Sinopsis ROMA Lengkap

Diposting pada

Film Roma (2018) mengisahkan asisten rumah tangga yang bekerja pada keluarga kelas menengah di Mexico City pada awal tahun 1970an. Judul film mengacu pada Colonia Roma, sebuah lingkungan di Mexico City

Dibintangi oleh Yalitza Aparico, Marina de Tavira, Daniela Demesa, Marco Graf, Enoc Leaño dan Daniel Valtierra.

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Alfonso Cuarón, yang juga ikut memproduseri dan menjadi editor film. Kolaborasi antara pembuat film asal Meksiko dan Amerika.

Pertama kali tayang di Festival Film Venice ke-75 pada 30 Agustus 2018 dan langsung memenangkan Golden Lion. Perilisannya secara terbatas dimulai pada 21 November, kemudian ditayangkan secara luas di Netflix pada 14 Desember 2018.

Film ini mendapatkan banyak sekali pujian, karena dianggap indah. Bahkan majalah Time menilainya sebagai film terbaik tahun 2018. Di ajang Golden Globe Awards ke-76, Roma masuk dalam nominasi film Bahasa Asing Terbaik, Sutradara Terbaik dan Naskah Terbaik.

Sinopsis

Seorang wanita bernama Cleo bekerja sebagai pengurus rumah tanggal di keluarga Sofi. Dia mengerjakan segalanya termasuk mengasuh empat anak Sofi, sementara Sofi dan suaminya semakin tidak harmonis. Suatu hari dia mendapati dirinya hamil, sementara pacarnya melarikan diri.

Sinopsis RomaJenis film: Drama
Sutradara: Alfonso Cuarón
Produser: Alfonso Cuarón, Gabriela Rodriguez, Nicolas Celis
Penulis: Alfonso Cuarón
Pemain: Yalitza Aparicio, Marina de Tavira, Fernando Grediaga, Jorge Antonio Guerrero, Marco Graf, Daniela Demesa, Diego Cortina Autrey, Carlos Peralta, Nancy García, Verónica García, José Manuel Guerrero Mendoza
Rumah produksi: Participant Media, Esperanto Filmoj
Distributor: Netflix
Tanggal rilis: 30 Agustus 2018 (Venice), 21 November 2018 (United States)
Durasi film: 135 menit

Trailer

Plot

Kejadian dalam film mengambil latar tahun 1970-1971, kebanyakan di lingkungan Colonia Roma, Mexico City. Cleo adalah seorang pembantu rumah tangga di keluarga Sofia. Keluarga Sofia ada suaminya, Antonio, empat anak mereka, ibu Sofia bernama Teresa dan pembantu lainnya, Adela.

Antonio adalah seorang dokter, dia pergi ke konferensi di Quebec. Sementara itu, hidup Cleo bersama keluarga ini adalah memasak, bersih-bersih, membawa anak-anak ke sekolah, memberi mereka makanan, menidurkan dan membangunkan mereka.

Nampak jelas pernikahan Sofia dan Antonio sedang tidak harmonis. Kemudian, Antonio pergi lagi, katanya ke Quebec untuk beberapa minggu.

Saat libur, Cleo dan Adela pergi dengan pacar mereka masing-masing Fermín dan Ramón. Mereka ke bioskop. Saat di pintu masuk, Cleo dan pacarnya memutuskan menyewa kamar, alih-alih menonton di bioskop. Fermin adalah seorang petarung.

Dalam kencan selanjutnya, pasangan ini bertemu di bioskop. Cleo bilang pada Fermín bahwa dia pikir dirinya sedang hamil. Saat film berakhir, Fermín bilang dia pergi ke kamar mandi dan akan kembali, tapi dia tidak kembali.

Fermín tak bisa ditemukan dimanapun. Cleo mengungkapkan kekhawatirannya pada Sofia. Dia dibawa ke rumah sakit tempat Antonio bekerja. Dokter mengonfirmasi bahwa benar Cleo hamil.

Sofia membawa Cleo, Adela dan anak-anaknya ke sebuah villa untuk merayakan tahun baru. Namun ada ketegangan antara pemilik tanah dan pekerja di tempat itu.

Dalam perayaan tahun baru, api membakar hutan. Semua orang membantu memadamkan api sementara seorang pria menghitung berakhirnya tahun itu.

Kembali ke kota, Cleo menemani anak-anak dan nenek mereka ke bioskop. Sementara itu Antonio terlihat bersama dengan seorang wanita muda di arah lain.

Sofia berusaha menyembunyikan kedatangan Antonio dari anak-anak. Tapi anak mereka tahu setelah menguping di telepon. Sofia meminta anaknya agar tidak memberitahukan pada adik-adiknya.

Melalui pacar Adela, Cleo menemukan Fermin di depan pintu kelas latihan bela diri. Tapi Fermin menolak mengakui bayinya, mengancamnya agar tidak muncul lagi.

Bagaimana nasib Cleo? Saksikan sendiri film Roma di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.