Sinopsis Chasing Mavericks (2012), Kisah Hidup Peselancar Jay Moriarity

Diposting pada

Chasing Mavericks merupakan sebuah film bergenre drama biografi yang dirilis pada 28 Oktober 2012. Film ini menceritakan kisah seorang peselancar Amerika bernama Jay Moriarity. Film ini diadaptasi dari kisah nyata untuk mengenang seorang peselancar Amerika yang mampu mengalahkan Mavericks.

Keluarganya pindah ke Santa Cruz saat dia masih bayi. Ayahnya adalah seorang tentara dan menghabiskan waktunya bepergian. Dia tumbuh menjadi seorang peselancar dan mampu berselancar pada usia 9 tahun.

Dia menjadi semakin ahli karena dilatih oleh Frosty Hesson, mentornya, yang mengajarinya teknik fisik maupun mental untuk menaiki ombak Mavericks. Moriarity menulis buku berjudul The Ultimate Guide to Surfing pada tahun 2001.

Kisah hidupnya diangkat dalam film Chasing Mavericks yang disutradarai oleh Curtis Hanson dan Michael Apted, merupakan salah satu film biografi yang mengundang kekaguman dari seluruh penontonnya. Film Chasing Mavericks sendiri merupakan film terakhir yang disutradarai oleh Hanson sebelum ia meninggal pada 20 September 2016 lalu.

Dalam film Chasing Mavericks, adapun sejumlah aktor terkenal seperti Jonny Weston yang berperan sebagai Jay Mority. Ia merupakan salah satu pemeran utama dalam film ini, selain itu ada pula Gerard Butler sebagai Frosty Hesson, Elisabeth Shue sebagai Kristy Moriarity, Abigail Spencer sebagai Brenda Hesson dan masih banyak lagi.

Dalam filmnya, Mavericks merupakan ombak besar di sebuah pantai lepas di California yang menjadi tujuan para peselancar dunia terbaik saat musim dingin. Saat terjadi badai Mavericks memiliki ombak dengan ketinggian 25 hingga 85 kaki dan hanya peselancar yang berani mengambil resiko saja yang bisa berselancar.

Bagaimana kisahnya? Simak sinopsis Chasing Mavericks berikut ini.

Sinopsis

Adapun sinopsis dari Chasing Mavericks, ketika Jay Moriarity yang diperankan oleh Jonny Weston tinggal bersama ibunya di Santa Cruz, ayahnya yang telah pergi meninggalkan mereka selalu mengirim surat kepada Jay. Walau begitu Jay tidak pernah membukanya, ia selalu suka menghitung ombak yang dipantai dan ketika bermain di pantai ia hampir tenggelam karena tersapu ombak.

Tetangganya bernama Frosty Hesson yang diperankan oleh Gerard secara tidak sengaja melihat kejadian itu dan mencoba untuk menolongnya, apakah ia berhasil menyelamatkan Jay Moriaty dari ombak? Bagaimana kisah selanjutnya? Semua ini bisa terjawab dengan menyaksikan Chasing Mavericks.

sinopsis chasing mavericksJenis film: Biografi, Drama
Sutradara: Curtis Hanson, Michael Apted
Produser: Curtis Hanson, Mark Johnson, Brandon Hooper, Jim Meenaghan
Penulis naskah: Kario Salem
Penulis cerita: Jim Meenaghan, Brandon Hooper
Pemain: Gerard Butler, Jonny Weston, Elisabeth Shue, Abigail Spencer
Penata musik: Chad Fischer
Sinematografer: Bill Pope
Editor: John Gilbert
Produksi: Walden Media, Deuce Three Productions
Distributor: 20th Century Fox
Tanggal rilis: 26 Oktober 2012
Durasi film: 116 menit

Pemain – karakter

  • Jonny Weston sebagai Jay Moriarity
  • Gerard Butler sebagai Frosty Hesson
  • Elisabeth Shue sebagai Kristy Moriarity
  • Abigail Spencer sebagai Brenda Hesson
  • Leven Rambin sebagai Kim
  • Greg Long sebagai Magnificent 1
  • Peter Mel sebagai Magnificent 2
  • Zach Wormhoudt sebagai Magnificent 3
  • Devin Crittenden sebagai Blond
  • Taylor Handley sebagai Sonny
  • Cooper Timberline sebagai Jay muda
  • Harley Graham sebagai Kim muda
  • Scott Eastwood sebagai Gordy
  • Colter Sanders sebagai Alexander
  • Patrick dan Asher Tesler sebagai Lake Hesson anak-anak

Alur cerita

Pada tahun 1987, anak usia 8 tahun di Santa Cruz, California bernama Jay Moriarity diselamatkan dari tenggelam oleh tetangga sebelah rumahnya, Frosty Hesson (Gerard Butler). Hal ini menyalakan pasionnya pada olahraga.

Suatu pagi, Jay (Jonny Weston), sekarang berusia 15 tahun, melihat Frosty pergi pagi sekali dan menumpangi mobil van. Dia melihat Frosty dan tiga teman-temannya menaiki ombak raksasa yang dikenal sebagai Mavericks, yang datang bersama El Niño yang memasuki puncak pada tiga bulan.

Dengan enggan, Frosty setuju mengajari Jay bagaimana berselancar di atas Mavericks, tapi dia memaksa Jay belajar mengenai “pilar-pilar dasar berselancar”. Hal ini termasuk belajar bagaimana mendayung sejak 36 mil melintasi Teluk Monterey (dari Santa Cruz ke Monterey), memijak di air selama 40 menit dan menahan nafas selama 4 menit.

Selama masa pelatihan, Frosty mendorong Jay menulis esai untuk fokus pada tugasnya. Esai pertamanya tentang Kim (Leven Rambin), orang yang disukainya, yang memiliki anjing yang diselamatkan olehnya ketika dia berusia 8 tahun, yang menyebabkan dia hampir tenggelam.

Jay menjadi lebih dekat dengan Kim saat dia berlatih, juga karena didorong oleh istri Frosty, Brenda (Abigai Spencer). Beberapa minggu sebelum ombak terbesar pada musim Mavericks, Brenda mengalami stroke dan meninggal.

Beberapa hari kemudian, teralihkan karena kematian Brenda, Frosty menaiki papan selancarnya di teluk. Jay mengikutinya, menggunakan pengetahuan yang diperolehnya dari pelatihan, dia membantu Frosty kembali ke bibir pantai.

Frosty menyadari Jay sudah siap untuk berselancar di Mavericks. Frosty membawa Jay ke Mavericks di teluk Half Moon dan menyaksikan bersama tiga temannya saat Jay menaiki air melawan arus. Mereka setuju bahwa Jay siap mengarungi ombak bersama mereka.

Dalam ulang tahunnya yang ke-16 pada 15 Juni 1994, ibunya (Elisabeth Shue) memberikannya radio sehingga dia bisa mendengarkan siaran cuaca dan melacak ombak besar. Frosty memberikannya sebuah papan selancar “big wave gun” yang dibuat sendiri yang dirancang untuk menaiki ombak-ombak besar.

Kim mengungkapkan perasaannya pada Jay dan mereka berciuman. Frosty ingin merahasiakan Mavericks, tapi buku catatan Jay yang digunakan untuk menulis persiapan berakhir di tangan saingannya, Sonny (Taylor Handley).

Ketika Jay dan Frosty pergi ke Half Moon Bay, ada banyak kerumunan dan peselancar yang ingin berselancar. Banyak pendatang baru yang tersapu sebelum bisa berselancar di Mavericks. Jay tersapu pada awalnya, namun dia mendapatkan kembali papannya dan sukses menaiki Mavericks.

Dia menjadi peselancar terkenal, menikahi Kim dan meninggal pada usia 22 tahun saat menyelam di Maldives. Film ini berakhir dengan berkumpulnya Frosty, Kim dan para peselancar lainnya di acara penguburan Jay.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.