Singkatan OEM, Ini Artinya

Diposting pada

disingkat oem

Apakah kamu pernah mendengar istilah OEM? Para pencinta gadget dan otomotif pasti sudah familiar dengan istilah yang merupakan singkatan. Ketika hendak berbelanja gadget ataupun perlengkapan otomotif, konsumen akan dihadapkan aneka pilihan produk dengan berbagai kualitas, mulai dari original, KW, hingga OEM. Lantas, apa sebenarnya pengertian dari OEM?

Pengertian OEM

OEM merupakan singkatan dari Original Design Manufacturer, yaitu perusahaan yang menghasilkan produk untuk kemudian dijual kembali oleh perusahaan lain dengan brand mereka sendiri. Spesifikasi produk yang dihasilkan tidak ditentukan oleh perusahaan pembeli, melainkan perusahaan OEM yang memproduksinya. Disebut juga dengan produsen peralatan asli, singkatnya perusahaan OEM melakukan produksi barang dengan nama brand perusahaan lain yang akan memasarkannya. Salah satu produk OEM yang paling mudah ditemukan adalah software Windows yang diproduksi oleh Microsoft. Windows kemudian dijual ke perusahaan Acer, Dell, Asus dan lain sebagainya untuk digunakan sebagai sistem operasi gadget yang mereka hasilkan.

Baca juga: PT AUTO ASKA INDONESIA di Karawang: Profil, Produksi dan Loker

Kualitas Produk OEM

Bila berbicara mengenai kualitas, tentu kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan produk OEM dibandingkan produk original. Secara harga, produk OEM dibanderol dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan produk original. Harga yang lebih murah ini dikarenakan produk OEM umumnya hanya dikemas dalam pembungkus biasa, tanpa kelengkapan kartu garansi dan petunjuk penginstalan.

Selain itu produk OEM biasanya juga tidak dibekali dengan beberapa komponen pendukung, seperti adapter, kabel penghubung, dan kelengkapan lain untuk memotong biaya. Meski demikian, produk OEM tetap banyak diburu dibandingkan produk originalnya. Selain harganya yang lebih murah, produk OEM sebenarnya memiliki kualitas performa yang sama dengan produk original.

Perbedaan Produk OEM, Original, dan KW

Banyaknya tingkatan kualitas produk di pasaran kerap membuat konsumen mengalami kebingungan ketika membeli suatu produk. Salah satu anggapan konsumen yang salah kaprah adalah menyebut barang OEM sebagai produk KW. Berikut adalah perbedaan dari produk OEM, original, dan KW.

1. Produk OEM

Meski tidak original, barang OEM juga bukan merupakan produk KW. Produk OEM dibuat berdasarkan standar dan spesifikasi perusahaan manufaktur, sehingga kualitasnya sama dengan produk aslinya. Bukan barang replika, produk OEM adalah produk asli manufaktur berskala besar yang kemudian dibeli oleh perusahaan lain untuk dipasarkan menggunakan brand dari perusahaan pembeli. Harga produk OEM lebih murah dibandingkan produk original, namun lebih mahal dibandingkan produk replika atau KW.

2. Produk Original

Produk original atau produk asli adalah barang yang diproduksi dan dipasarkan langsung oleh perusahaan pembuatnya. Kualitas dan kelengkapan produk original tentu tak perlu diragukan lagi. Bicara soal harga, produk original dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibanding produk OEM dan KW. Salah satu keunggulan produk original adalah dilengkapi dengan garansi dari perusahaan yang menunjukkan bahwa produk telah melalui kontrol kualitas yang mumpuni.

3. Produk KW

Barang KW adalah barang imitasi atau replika dari produk aslinya. Tampilan produk akan dibuat semirip mungkin dengan produk original, namun kualitasnya lebih rendah. Dibuat dari bahan berkualitas lebih rendah membuat produk KW juga dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan produk original maupun OEM. Produk KW biasanya juga tidak memiliki izin dari produk yang ditiru, sehingga cukup berisiko untuk dipakai.

Perbedaan OEM dan ODM

Perlu diketahui bahwa OEM dan ODM adalah dua jenis perusahaan yang berbeda. Spesifikasi produk OEM ditentunkan oleh manufaktur atau perusahaan pembuatnya, bukan perusahaan pembelinya. Sementara produk ODM (Original Design Manufacturer) adalah produk yang dibuat oleh manufaktur sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan perusahaan pembelinya.

Nah, demikianlah beberapa informasi seputar OEM yang perlu kamu ketahui. Perlu diingat bahwa produk OEM bukanlah produk KW. Sebelum membeli produk, sebaiknya kenali dulu kualitas produk yang hendak dibeli agar mendapatkan performa yang terbaik.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.