Sering Bergadang atau Susah Tidur? Ini Tips Cepat Masuk ke Alam Mimpi

Diposting pada

cara cepat tidur

Memiliki kebiasaan bergadang karena susah untuk tidur sangat mempengaruhi aktivitas keesokan harinya. Anda akan merasa lemas dan tidak bersemangat karena kurang istirahat. Biasanya susah untuk tidur atau insomnia ini lebih banyak terjadi pada mahasiswa atau seorang pegawai. Mereka inilah tipe-tipe orang yang memiliki banyak pikiran sehingga otak tidak bisa untuk beristirahat.

Kesulitan tidur dapat disebabkan oleh konsumsi kafein, alkohol, paparan ponsel dan komputer, suhu tubuh yang meningkat, aktivitas fisik yang berat pada malam hari, konsumsi makanan tinggi lemak dan kalori serta pikiran yang cemas atau berkecamuk di dalam diri Anda.

Dalam tahap yang parah, susah tidur dapat berakhir menjadi insomnia, hiperinsomnia, tidur berjalan, mimpi buruk dan tidur dalam kondisi ketakutan. Oleh karena itu, solusi untuk susah tidur Anda melakukan hal-hal yang tidak memaksa dan membebani diri dengan tekanan harus tidur.

Beberapa kondisi susah tidur juga dapat disebabkan karena adanya penyakit bawaan seperti sinusitis, GERD, hipertiroid, artritis dan fibromialgia, diabetes, sleep apnea, demensia dan gagal jantung. Sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyakit yang mungkin diderita.

Ada beberapa cara tepat agar bisa tidur lebih cepat khusus untuk para penderita insomnia. Tentunya aman karena tidak menggunakan obat. Apa saja? Yuk simak di bawah ini ya:

1. Mandi Menggunakan Air Hangat Sejam Sebelum Tidur

Air hangat sudah sejak dahulu digunakan untuk membuat semua otot yang lelah menjadi lemas dan membuat Anda lebih nyaman setelah bekerja seharian. Oleh sebab itu, setelah mandi menggunakan air hangat biasanya akan membuat Anda merasa mengantuk. Tambahkan aroma terapi pada air hangat Anda agar tubuh menjadi lebih segar yang membantu merilekskan pikiran Anda, sehingga rasa kantuk lebih cepat dicapai.

2. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein Terlebih Lagi Menjelang Tidur Malam

Minuman yang mengandung kafein bukan hanya membuat Anda kesulitan tidur, tapi juga membuat Anda mengalami gangguan lainnya seperti sakit kepala, meningkatnya denyut jantung, darah tinggi, dehidrasi, dan banyak lagi.

Minuman yang paling banyak mengandung kafein adalah kopi (95-200 mg), kemudian kedua teh (14-70 mg), dan terakhir cokelat (10-70 mg). Memang sangat nyaman meminum semua minuman ini di saat malam hari yang dingin, tapi jangan mengeluh jika Anda justru sulit untuk memejamkan mata.

3. Hindari Makanan Berat Menjelang Tidur Malam

Apakah Anda termasuk tipe orang yang harus makan sebelum tidur? Sebaiknya lakukan hal tersebut empat jam sebelum tidur ya. Alangkah baiknya jika Anda mengganti makanan berlemak Anda dengan alpukat, pisang, kuning telur, atau sayur bayam. Makanan ini justru akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Konsumsi makanan berat sebelum tidur dapat membuat tubuh kembali bekerja keras untuk mencerna makanan, sehingga alih-alih mengantuk, Anda akan sulit terlelap. Sebagian orang mungkin justru merasa lebih cepat mengantuk setelah makan, namun kebiasaan langsung tidur setelah makan tidak baik bagi kesehatan Anda.

4. Konsumsilah Buah atau Minuman Hangat

Minuman hangat tidak harus yang berkafein kan? Anda bisa mennggantinya dengan segelas susu hangat untuk membasahi tenggorokan dan untuk mengganjal rasa lapar. Atau Anda bisa menyeduh rempah seperti sereh, jahe, daut mint, kunyit yang dapat memberikan aroma khas yang membantu merilekskan badan dan pikiran. Anda bisa mengkonsumsi buah yang tentunya jauh lebih ringan untuk perut Anda. Seperti buah pisang, alpukat, kiwi, dan banyak lagi.

5. Pasang Aroma Terapi di Sudut Kamar

Agar bisa membuat Anda lebih relax dan cepat tidur, cobalah pasang pengharum ruangan yang memiliki aroma terapi lavender, wanginya yang lembut dan menenangkan bisa membuat Anda nyaman dengan ruangan Anda. Membuat syaraf-syaraf lebih relax, tentu semakin cepat membuat Anda mengantuk.

Wangi lavender dipercaya mampu meningkatkan kualitas tidur Anda dan membuat Anda merasa lebih segar saat bangun di keesokan harinya.

6. Mendengarkan Musik

Bagi Anda para pencinta musik, tentu sangat setuju dengan cara yang keenam ini. Coba dengarkan musik saat menjelang tidur, khusus malam hari nyalakan musik dengan irama lembut dan pelan. Ini akan membantu otak Anda merasa lebih relax dan lama kelamaan Anda akan merasa mengantuk.

Pilihlah lagu dengan musik yang memiliki tempo sekitar 60 hingga 80 beat permenitnya. Ini akan jauh lebih efektif untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

7. Matikan Lampu Kamar

Jika Anda tidak takut gelap, sebaiknya matikan lampu sejam sebelum menjelang tidur. Ini akan lebih cepat membuat Anda mengantuk. Tapi jika Anda tidak berani, coba gunakan lampu tidur yang memiliki cahaya sedikit lebih redup. Ini akan membantu Anda tidur lebih cepat dibanding saat lampu terang menyala. Mengapa? Karena dalam kondisi gelap, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang membawa tubuh ke mode istirahat. Lampu yang menyala juga dapat membuat tubuh mengira kondisi masih siang hari, sehingga tidak masuk ke dalam mode bersiap tidur.

8. Matikan Semua Gadget Maupun Televisi

Jika ingin terhindar dari insomnia, sebaiknya segera matikan semua gadget seperti laptop, telepon, tablet, dan televisi sejam sebelum waktu tidur Anda. Ini akan membantu Anda agar fokus pikiran lebih tertuju pada rasa mengantuk Anda. Dengan begitu, Anda akan jauh merasa lebih relax dari sebelumnya. Selain itu, jangan lupa untuk aktifkan mode silent pada telepon genggam Anda agar tidur Anda tidak terganggu.

9. Jaga Suhu Ruangan

Salah satu masalah yang kerap membuat orang yang tinggal di daerah tropis untuk cepat tidur adalah cuaca yang panas, bahkan saat malam hari. Kondisi rumah yang tidak memiliki ventilasi yang baik dan tinggi rumah yang rendah membuat ruangan sangat panas. Banyak yang menggunakan kipas angin atau pendingin ruangan (air conditioner/AC) untuk membantu tidur.

Jika Anda menggunakan kipas angin sebagai pendingin ruangan, jangan arahkan kipas langsung ke arah Anda apalagi dalam kondisi berputar kencang. Bersihkan dengan teratur kipas angin agar tidak menjadi sarang debu yang dapat mengganggu pernapasan. Jika Anda menggunakan air conditioner, gunakan seperlunya, jangan terlalu dingin dan selalu gunakan selimut ketika Anda tidur.

10. Bernapas dalam-dalam dan perintahkan pikiran untuk tidur

Sadari bahwa Anda adalah tuan bagi tubuh dan pikiran Anda. Perintahkan tubuh untuk tidur dan niatkan akan bangun jam berapa serta rilekskan tubuh dengan bernapas dalam-dalam. Tarik napas dalam dengan berhitung 1, 2, 3, lalu hembuskan perlahan dengan hitungan yang sama. Cara ini akan membuat Anda merasa rileks dan mensugesti pikiran dan tubuh untuk tidur.

Jika Anda memiliki pikiran yang berat, yakinkan diri bahwa Anda akan menemukan jalan keluarnya esok hari saat terbangun.

***

Itulah tadi 8 cara agar bisa tidur lebih cepat dan mengantarkan Anda ke alam mimpi tanpa menggunakan obat. Lakukan secara rutin, dan lama kelamaan tentu tubuh Anda akan terbiasa untuk tidur lebih awal tanpa melakukan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.