PT. Asmo Indonesia: Profil dan Produksi

Diposting pada

produksi asmo

Asmo Indonesia merupakan sebuah perusahaan hasil penanaman modal asing (PMA) dari Asmo Co. Ltd, yang berpusat di Umeda, Kosai, Shizuoka, Jepang. Perusahaan ini didirikan di Indonesia pada 1997 dengan paid up capital saat itu mencapai USD 18 juta.

Asmo Co. Ltd sendiri merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi suku cadang dan sparepart kendaraan bermotor dan alat berat dan berdiri sejak 1979. Nama Asmo berasal dari singkatan Automotive System Motor, dimana merupakan bidang produksi utama dari perusahaan tersebut.

Asmo Indonesia memproduksi beragam sparepart kendaraan bermotor dengan fokus utama pada DC motor atau penggerak motor arus searah. Perusahaan ini tidak hanya menyuplai untuk skala nasional, tapi juga ke berbagai negara dengan tujuan terbesar adalah Amerika.

Pada 1 Agustus 2019, PT Asmo Indonesia resmi diakuisisi oleh Denso Group dan berubah nama menjadi PT. Denso Manufacturing Indonesia. Denso Indonesia Group sendiri merupakan perusahaan joint venture antara Denso Corporation dengan Astra International yang berdiri sejak 1975 dan memproduksi komponen otomotif seperti Spark Plug, AC, Radiator, Filter, Magneto, dan sebagainya.

Meski manajemen dan sistem telah beralih, fokus produksi masih sama (DC Motors) dan alamat perusahaan juga tidak berubah, yaitu di kawasan industri MM2100, Jalan Irian, Blok FF-3, FF-5, dan FF-6, Bekasi, Jawa Barat.

Lihat lebih banyak di LOKER

Komitmen dan Filosofi 

Dengan visi menjadi pemasok terdepan dunia untuk produk sistem dan motor arus searah (DC Motor), perusahaan ini berhasil menjadi supplier untuk pasar nasional dan internasional.

Baca juga: PT Showa Indonesia Manufacturing: Profil, Produksi dan Loker

Selain perusahaan-perusahaan otomotif yang menjadi pelanggan utama, industri permesinan dan pengolahan logam juga banyak menggunakan komponen dan suku cadang dari PT. Asmo Indonesia (yang kini menjadi PT. Denso Manufacturing Indonesia). Di antara pelanggan utama adalah PT. Krakatau Steel Indonesia yang merupakan BUMN andalan di bidang pengolahan besi dan baja.

Perusahaan menjadikan sumber daya manusia sebagai kunci utama dalam mewujudkan visinya. Melalui misi mewujudkan budaya kerja yang disiplin agar dapat mengatasi tekanan serta bersaing di industri yang kompetitif ini, perusahaan mampu meraih ISO 9002 untuk sistem manajemen kualitas dan ISO 14001 untuk sistem manajemen lingkungan.

Produksi

Barang hasil produksi PT. Asmo Indonesia (atau PT. Denso Manufacturing Indonesia) kebanyakan merupakan komponen industri otomotif yang menggunakan motor listrik searah. Contohnya adalah: Power Window, Power Seat Motor, Electric Power Steering. Radiator Cooling, Washer Tank, Hose Assy, Blower Motor, Rear Wiper Motor Throttle Motor, dan Servo Motor.

Baca juga: PT. Tokai Rika Safety Indonesia (PT TRSI): Profil, Produksi dan Loker

Kualitas mutu hasil produksi dipastikan bernilai tinggi dengan lolos sertifikasi ISO TS 16949 tentang kualitas manajemen sistem khusus industri otomotif sejak tahun 2005.

Pelanggan utamanya merupakan perusahaan-perusahaan terkemuka di bidang otomotif seperti Daihatsu, Toyota, Yamaha, dan Honda.

Total penjualan perusahaan mencapai USD 325 juta dengan USD 115 juta merupakan penjualan domestik dan USD 210 juta merupakan penjualan internasional.

Kasus

Pada 2019 lalu, perusahaan pernah mengalami sengketa dengan forum serikat pekerja dimana terjadi PHK sepihak terhadap Ketua PUK SPAMK FSPMI. Tepatnya, beberapa bulan sebelum diakuisisi oleh Denso Group.

Baca juga: PT TIRTA ALAM SEGAR: Profil, Produksi dan Loker

Perusahaan terindikasi melakukan union busting dengan kasus berlarut-larut mencapai 8 bulan.

Pada 28 Juni 2019, pimpinan PT. Asmo Indonesia mengumumkan  bahwa secara resmi mulai 1 Agustus 2019, PT. Asmo Indonesia berubah nama menjadi PT. Denso Manufacturing Indonesia. Dan kelanjutan kasus tersebut pun tidak terdengar lagi beritanya.

Alamat

Jalan Irian I Blok Ee No.3, RT.2/RW.7, Danau Indah, Kec. Cikarang Bar., Bekasi, Jawa Barat 17530

asmo produksi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.