Sinopsis Saving Private Ryan (1998), Kisah Penyelamatan Seorang Prajurit

Diposting pada

Saving Private Ryan merupakan salah satu film bergenre action sekaligus drama, dirilis pada 24 Juli 1998 di Amerika dengan durasi 170 menit. Film ini menceritakan tentang pencarian seorang prajurit bernama James Francis Ryan, seorang penerjun dari satuan 101st Airborne yang harus dibawa kembali pulang ke Amerika Serikat karena ketiga kakaknya tewas.

Disutradari oleh sutradara ternama yaitu Steven Spielberg, ini merupakan salah satu film berlatar perang terbaik di masanya. Selian itu Saving Private Ryan juga diproduseri oleh beberapa produser terkenal dan sudah seringkali memproduseri film bergenre action ataupun drama seperti Ian Bryce, Mark Gordon, dan Gary Levinsohn. Selain itu ternyata dalam Saving Private Ryan juga diproduseri sendiri oleh Steven Spielberg yang juga sutradaranya.

Selain itu Saving Private Ryan juga dibintangi oleh beberapa aktor ternama seperti Tom Hanks, Tom Sizemore, Edward Burns, Barry Peppers, dan masih banyak lagi. Mereka merupakan aktor yang sering bermain dalam film bergenre action sehingga kemampuan ektingnya pun tidak perlu diragukan lagi.

Film ini mendapatkan sukses besar box office dengan menghasilkan $482,3 juta mengalahkan biaya produksinya yang hanya $70 juta. Ulasan positif membanjiri film yang diapreasiasi berkat penyutradaraan Spileberg yang disebut menggambarkan adegan perang yang realistis, akting aktor yang sangat baik, skoring musik, sinematografi, editing dan naskah.

Rotten Tomatoes memberikan sertifikat fresh dengan rating 92% berdasarkan 139 ulasan dengan skor rata-rata 8,64/10. Metacritic memberikan skor 91/100 berdasarkan 35 ulasan. Saving Private Ryan juga meraih 11 nominasi Piala Oscar dan menang dalam kategori Sutradara, Penyuntingan Film, Sinematografi, Suara, Penyuntingan Efek Suara Terbaik. Sayangnya, gagal meraih kategori Film Terbaik yang harus jatuh ke film Shakespeare in Love, yang menimbulkan kontroversi.

Bagaimana kisah film ini? Simak cuplikan sinopsis Saving Private Ryan berikut ini.

Sinopsis

Adapun sinopsis dari Saving Private Ryan, dikisahkan seorang prajurit penerjun bernama Ryan harus dijemput dengan segera. General George C. Marshall, diperankan oleh Harve Presnell selaku pemimpin militer tertinggi AS memerintahkan Capt. John Miller diperankan oleh Tom Hanks untuk mencari dan menjemput Ryan segera.

Sebagai solusi, Capt. John Miller membentuk sebuah tim kecil beranggotakan 8 orang dengan anggota Sergeant Mike Horvath diperankan oleh Tom Sizemore, Reiben diperankan oleh Edward Burns, Private Jakson diperankan oleh Barry Pappers, Private Mellish diperankan oleh Adam Goldberg, Private Caparzo dipernakan oleh Vien Diesel, ahli medis Wade, dan Upham.

Namun adapun permasalahan ketika mencari Ryan, informasi yang didapatkan oleh tim sangatlah sedikit dan kurang. Apakah mereka berhasil menemukan Ryan dan membawanya kembali ke Amerika dengan selamat? Jawaban atas pertanyaan ini sangatlah mudah dapat dilihat langsung dengan menyaksikan Saving Private Ryan.

sinopsis saving private ryanJenis film: War, Epic
Sutradara: Steven Spielberg
Produser: Ian Bryce, Mark Gordon, Gary Levinsohn, Steven Spielberg
Penulis naskah: Robert Rodat
Pemain: Tom Hanks, Edward Burns, Matt Damon, Tom Sizemore
Penata musik: John Williams
Sinematografer: Janusz Kamiński
Editor: Michael Kahn
Produksi: DreamWorks Pictures, Paramount Pictures, Amblin Entertainment, Mutual Film Company
Distributor: DreamWorks Pictures (Amerika Utara), Paramount Pictures (Internasional)
Tanggal rilis: 24 Juli 1998
Durasi film: 169 menit

Pemain – karakter

  • Tom Hanks sebagai Kapten John H. Miller
  • Edward Burns sebagai Prajurit Richard Reiben
  • Matt Damon sebagai Prajurit James Francis Ryan
  • Harrison Young sebagai James Ryan tua
  • Tom Sizemore sebagai Sersan Mike Horvath
  • Jeremy Davies sebagai Korporal Timothy Upham
  • Vin Diesel sebagai Prajurit Adrian Caparzo
  • Adam Goldberg sebagai Prajurit Stanley Mellish
  • Barry Pepper sebagai Prajurit Daniel Jackson
  • Giovanni Ribisi sebagai anggota tim medis Irwin Wade
  • Ted Danson sebagai Kapten Fred Hamill
  • Paul Giamatti sebagai Sersan William Hill
  • Dennis Farina sebagai Letnan Kolonel Walter Anderson
  • Joerg Stadler sebagai anggota tim kapal uap, Willie
  • Max Martini sebagai Korporal Henderson
  • Nathan Fillion sebagai Prajurit James Frederick Ryan
  • Rolf Saxon sebagai Letnan Briggs
  • Leland Orser sebagai Letnan DeWindt
  • Dylan Bruno sebagai Korporal Toynbe
  • Ryan Hurst sebagai petugas parasut, Mandelsohn
  • Corey Johnson sebagai pria di radio, Mackey
  • Glenn Wrage sebagai Doyle
  • Demetri Goritsas sebagai Parker
  • John Sharian sebagai Corporal Loeb
  • Stéphane Cornicard sebagai Jean
  • Harve Presnell sebagai General George Marshall
  • Dale Dye sebagai Kolonel Departemen Perang
  • Bryan Cranston sebagai Kolonel Departemen Perang
  • Amanda Boxer sebagai Margaret Ryan
  • Kathleen Byron sebagai Ny. Ryan tua

Alur cerita

Seorang pria tua mengunjungi makam dan memorial Amerika di Normandy, bersama keluarganya. Di sebuah pusara, dia jatuh berlutut dalam kesedihan.

Suatu pagi, 6 Juni 1944, prajurit Amerika mendarat di pantai Omaha sebagai bagian dari Invasi Normandy. Mereka menderita kekalahan berat dalam penyerangan Jerman yang mengambil posisi bertahan dan dibentengi. Kapten Miller, dari Batalyon Ranger Kedua keluar memimpin pelarian dari pantai.

Di suatu tempat di pantai, prajurit meninggal terbaring bersimbah darah dengan bungkusan terstensil Ryan, S. Di kota Washington, D.C. di Departemen Perang, Jenderal George Marshall mengetahui tiga dari empat putra keluarga Ryan terbunuh dalam perang.

Putra keempat mereka, James Francis Ryan, adalah anggota Divisi Airborne 101 yang berada di suatu tempat di Normandy. Setelah membacakan surat Abraham Lincoln ke Bixby, Marshall memerintahkan Ryan dibawa kembali pulang.

Tiga hari setelahnya, Miller menerima perintah untuk menemukan Ryan dan membawanya kembali. Dia memilih tujuh orang untuk bersamanya: Sgt. Horvath, Prajurit Kelas Pertama bernama Reiben dan Caparzo, Prajurit Mellish dan Jackson, paramedis Wade dan Upham, seorang penerjemah dari markas pusat.

Mereka pergi ke Neuville, di mana mereka bertemu skuad 101 terlibat perang melawan musuh. Caparzo dibunuh oleh penembak jitu Jerman, yang kemudian dibunuh oleh Jackson. Mereka melacak Prajurit James Ryan, hanya untuk mengetahui bahwa ada prajurit James Frederick Ryan dan bukan orang yang mereka cari.

Dari prajurit yang lewat, Miller mengetahui Ryan sedang mempertahankan jembatan penting di Ramelle. Di dekat Ramelle, Miller memutuskan menetralkan posisi senjata mesin Jerman di sebuah stasiun radar yang ditinggalkan, mengabaikan perasaan mereka yang was-was. Wade terbunuh dalam prosesnya.

Atas desakan Upham, Miller menolak membunuh tentara Jerman yang bertahan, dan melepaskannya pergi. Kehilangan kepercayaan atas kepemimpinan Miller, Reiben mengumumkan niatnya untuk kabur dari perang, memunculkan konfrontasi dengan Horvath.

Miller meredakan kebuntuan dengan mengungkapkan karir sipilnya sebagai guru bahasa Inggris di SMA. Anak buahnya mulai memainkan taruhan. Reiben memutuskan tetap ikut bersama mereka. Di Ramelle, mereka menemukan Ryan berada di antara kelompok kecil paraprajurit mempersiapkan diri untuk mempertahankan jembatan kunci melawan serangan Jerman yang sebentar lagi datang.

Miller mengatakan pada Ryan bahwa saudara-saudaranya sudah meninggal, dan mereka diminta untuk membawanya pulang ke rumah. Ryan tertekan mendengar kabar saudaranya, tapi tidak ingin meninggalkan pos jaganya. Miller menggabungkan unitnya dengan prajurit lainnya untuk mempertahankan jembatan itu.

Dia membuat rencana untuk menyergap musuh dengan senjata kaliber 30, bom molotov, senjata anti tank dan senjata rakitan yang dibuat dari kaos kaki. Bagaimana akhir dari kisah ini? Apakah Prajurit Ryan akan berhasil diselamatkan di tengah kepungan tentara Jerman? Saksikan film Saving Private Ryan di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.