Investasi Emas: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Memulainya

Posted on

emas

Investasi emas adalah langkah tepat untuk menyimpan aset berharga dengan aman dan menguntungkan. Seperti diketahui, emas adalah barang yang cenderung mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Menariknya lagi, instrumen harga emas terbilang jarang mengalami penurunan. Oleh karena itu, emas juga sering disebut sebagai barang investasi yang bersifat safe haven.

Jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, seperti saham, deposito, hingga cryptocurrency, nilai dividen dari berinvestasi emas memang tidak lebih besar. Namun, keuntungan utama dari investasi ini adalah likuiditasnya. Jadi, kapan pun Anda butuh uang, bukan hal sulit untuk mencairkan dana investasi yang dimiliki.

Selain keuntungan tadi, investasi ini juga dapat memberikan lebih banyak benefit untuk investornya. Adapun beberapa keuntungan tersebut dapat diketahui di ulasan berikut ini. Selain keuntungan, ulasan ini juga akan membahas seputar pengertian dan cara memulai investasi barang emas. Jadi, pastikan Anda membacanya hingga tuntas jika ingin belajar berinvestasi emas.

Pengertian Investasi Emas

Secara umum, investasi emas berarti menanam aset yang dimiliki dalam bentuk emas dengan tujuan mendapatkan sejumlah nilai untung. Namun, perlu diketahui bahwa nilai keuntungan dari investasi ini bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan jenis lainnya. Entah itu investasi properti, menanam modal, entah yang lainnya.

Pada jenis investasi ini, peluang untung juga dapat dikatakan sebanding dengan jumlah aset yang ditanam. Hal ini serupa dengan kegiatan berbisnis. Yang mana, modal lebih besar biasanya berpeluang memberikan nilai keuntungan yang sama besarnya. Sementara itu, nilai untung akan terasa kecil jika investasinya dilakukan dengan jumlah sedikit.

Mengingat adanya kondisi ini, pemula yang menginginkan untung besar mungkin akan berpikir dua kali sebelum memutuskan berinvestasi dalam barang emas. Jika Anda juga berpikir demikian, perlu diketahui bahwa investasi jenis ini termasuk long term investment. Jadi, kegiatan menanam modalnya tidak harus dilakukan satu kali sekaligus, tetapi bisa berturut-turut, misalnya setiap bulan.

Dengan demikian, nilai untungnya dapat ditentukan di masa depan. Untuk diketahui, saat ini terdapat cukup banyak jenis investasi dalam bentuk emas. Mulai dari logam, emas digital, hingga perhiasan. Selain itu, ada juga tabungan emas, sertifikat emas, hingga investasi koin emas. Dari banyaknya jenis investasi ini, rata-rata dapat memberikan keuntungan yang sama untuk investornya.

Keuntungan Investasi Emas

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, keuntungan utama dari investasi dalam bentuk emas adalah maksimalnya tingkat keamanan aset. Dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir modal yang ditanam akan mengalami capital loss sebab instrumen harga yang naik secara signifikan. Adapun keuntungan lain dari kegiatan ini, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Tingkat Likuiditas Sangat Tinggi

Salah satu alasan orang-orang memutuskan berinvestasi adalah menyimpan dana yang dimiliki agar tidak dipakai untuk hal-hal tak penting. Dalam arti lebih kontras, investasi tak jarang dilakukan sebagai langkah aman dalam menyimpan dana untuk kebutuhan darurat di kemudian hari. Jika Anda berniat demikian saat mulai investasi, aset emas jadi opsi paling tepat untuk dimiliki.

Pasalnya, aset ini memiliki tingkat likuiditas yang tinggi sehingga dapat dengan mudah dicairkan apabila Anda butuh dana darurat. Seperti diketahui, emas adalah barang yang bakal selalu dibutuhkan manusia. Hal ini dikarenakan, beberapa emas dijual dalam bentuk perhiasan sehingga kerap dicari oleh masyarakat untuk dijadikan aksesoris sehari-hari.

2. Harga Stabil Secara Nasional maupun Internasional

Keuntungan kedua dari investasi emas adalah harganya yang cenderung stabil di mana pun. Sebagai informasi, saat ini tersedia beberapa jenis emas di pasaran. Mulai dari emas murni hingga emas campuran dengan kadar bervariasi. Meski demikian, hal menarik dari semua jenis emas ini adalah harganya yang kerap serentak sama.

Jadi, di mana pun Anda membelinya, selama bukti harga emas tersebut ada, nilai jualnya dipastikan valuable. Bahkan meskipun Anda menjualnya ke pihak yang bukan merupakan penjual. Terlebih untuk jenis-jenis emas yang dikeluarkan oleh perusahaan multinasional. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir adanya risiko rugi.

3. Tanpa Bunga dan Tidak Perlu Biaya Maintenance

Dalam investasi emas, para investor tidak dikenakan bunga sedikit pun. Oleh karena itu, ketika Anda menjual kembali barang ini, harganya dipastikan tidak berkurang dari nilai beli. Sebaliknya, Anda bisa mendapatkan sejumlah nilai untung jika emas mengalami kenaikan. Bagusnya lagi, emas ini tidak memerlukan biaya maintenance sebab perawatannya tidak sulit.

4. Potongan Rendah dan Merata

Jika Anda menjual kembali emas yang dimiliki, umumnya terdapat potongan yang akan dikenakan dengan nilai 10 persen per gram dari harga beli. Aturan ini berlaku di semua toko yang menjual emas perhiasan maupun logam. Meski begitu, nilai potongan ini bisa dikatakan cukup rendah jika dibandingkan dengan peluang risiko pada investasi jenis lainnya.

5. Cara Memulai Sangat Mudah

Keuntungan selanjutnya dari investasi dalam bentuk barang emas adalah kemudahan pada cara memulainya. Sebagai informasi, investasi emas bisa dimulai dengan modal rendah sekalipun. Selain itu, lokasi untuk menanam modal dalam bentuk investasi ini tersebar di berbagai wilayah sehingga tidak akan sulit bagi Anda untuk menemukannya.

Cara Memulai Investasi Emas untuk Pemula

Jika Anda tertarik dengan kegiatan investasi jenis ini, tetapi bingung memulainya dari mana, pastikan untuk membaca tips dari berbagai sumber. Dari sini, ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan agar investasimu terjamin aman dan menguntungkan. Selengkapnya mengenai cara memulai investasi emas yang bisa dilakukan, khususnya oleh pemula, simak di bawah ini, ya.

1. Buat Tujuan Berinvestasi

Untuk memulai investasi apa pun, hal penting yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat tujuan. Hal ini dikarenakan, emas adalah bentuk dari investasi jangka panjang. Jadi, jika tujuannya adalah mendapatkan keuntungan, diperlukan minimal 10 tahun untuk itu. Selain untuk itu, emas juga bisa dijadikan sebagai barang simpanan untuk kebutuhan di masa depan, seperti dana pendidikan.

2. Rajin Pantau Instrumen Harga Emas

Langkah kedua untuk memulai investasi barang emas adalah rajin memantau instrumen harga. Untuk diketahui, langkah ini sebetulnya penting sebelum memulai investasi apa pun. Pasalnya, Anda harus pintar memilih waktu yang tepat untuk masuk ke bidang investasi ini. Dengan memilih saat yang pas, misalnya ketika harga emas turun, peluang untung nantinya dipastikan lebih besar.

3. Tentukan Jenis Emas untuk Investasi

Mengingat banyaknya jenis emas investasi maka jauh-jauh hari sebelum memulai langkah ini, pastikan untuk menentukan mana yang akan dipilih dulu. Selain menyoal jenis, Anda juga perlu memilih berapa kadar emas yang akan dibeli. Apakah 24 karat, 18 karat, atau yang lainnya. Makin tinggi kadar emas investasi maka dipastikan harganya lebih stabil dan bakal menguntungkan.

4. Pilih Tempat Beli Emas yang Kredibel

Investasi emas akan dipastikan aman jika Anda memulainya di tempat yang kredibel. Anda pun tentu tahu bahwa saat ini, ada banyak tempat yang melayani pembelian emas. Namun, di antaranya bisa jadi tidak kredibel sehingga berisiko membuat Anda rugi. Guna menghindari itu, pilihlah toko emas yang sudah terpercaya. Jika dilakukan di toko online, pilih tempat bersertifikasi OJK.

5. Simpan di Tempat yang Aman

Cara terakhir agar langkah investasi yang Anda lakukan terjamin aman, pastikan menyiapkan tempat tepat untuk menyimpannya. Misalnya, di laci lemari yang dilengkapi kunci, box khusus perhiasan, hingga safety box atau brankas. Selain tempat-tempat tadi, Anda juga bisa memilih menyimpan emas di perusahaan yang menyediakan layanan penyimpanan emas aman. Seperti bank hingga pegadaian.

Kesimpulan

Dari informasi yang dipaparkan di atas, bisa disimpulkan bahwa investasi jenis ini memiliki keuntungan utama dalam hal keamanan. Kemudian, tingkat likuiditas barang juga jadi salah satu poin menguntungkan dari jenis investasi ini. Dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, dua poin utama tadi lebih terasa eksistensinya dalam investasi barang emas.

Meski demikian, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar investasi emas aman dilakukan. Adapun hal yang dimaksud ini rata-rata terdapat pada bagaimana cara Anda memulai langkah untuk berinvestasi emas. Jika diawali dengan langkah tepat, serta dibarengi konsistensi dalam menanam dana berikutnya, dipastikan investasi ini aman dilakukan dan menguntungkan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.