha menenangkan Sam.

Segera setelahnya, kejadian-kejadian aneh terjadi: pintu membuka dan menutup secara misterius dengan sendirinya, suara-suara aneh terdengar dan Amelia menemukan beling kaca di makanannya. Dia menghubungkan kejadian-kejadian itu dengan perilaku Sam, tapi Sam menyalahkan Babadook. Amelia merobek-robek buku itu dan membuangnya. Saat pesta ulang tahunnya, sepupu Sam, Ruby, membuli Sam karena tidak memiliki ayah. Sam mendorongnya keluar dari rumah pohon. Hasilnya, hidung Roby patah dia dua tempat.

Saudari, Amelie, Claire mengakui dia tidak tahan dengan Sam, yang membuat Amelia sangat tersinggung. Dalam perjalanan ke rumah, Sam memiliki penglihatan Babadook dan dia mengalami kejang-kejang, jadi Amelia memberikan obat penenang dari psikolog anak.

Pagi berikutnya, Amelia menemukan buku Mister Babadook kembali utuh di depan pintu. Tulisan mengejeknya dengan mengatakan Babadook menjadi semakin kuat jika dia terus mengabaikan keberadaannya, juga muncul pop-up cerita dia membunuh anjingnya, Bugsy, Samuel dan kemudian dirinya. Ketakutan, Amelia membakar buku itu dan pergi ke polisi setelah adanya telepon yang mengganggu.

Amelia tidak memiliki bukti pengungkitan, dan ketia dia melihat pakaian Babadook tergantung di belakang meja depan kantor polisi, dia pergi. Amelia mulai mengucilkan diri dan suka berteriak, menjadi lebih tidak sabar, berteriak ke Samuel karena tidak patuh padanya dan memiliki penglihatan Babadook yang lebih jelas sekali lagi.

Kondisi kejiwaannya perlahan menurun dan perilaku kasar, termasuk memotong jaringan telepon dengan pisau dan mengarahkan pisau yang sama secara agresif ke Sam tanpa menyadarinya. Ini berubah menjadi halusinasi mengganggu, di mana Amelia membunuh Sam dengan bengis.

Segera setelah penglihatan ini, Amelia melihat penampakan Oskar yang menawarkan akan kembali padanya jika dia “membawa anak laki-laki” padanya. Sadar dia adalah ciptaan Babadook, Amelia melarikan diri dan diikuti saat melewati rumahnya oleh Babadook hingga Babadook merasukinya. Di bawah pengaruhnya, Amelia mematahkan leher Bugsy dan berusaha membunuh Sam.

Bagaimana akhir kisah ini? Saksikan sendiri film Babadook di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.