Sinopsis AMERICAN SNIPER: Film Drama Dibintangi Bradley Cooper

Diposting pada

Sinopsis American Sniper – American Sniper (2014) merupakan film yang diangkat dari kisah nyata US Navy Seal, yang bernama Chris Kyle. Pada jaman itu, nama Chris Kyle sangat melegenda karena kelihaian dan kehebatannya menembak di Irak.

Film ini disturadarai oleh Clint Eastwood dan naskahnya ditulis oleh Jason Hall. Film ini merupakan film perang terlaris sepanjang masa dan juga film Eastwood yang terlaris dibandingkan dengan film – film Eastwood lainnya. Film American Sniper ini juga menerima enam nominasi di ajang Academy Awards ke – 87, termasuk Best Adadpted Screenplay, Aktor terbaik untuk Cooper, Best Picture dan juga Best Sound Editing.

American Sniper dibintangi Bradley Charles Cooper yang berperan sebagai Kyle. Cooper juga terkenal pernah membintangi beberapa film Hollywood diantaranya adalah Limitless (2011), American Hustle (2013) dan The Havonger part II dan part III pada tahun 2011 dan 2013.

Charles Cooper tentunya juga beradu akting dengan Sienna Miller yang berperan sebagai istri Kyle yang bernama Taya. Miller merupakan aktris Inggris Amerika. Ia juga pernah pernah berperan di beberapa film Holllywood seperti G.I Joe : The Rise of Cobra (2009), The Girl (2012), dan lain sebagainya. Miller juga pernah mendapatkan aktris terbaik oleh BAFTA Televsion Award.

Aktris dan Aktor lain yang juga ikut membintangi film American Sniper ini adalah Luke Grimes, Cory Hardrict, Jacke McDorman, Kevin Lacz, Navid Negahban, dan juga Keir O’Donnell. Bagaimanakah kolaborasi aktris dan aktor tersebut di film American Sniper ini? Semua akan terjawab jika melihat film nya secara langsung. Simak terlebih dahulu sinopsis dari film American Sniper.

Sinopsis

Film American Sniper diangkat dari kisah nyata kehidupan Chris Kyle, seorang penembak jitu yang bertugas dalam Perang Irak. Dia dijuluki Sang Legenda lantaran kemahiran dan jumlah orang yang dibunuhnya dalam perang. Namun dia menderita trauma pasca perang yang berdampak pada hubungannya dengan keluarga. Setelah sembuh, dia berusaha membantu para veteran perang untuk melalui trauma, namun dia ditembak oleh seorang veteran hingga meninggal. Adegan penembakan itu sendiri tidak digambarkan dalam film untuk menjaga perasaan keluarganya.

sinopsis american sniperSutradara: Clint Eastwood
Produser: Clint Eastwood, Robert Lorenz, Andrew Lazar, Bradley Cooper, Peter Morgan
Penulis: Jason Hall
Adaptasi: American Sniper (otobiografi), karya Chris Kyle, Scott McEwen, Jim DeFelice
Pemain: Bradley CooperSienna Miller
Rumah produksi: Warner Bros. Pictures, Village Roadshow Pictures, RatPac-Dune Entertainment, Mad Chance Productions, 22nd & Indiana Pictures, Malpaso Productions
Distributor: Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis: 11 November 2014 (AFI Fest), 25 Desember 2014 (Amerika Serikat)
Durasi film: 132 menit

Review

Film American Sniper mendapatkan ulasan positif. Situs Rotten Tomatoes memberikan Fresh Certified dengan rating 72% berdasarkan 271 ulasan dari kritikus, dengan rating rata-rata 6,9/10 (diakses 16 Maret 2018). Pengarahan sang sutradara, Clint Eastwood banyak dipuji dan performa Bradley Cooper yang mencengkram kuat memberikan kekuatan bagi film yang diangkat dari kisah nyata ini. Di situs Metacritic, American Sniper juga sukses mendapatkan skor 72/100 berdasarkan ulasan dari 48 kritikus (diakses 29 Januari 2015).

Film ini juga membawa kesuksesan komersial dengan membukukan pendapatan box office sebesar $547,4 juta jauh di atas biaya produksinya yang hanya $52,2 juta.

Di ajang Academy Awards, American Sniper menerima 6 nominasi termasuk kategori Film Terbaik, Naskah Adaptasi Terbaik dan Aktor Terbaik. Namun hanya satu nominasi saja yang menang, yakni dalam kategori Best Sound Editing.

Trailer

Plot

Awas mengandung spoiler!

Tumbuh besar di Texas, Chris Kyle diajari ayahnya bagaimana menggunakan senapan dan berburu rusa. Bertahun-tahun kemudian, Kyle menjadi seorang koboi di peternakan dan gemar bermain rodeo. Dia kembali ke rumah lebih cepat hanya untuk menemukan pacarnya bersama laki-laki lain di tempat tidur. Dia menyuruh pacarnya pergi.

Dia dan saudaranya mempertimbangkan masuk militer. Dia memutuskan mendaftar di Angkatan Laut setelah melihat berita pengeboman kedutaan AS pada tahun 1998. Dia memenuhi syarat untuk mendapatkan pelatihan khusus menjadi sniper Navy SEAL AS.

Kyle bertemu dengan Taya Studebaker di sebuah bar dan keduanya menikah. Dia dikirim ke Irak setelah Serangan 11 September. Pembunuhan pertamanya adalah seorang wanita dan anak laki-laki yang menyerang Marinir AS dengan menggunakan granat anti-tank RKG-3 buatan Rusia. Kyle tampa kesan dengan pengalaman itu, namun dia kemudian mendapatkan julukan “Legend” untuk banyak pembunuhan yang dilakukannya.

Dia ditugaskan memburu pimpinan al-Qaeda, Abu Musab al-Zarqawi, Kyle menginterogasi sebuah keluarga yang ayahnya menawarkan akan membawa SEALs ke seseorang yang disebut Penjagal. Dia adalah anak buah kedua di bawah Zarqawi. Rencana berjalan serba salah ketika Penjagal menangkap sang ayah dan putranya. Mereka dibunuh, sementara Kyle ditembaki oleh penembak jitu menggunakan senapan PSL Rumania. Penembak jitu ini menggunakan nama Mustafa dan dia adalah peraih medali olimpiade dari Suriah. Sementara itu, para pemberontak akan memberikan hadiah bagi siapa saja yang berhasil menembak Kyle.

Kyle pulang ke rumah untuk bertemu isteri dan melihat kelahiran putranya. Dia terganggu oleh kenangan dari pengalaman perangnya. Sementara Taya berharap Kyle fokus pada rumah dan keluarganya.

Kyle kembali ke medan perang dan mendapatkan promosi menjadi ‘Chief Petty Officer’. Dia terlibat dalam tembak-menembak dengan Penjagal di mana Kyle membantu membunuhnya. Ketika dia pulang ke rumah, dia mendapatkan anak perempuan yang baru lahir, namun Kyle menjadi semakin jauh dari keluarganya. Pada kedatangannya ke medan perang yang ketiga, Mustafa melukai dengan serius salah satu anggota unit, Ryan “Biggles” Job dan unit dievakuasi kembali ke pangkalan. Ketika mereka kembali ke lapangan dan melanjutkan misi, anggota SEAL yang lain, Marc Lee, dibunuh dengan tembakan.

Merasa bersalah, Kyle kembali melakukan tur keempat ke medan pertempuran. Meskipun Taya meminta agar dia jangan pergi dan mengatakan kemungkinan Taya tidak akan ada ketika dia kembali. Kyle tetap pergi ke Irak dan mendapatkan tugas untuk membunuh Mustafa yang menyasar para insinyur tempur Angkataan Darat As yang sedang membangun barikade. Tim sniper Kyle ditempatkan di atap dalam wilayah tempur musuh. Kyle menemukan Mustafa dan membuatnya keluar dengan tembakan jarak jauh beresiko 1,920 m. Hal ini membuat posisi mereka menjadi terlihat oleh sejumlah pemberontak bersenjata. Pertempuran terjadi, sementara amunisi Kyle semakin sedikit. Dia menangis memanggil Taya dan mengatakan bahwa dia siap kembali pulang. Namun, badai pasir yang datang memberikan mereka perlindungan untuk melarikan diri. Kyle terluka parah dan hampir meninggal.

Saat Kyle kembali, dia tidak dapat menyesuaikan diri sepenuhnya dengan kehidupan sipil. Dia ditanyai oleh psikiater Veterans Affairs apakah dia dihantui oleh semua hal yang dia lakukan selama perang. Dia menjawab bahwa dia dihantui oleh semua yang yang tidak bisa dia selamatkan. Psikiater mendorongnya untuk membantu seorang veteran yang luka para di rumah sakit VA. Setelah itu, dia secara bertahap mulai bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan rumah.

Bertahun-tahun kemudian, pada 2 Februari 2013, Kyle mengucapkan selamat tinggal kepada isteri dan keluarganya saat dia pergi dengan bersemangat untuk menghabiskan waktu bersama dengan seorang veteran perang di arena tembak.

Tulisan di layar menyebutkan Chris Kyle dibunuh pada hari itu oleh seorang veteran yang berusaha dia bantu. Sebuah arsip ditampilkan, kerumunan massa berdiri menghadiri pemakamannya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.