PT TIRTA ALAM SEGAR (PT TAS): Profil, Produksi dan Loker

Diposting pada

pt tirta alam segar produksi

PT Tirta Alam Segar disingkat PT TAS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan dan minuman di Indonesia. PT. Tirta Alam Segar adalah anak perusahaan dari Wings Group yang selama ini telah terkenal dengan produk rumah tangga dan pemeliharaan kesehatan. Perusahaan ini terletak di Kawasan Industri MM 2100 Kav. Blok B1-2, Jl. Kalimantan, Cibitung, Gandamekar, Cikarang Bar, Bekasi, Jawa Barat. Wings Group saat ini telah memiliki lini bisnis yang sangat banyak, salah satunya adalah divisi makanan (Wings Food). Melalui Wings Food tersebut perusahaan mendirikan PT TAS yang khusus memproduksi makanan dan minuman. Sebagai perusahaan pembuat makanan dan minuman pastinya wings food khususnya PT. Tirta Alam Segar sangat memperhatikan kebersihan dan kesterilan baik itu dalam proses produksi.

Sejarah

Wings Group mulai dibentuk pada tahun 1948 oleh Johannes F Katuari dan Harjo Sutanto. Saat itu, mereka beroperasi di bengkel kecil di sebuah rumah di Surabaya Jawa Timur dan membuat sabun cuci sederhana, yang selanjutnya menjajakan produknya dari pintu ke pintu, kios ke kios, hingga desa ke desa. Dan keberhasilan penjualan mereka memacunya untuk mengembangkan bisnis tersebut dan mengembangkan formulasi sabun cuci yang lebih efektif.

Baca juga: PT. Muramoto Elektronika Indonesia (PT MEI): Profil, Produksi dan Loker

Semakin berkembang usahanya, kemudian pengusaha tersebut memproduksi deterjen krim yang merupakan produk inovatif yang belum ditemukan di tempat lain. Produk tersebut memiliki nilai tambah karena jauh lebih murah dari deterjen bubuk karena biaya produksi dan mesinnya pun rendah. Kepraktisan produk tersebut menjadikan produk ini populer di seluruh Jawa hingga seluruh Indonesia. Dan bisnis tersebut dinamai Wings.

Distribusi Wings group yang dilihat saat ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang, membangung hubungan yang kuat dengan pengecer, yang melibatkan pelatihan keterampilan kewirausahaan dasar dan secara bertahap membangun kepercayaan antara mereka dan Wings sebagai mitra. Dan saat ini Wings Group tidak hanya berjalan di bidang sabun cuci, namun juga merambah ke hal lain seperti PT. Tirta Alam Segar yang memproduksi minuman.

Lihat lebih banyak di LOKER

Visi 

Nama Wings dari perusahaan inti PT. Tirta Alam Segar ini diambil dari artinya yaitu “Sepasang sayap”. Pendiri perusahaan ini menganggap mereka seperti sepasang sayap, yang berbagi nilai dan aspirasi yang sama. Nama tersebut juga mencerminkan visi perusahaan yang menyatakan bahwa “langit adalah batasnya” dalam hal mengembangkan bisnis berdasarkan kesadaran akan kebutuhan, ketekunan, dan integritas konsumen.

Baca juga: PT MIKUNI INDONESIA: Profil, Produksi dan Loker

Produk

Tirta Alam Segar memproduksi berbagai macam minuman siap minum yang telah masuk ke pasar seluruh Indonesia. Beberapa produk makanan dan minuman yang diproduksi adalah Ale-Ale, Enerjos, Floridina, Milk Jus, Jas Jus, Kecap Sedaap, Mie Sedaap, Power F, Segar Dingin, Teh Javana, Tea Jus, Teh Rio dan Top Coffee. Kualitas produk yang dihasilkan juga telah melalui beberapa uji laboratorium sehingga dipastikan semua produknya aman untuk dikonsumsi setiap saat. Sebagai perusahaan makanan dan minuman, Wings mengklaim senantiasa memperhatikan kualitas yang dihasilkan, hal ini karena berkaitan langsung dengan rasa dan kualitas pada calon konsumen.

Kasus

Pada tahun 2015, Sebastian Manuputy, seorang buruh PT. Tirta Alam Segar nekat bunuh diri dengan cara bakar diri dan melompat dari atap Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta di saat perayaan peringatan Hari Buruh di GBK. Hal ini terjadi karena diduga buruh tersebut frustasi karena banyaknya kasus kecelakaan kerja di perusahaan PT. Tirta Alam Segar, namun tidak ada penyelesaian.

Baca juga: PT Aisan Nasmoco Industri (PT ANI): Profil, Produksi dan Loker

Setelah kejadian itu, buruh PT. Tirta Alam Segar memberikan tuntutan pada perusahaan minuman ringan tersebut, dan 15 butir tuntutannya telah disepakati bersama antara pihak PT. Tirta Alam Segar dengan pihak pekerja. Secara singkat, tuntutan tersebut adalah mengenai penyediaan fasilitas dan menu makan yang sama bagi seluruh pekerja PT. TAS, penyediaan, perluasan, atau penambahan fasilitas tempat ibadah yang sesuai dengan jumlah pekerja, penyediaan fasilitas jemputan bagi seluruh pekerja atau dalam bentuk uang, memenuhi ketentuan perundangan terkait mempekerjakan penyandang cacat dan merubah status hubungan kerja istri buruh yang bunuh diri di GBK serta memberikan surat pengangkatan karyawan tetap bagi pekerja tersebut, penanggungan biaya pengobatan bagi beberapa pekerja, menanggung biaya pemakaman dan santunan duka cita almarhum Sebastian Manuputy.

Perusahaan  mengklaim telah menggunakan sistem kerja sesuai dengan ketentuan perundangan, memberlakukan sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ketika bekerja, bersama-sama meningkatkan produktivitas dan disiplin kerja di perusahaan sesuai dengan tekad dan semboyan “Perusahaan Maju – Karyawan Sejahtera”.

Artikel Terkait

3 thoughts on “PT TIRTA ALAM SEGAR (PT TAS): Profil, Produksi dan Loker

  1. tolong info lokernya pak/buk.butuh kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.