Sebabkan Pandemi, Yuk Kenali Penyakit Covid-19!

Diposting pada

mencuci tangan

Tahun 2020 menjadi momen yang bersejarah bagi Indonesia dan negara lain di seluruh dunia. Bukan rahasia lagi bahwa pada tahun tersebut gelombang pandemi telah memporak-porandakan kestabilan seluruh sektor, terutama kesehatan dan perekonomian. Berbicara tentang pandemi, lantas apa sebenarnya penyakit Covid-19 ini?

Penyebab Penyakit Covid-19

Anda tentu sudah tidak asing dengan penyakit Covid-19. Penyakit yang menyebabkan pandemi ini disebabkan oleh Virus Corona, yaitu severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Virus ini menyerang sistem pernapasan yang dapat menular pada siapa saja tanpa memandang usia.

Meski masuk ke Indonesia pada awal tahun 2020, virus ini sebenarnya pertama kali ditemukan pada tahun 2019 di Kota Wuhan, China. Sebenarnya ini bukan kali pertama masyarakat bergelut dengan virus corona, sebab virus ini termasuk dalam kelompok virus penyebab penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) yang juga pernah menggegerkan dunia.

Baca juga: Oksimeter, Kenapa Banyak Dicari dan Tips Membeli

Penularan Penyakit Covid-19

Masuk ke dalam golongan virus corona, SARS-CoV-2 memiliki kecepatan penularan dan keparahan gejala yang berbeda dengan virus lainnya. Penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini diduga pertama kali ditularkan oleh hewan ke manusia. Virus ini dapat menuar akibat tidak sengaja menghirup droplet atau percikan ludah penderita, memegang mulut atau hidung setelah menyentuh benda yang terkena droplet penderita, serta kontak jarak dekat dengan penderita Covid-19.

Meski dapat menular pada siapa saja, penyakit ini akan memberikan efek yang fatal bila menyerang lansia, ibu hamil dan perokok. Para penderita penyakit tertentu, kanker, serta orang dengan daya tahan tubuh lemah juga akan mengalami efek yang lebih berbahaya. Tingkat kematian atau case fatality rate akibat penyakit ini mencapai angka 3%. Dilihat dari golongan usianya, orang dengan usia 46-59 tahun memiliki angka kematian lebih tinggi dibandingkan golongan usia lain.

Baca juga: Kenapa Saya Minum Segelas Air Jeruk Setiap Pagi?

Gejala Penyakit Covid-19

Menyerang sistem pernapasan, penyakit Covid memiliki gejala ringan menyerupai flu, seperti demam, batuk kering, sakit tenggorokan dan sakit kepala. Sementara gejala berat yang muncul, antara lain batuk berdahak hingga berdarah, sesak napas, dan nyeri pada dada. Secara umum gejala yang sering ditimbulkan oleh penyakit ini adalah demam tinggi, batuk kering, dan sesak napas.

Penyakit ini juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti sakit kepala, diare, konjungtivitas, hilang kemampuan indra perasa atau penciuman, serta ruam pada kulit. Gejala-gejala ini biasanya terjadi dua hari hingga dua minggu setelah terpapar virus. Meski tidak mengalami gejala tersebut, Anda tetap perlu berhati-hati sebab banyak pula penderita Covid-19 yang tidak mengalami gejala. Penderita Covid-19 tanpa gejala bisa mengalami happy hiypoxia yang merupakan penurunan saturasi oksigen tanpa gejala apapun.

Pengobatan Penyakit Covid-19

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang merujuk pada penyakit Covid-19 atau ingin memastikan kondisi kesehatan yang sebenarnya, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat. Beberapa pemeriksaan yang bisa Anda pilih, antara lain rapid test antibodi, rapid test antigen (swab antigen), serta PCR.

Bila Anda didiagnosa positif Covid-19, akan ada beberapa langkah penanganan yang diberikan. Bagi penderita tanpa gejala atau dengan gejala ringan, biasanya dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri dan melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran penyakit. Ada pula penderita yang dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 untuk karantina dan mendapat perawatan di sana. Selain pemberian obat pereda demam dan nyeri, pasien juga dianjurkan untuk banyak istirahat dan minum air yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Pencegahan Penyakit Covid-19

Pepatah mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”, maka dari itu Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan agar terhindar dari penyakit Covid-19. Beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Menerapkan physical distancing
  • Tidak melakukan aktivitas di tempat umum jika tidak mendesak
  • Menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum
  • Rutin cuci tangan dengan sabun atau memakai handsanitizer sebelum menyentuh mata, mulut, hidung, dan setelah beraktivitas di luar ruangan
  • Menghindari kontak dengan penderita Covid-19
  • Menjaga kebersihan benda yang sering disentuh dan rumah
  • Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin, kemudian langsung membuangnya ke tempat sampah
  • Menjalankan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh tetap kuat

Nah, demikianlah informasi yang patut Anda ketahui untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Kurangi aktivitas di tempat umum yang tidak diperlukan untuk mencegah penularan penyakit.

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.