Sinopsis Relic (2020)

Diposting pada

Relic adalah film Australia yang diproduksi oleh Screen Australia, Film Victoria, Nine Stories Productions, AGBO, dan Carver Films. Skenario film bergenre horor drama ini ditulis oleh Natalie Erika James dan Christian White. Pertama kali ditayangkan 25 Jauari 2020 dalam Sundance Film Festival, Relic dirilis oleh IFC Midnight di Amerika tanggal 3 Juli 2020 dan pada layanan streaming Stan di Australia pada 10 Juli 2020.

Tak hanya sebagai penulis skenario, Natalie Erika James juga bertindak sebagai sutradara film ini. Natalie adalah sutradara dan penulis skenario asal Australia yang sebelumnya lebih aktif menyutradarai film pendek. Relic merupakan debutnya sebagai sutradara film layar lebar.

Peran utama dalam film ini dipercayakan kepada Emily Mortimer. Aktris dan penulis skenario asal Inggris ini dikenal publik setelah membintangi serial The Newsroom yang ditayangkan di HBO. Beberapa film yang pernah ia bintangi, antara lain Marry Poppins Returns, Good Posture, dan Phil. Dalam film ini, ia memerankan karakter Kay, putri dari Edna.

Selanjutnya ada aktris kawakan Robyn Nevin yang didapuk memerankan karakter Edna. Edna adalah ibu Kay yang menghilang secara misterius. Robyn adalah aktris, sutradara, dan juga mantan pimpinan Sydney Theatre Company. Ia dikenal publik berkat perannya dalam film The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions.

Baca juga: Sinopsis MIDSOMMAR (2019), Horor di Balik Festival 90 Tahun Sekali

Selain dua aktris di atas, film ini juga dibintangi oleh Bella Heathcote, Chris Bunton, Jeremy Stanford, dan Steve Rodgers.

Sinopsis

Film ini menceritakan tentang seorang nenek bernama Edna yang hilang secara misterius. Putrinya, Kay dan cucunya, Sam pergi ke rumah keluarga mereka yang terpencil dan menemukannya di sana. Namun, setelah Edna kembali, sikapnya justru berubah-ubah dan membuat Kay serta Sam merasakan bahwa Edna telah dikendalikan oleh sesuatu yang membahayakan di rumah mereka.

Baca juga: Sinopsis Hollow Man (2000), Saat Eksperimen Berakhir Horor

Genre: Horor, Psikologi
Sutradara: Natalie Erika James
Penulis: Natalie Erika James, Christian White
Produser: Jake Gyllenhaal, Riva Marker, Anna McLeish, Sarah Shaw
Pemain: Emily Mortimer, Robyn Nevin, Bella Heathcote
Sinematografer: Charlie Sarroff
Editor: Denise Haratzis, Sean Lahiff
Pemusik: Brian Reitzell
Produksi: Screen Australia, Film Victoria, Nine Stories Productions, Gozie AGBO, Carver Films
Distributor: IFC Midnight (U.S.), Stan (Australia)
Tanggal rilis: 25 Januari 2020 (Sundance), 7 Maret 2020 (Amerika Serikat), 7 Oktober 2020 (Australia)
Durasi: 89 menit
Negeri asal: Amerika Serikat, Australia
Bahasa: Inggris

Pemain – karakter

  • Emily Mortimer sebagai Kay
  • Robyn Nevin sebagai Edna
  • Bella Heathcote sebagai Sam
  • Chris Bunton sebagai Jamie
  • Jeremy Stanford sebagai Alex
  • Steve Rodgers sebagai Constable Mike Adler

Cerita film

Ketika Edna menghilang, putrinya Kay dan cucunya Sam kembali ke rumah mereka di pedesaan untuk mencarinya. Mereka menemukan rumah dikunci dari dalam dan penampakan hitam seperti lumpur muncul dari dinding. Sebagian besar perabotan telah dipenuhi dengan kertas pengingat untuk Edna.

Pada malam hari, Sam mendapat kunjungan dari tetangga muda mereka, Jamie, yang menyatakan tidak mengunjungi Edna sejak lama karena ayahnya melarang dia. Sam dan Kay terganggu dengan suara-suara berisik dari dalam dinding dan penampakan lumpur hitam di seluruh rumah. Kay mengalami mimpi buruk tentang mayat yang membusuk di gubuk tua di hutan.

Keesokan paginya, Kay menemukan Edna kembali tanpa alas kaki dan berlumurkan lumpur. Dia tidak menyadari telah menghilang. Dokter menemukan Edna mengalami suara-suara dalam pikiran dan tidak terluka, kecuali memar hitam besar di dadanya (nampak seperti lumpur). Kay mengatakan pada Sam bahwa dia berencana memindahkan Edna ke panti jompo, tetapi Edna menolak.

Pada malam hari, Kay terbangun dan menemukan Edna berjalan sambil tidur menuju pintu depan, berbisik, “it’s nothing”. Setelah dibawa kembali ke tempat tidur, Edna yakin ada sesuatu bersembunyi di dalam ruangan dan mendesak Kay memeriksa bawah bantal; Kay melihat sesuatu bernafas, tetapi dia teralihkan sebelum bisa memeriksa lebih lanjut.

Hari berikutnya, Sam dan neneknya berbagi momen manis sampai Edna menjadi dingin dan menuduh Sam mencuri darinya. Dia tidak mengingat telah memberikan Sam cincin. Setelah kejadian di mana Edna menjadi kasar, Sam mengunjungi ayah Jamie, Alex untuk bertanya kenapa dia tidak membiarkan Jamie berkunjung lagi. Alex menceritakan kejadian terakhir saat Jamie berkunjung. Jamie dan Edna bermain ‘hide and seek’ tetapi Edna tanpa sadar mengunci Jamie dalam ruangan tersembunyi dan membiarkan dia di sana berjam-jam. Edna juga melupakan melihat Jamie pada hari itu.

Kembali ke rumah, Kay mengikuti Edna ke teman di mana dia menemukan Edna merobek-robek foto album keluarga mereka dan memakan robekan itu. Ketika Kay berusaha mencegah, Edna menggigit dan mendorong dia. Dia berusaha mengubur album di dalam tanah dan mengatakan, “lebih aman di sana”. Ketakutan sesuatu akan datang dan menangkap mereka, Edna menjadi lembut dan setuju membiarkan Kay merawat dia.

Sam menemukan jalan tersembunyi ke bagian lain rumah. Dia masuk tetapi tersesat saat koridor mulai berputar. Disorientasi dan ketakutan, dia terpaksa berteriak dan menggedor-gedor dinding. Kondisi Edna tampaknya kembali memburuk; dia sekarang memelototi Kay dengan tidak percaya, menolak untuk makan dan mengompol. Kay melihat air seni ibunya bernoda hitam. Saat Edna mandi, dia menggaruk bekas memarnya tetapi sekarang menjadi daging hitam yang membusuk. Air mandi meluap dan bereaksi dengan pemanas listrik, menyebabkan listrik rumah padam. Sam berjalan lebih dalam ke koridor. Langit-langitnya miring lebih rendah, memaksanya merangkak. Dia akhirnya lolos dengan mengetuk lubang melalui dinding yang dibentuk.

Bagaimana nasib mereka selanjutnya? Saksikan film ini di layar kaca Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.