Sinopsis BAIT (2000), Kisah Pencuri Sembunyikan Hasil Curian

Diposting pada

Film Bait (2000) mengisahkan seorang penipu yang menyembunyikan uang hasil curiannya. Bait adalah film Kanada-Amerika yang diproduksi oleh Castle Rock Entertainment.

Film dengan genre kriminal komedi ini dirilis oleh Warner Bros pada tahun 2000. Bait diproduseri oleh Sean Ryerson dan ditulis oleh Andrew Scheinman, Adam Scheinman, dan Tony Gilroy. Film ini menceritakan tentang seorang pencuri yang diam-diam diawasi oleh FBI untuk mendapatkan suatu informasi.

Film ini disutradarai oleh Antoine Fuqua. Fuqua merupakan sutradara sekaligus produser yang mengawali karirnya sebagai sutradara video musik artis-artis terkenal, seperti Prince, Coolio, Stevie Wonder, dan Toni Braxton. Bait adalah film kedua yang ia sutradarai setelah film The Replacement Killers.

Aktor Jamie Foxx dipercaya untuk memerankan karakter Alvin Sanders. Alvin adalah seorang pencuri amatir yang tertangkap polisi karena mencuri udang. Sebelumnya, Jamie Foxx telah membintangi beberapa film, antara lain film Toys, The Great White Hype, Botty Call, dan film Any Given Sunday yang membuatnya dinominasikan sebagai Best Supporting Actor pada ajang penghargaan Black Reel Award dan New York Film Critics Circle Award.

Karakter selanjutnya adalah John Delano Jaster, seorang pencuri kelas kakap yang berbagi sel dengan Alvin. Karakter ini dimainkan oleh mendiang Robert Pastorelli. Pastorelli adalah aktor berbakat Amerika yang meninggal akibat overdosis narkoba pada tahun 2004.

Selain dua tokoh di atas, David Morse didapuk untuk memerankan karakter Edgar Clenteen, seorang Agen Keuangan. Morse adalah aktor, penyanyi, sutradara, dan juga penulis Amerika yang memperoleh popularitas setelah berperan sebagai Dokter Jack Morrison pada serial drama medis St. Elsewhere.

Sinopsis

Film Bait mengisahkan tentang seorang pencuri dan penipu amatir bernama Alvin Sanders. Suatu hari ia tertangkap polisi dan dipenjara setelah mencuri. Kisah semakin seru setelah ia berbagi sel dengan John Delano Jaster, pencuri kelas kakap yang berhasil mencuri emas dari Federal Reserve. Dalang pencurian yang dilakukan Jaster adalah rekannya, Bristol yang berhasil lolos dari polisi. Saat tengah diinterogasi oleh Edgar Clenteen, seorang Agen Keuangan, Jaster meninggal akibat serangan jantung. Meninggalnya Jaster membuat polisi kesulitan mendapatkan informasi dimana sebenarnya emas yang dicuri itu disembunyikan, serta dalang dari kasus pencurian tersebut. Polisi pun memanfaatkan Alvin yang sebelumnya satu sel dengan Jaster. Sebuah chip dipasangkan pada rahang Alvin tanpa sepengetahuannya,  sehingga memungkinkan polisi untuk mendengar setiap perkataan Alvin. Namun misi ini akan gagal apabila Alvin terlibat masalah kriminal setelah dibebaskan dari penjara. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, polisi mendukung Alvin secara finansial, bahkan membantu Alvin yang memang sering membuat masalah. Hingga suatu ketika hal yang ditunggu-tunggu tiba. Dalang sebenarnya di balik pencurian emas tersebut menghubungi Alvin dan menanyakan informasi yang mungkin ditinggalkan Jaster pada Alvin.

poster baitJenis film: Comedy, Crime
Sutradara: Antoine Fuqua
Produser: Sean Ryerson
Penulis: Andrew Scheinman, Adam Scheinman, Tony Gilroy
Pemain: Jamie Foxx, David Morse, Kimberly Elise, David Paymer, Mike Epps, Robert Pastorelli, Jamie Kennedy
Penata musik: Mark Mancina
Sinematografer: Tobias A. Schliessler
Editor: Alan Edward Bell
Produksi: Castle Rock Entertainment
Distributor: Warner Bros.
Tanggal rilis: 15 September 2000
Durasi film: 119 menit

Pemain – karakter

  • Jamie Foxx sebagai Alvin Sanders
  • David Morse sebagai Edgar Clenteen
  • Doug Hutchison sebagai Bristol
  • Kimberly Elise sebagai Lisa Hill
  • David Paymer sebagai Agent Wooly
  • Mike Epps sebagai Stevie Sanders
  • Robert Pastorelli sebagai John Delano Jaster
  • Jamie Kennedy sebagai Agent Blum
  • Nestor Serrano sebagai Agent Boyle
  • Kirk Acevedo sebagai Ramundo
  • Jeffrey Donovan sebagai Julio
  • Megan Dodds sebagai Agent Walsh
  • Tia Texada sebagai Tika
  • Neil Crone sebagai Supervisor
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.