Makan Buah Manggis Bisa Obati Radang Sampai Kanker

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Manggis adalah buah yang banyak ditemukan di Indonesia. Kandungan buah ini boleh diadu dengan buah lain dalam menangani berbagai penyakit. Salah satu kandungan manggis adalah xanthone yang menjadi antioksidan kuat. Zat ini terdapat di daging buahnya. Namun, daging kulitnya yang berwarna ungu lebih banyak kandungan antioksidan ini.

Dikutip dari Livestrong, berikut tiga manfaat dari buah manggis:

  1. Mengurangi peradangan yang ada di dalam tubuh. Peradangan atau inflamasi adalah reaksi alami dari tubuh ketika harus menghadapi berbagai benda asing yang diperkirakan membahayakan. Misalnya pada orang obesitas, dimungkinkan mengalami inflamasi sistemik yang memicu terjadinya diabetes dan penyakit jantung. Sebuah studi yang dimuat Journal Nutrition menyebutkan, minum us manggis dua kali sehati menunjukkan  secara signifikan penurunan inflamasi melalui aliran darah. Ketika diterapkan dengan jus lain ternyata tidak menimbulkan reaksi seperti jus manggis. Namun, peneliti mengatakan perlu studi lanjutan untuk melihat apakah jus manggis memiliki efek samping bagi peminumnya.
  2. Mengatasi penyakit gusi. Sebuah studi yang bertajuk “Complementary Therapies Medicine”  menyebutkan bahwa manggis dapat dipakai untuk mengobati penyakit  gusi yang sering disebut dengan periodontitis. Dalam studi ini dilibatkan dua kelompok berbeda untuk mengobati sakit gusi yang mereka alami. Satu kelompok diberikan pengobatan standar, sedangkan lainnya diberikan gel buah manggis dan pengobatan standar. Hasilnya, kelompok yang mendapatkan tambahan pengobatan dengan gel buah manggis mengalami perubahan yang lebih baik dalam kesembuhan.
  3. Memiliki fungsi antioksidan yang sangat baik. Antioksidan pada manggis, yaitu xanthone, memapu menghadang radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Artinya, berbagai efek samping radikal bebas bisa dicegah. Reaksi radikal bebas dapat memicu tumor, kanker, penuaan, mutasi sel, dan sebagainya. Manggis memiliki antioksidan yang cukup banyak jumlahnya. Menurut National Cancer Institute, antioksidan ini mampu menekan perkembangan kanker. Dan, jus manggis adalah obat yang untuk banyak penyakit.

***
Foto kredit: riceplex.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.