The Greatest Showman (2017)

Diposting pada

The Greatest Showman adalah film drama musikal biografi Amerika yang akan dirilis pada 25 Desember 2017. Film ini disutradarai oleh Michael Gracey dan ini merupakan film pertama yang disutradarainya. Naskah cerita ditulis oleh Jenny Bicks dan Bill Condon. Bicks adalah penulis naskah untuk serial HBO berjudul Sex and the City dan juga creator dan penulis untuk serial ABC, Men in Trees.

Aktor Hugh Jackman telah menghabiskan sebagian besar karirnya dikenal sebagai Wolverine. Namun sebelum itu, ia adalah seorang pemain drama di panggung musikal. Setelah perannya sebagai superhero selesai, Jackman kembali ke dunia musikal. Jackman akan beradu akting dengan Zac Efron yang memerankan Philip Carlyle, Michelle Williams yang memerankan Charity Barnum, Rebecca Ferguson yang memerankan Jenny Lind, dan Zendaya yang memerankan Anne Wheeler. Efron sebelumnya dikenal sebagai pemeran utama dalam 3 film High School Musical (2006-2008), film musikal Hairspray (2007), dan terakhir ia bermain dalam Baywatch (2017). Sedangkan Williams dikenal berkat perannya dalam serial Dawson’s Creek (1998-2003), film Shutter Island (2010) dan beberapa film lainnya. Ferguson sendiri terakhir bermain dalam film The Girl on The Train (2016) dan Life (2017) dan Zendaya bermain dalam film Spider-Man: Homecoming (2017).

Sinopsis The Greatest Showman

The Greatest Showman adalah film drama musikal Amerika yang terinspirasi dari kisah pembuatan Sirkus Barnum & Bailey. Selain menceritakan pendirinya yaitu Phineas Taylor Barnum, film ini juga menceritakan kehidupan para pemain sirkusnya. Kisah diawali ketika Barnum dan ayahnya seorang penjahit bernama Philo bekerja untuk keluarga Hallett. Lama-kelamaan Barnum tertarik dengan anak perempuan dalam keluarga itu yang bernama Charity. Meskipun Charity dikirim ke sekolah khusus untuk perempuan, tetapi Barnum meyakinkan bahwa mereka tidak akan bisa dipisahkan.

Keduanya tetap menjaga komunikasi dengan cara bertukar surat sampai akhirnya keduanya sama-sama telah dewasa dan kembali bertemu. Kemudian mereka pun menikah dan membesarkan dua anak perempuan mereka di kota New York. Keluarga tersebut hidup dengan sederhana, meskipun Charity sudah bahagia dengan keadaan tersebut namun Barnum masih mempunyai cita-cita lain.

Barnum kehilangan pekerjaannya sebagai pegawai perusahaan pengiriman karena perusahaan tersebut telah bangkrut. Dia memutuskan untuk mengambil resiko besar dengan meminjam uang dalam jumlah banyak di bank. Dia juga menipu pihak bank dengan menjadikan kapal milik rekan kerjanya sebagai jaminan di bank. Dia menggunakan pinjaman tersebut untuk membeli museum di pusat kota Manhattan, sebuah tempat atraksi yang memamerkan berbagai model patung lilin. Pada awalnya penjualan tiketnya sangat lambat, hingga anaknya menyarankan untuk menampilkan sesuatu yang hidup. Barnum pun mencari orang-orang unik untuk tampil di museumnya, dan ternyata hal ini berhasil menarik pengunjung dalam jumlah besar, meskipun ada segelintir kritik dan protes dari sekitar. Barnum mengubah nama usahanya tersebut menjadi Sirkus Barnum.

Barnum mencari cara untuk meningkatkan reputasinya di kalangan atas. Dia bertemu dengan dramawan bernama Phillip Carlyle dan berhasil mengajaknya untuk ikut tampil di sirkusnya. Carlyle terpesona dengan pemain trapeze wanita bernama Anne Wheeler, tetapi lelaki itu tidak berani mengutarakan perasaannya. Carlyle menyiapkan perjalanan Barnum dan rombongannya untuk menemui Ratu Victoria, kemudian Barnum bertemu dengan penyanyi terkenal Swedia bernama Jenny Lind. Barnum meyakinkan Jenny untuk tampil di Amerika dengan dia sebagai manajernya. Penampilan pertama Jenny di Amerika ternyata menuai kesuksesan besar hingga Barnum mendapat dukungan dari pihak bangsawan. Barnum mulai menjauh dari rombongan awalnya dan menolak bersosialisasi dengan mereka. Rombongannya merasa kecewa sampai akhirnya mereka pun memutuskan untuk berdiri sendiri dan melawan para tukang protes sendiri.

Pada suatu malam, Carlyle dan Anne menonton teater bersama dan bertemu dengan orang tua Carlyle. Namun orangtua Carlyle malah merendahkan Anne dan membuatnya pergi. Carlyle mengejarnya dan mencoba meyakinkan bahwa mereka bisa tetap bersama, tetapi Anne menolaknya meskipun dia juga memiliki perasaan yang sama kepada Carlyle. Di lain sisi, saat Barnum melakukan tur Amerika dengan Jenny, ternyata istrinya Charity mulai merasa terabaikan bersama dengan anak-anaknya di rumah.

Selama tur berjalan, rupanya Jenny mulai jatuh cinta kepada Barnum tetapi tentu saja lelaki itu menolaknya karena sudah mempunyai istri. Jenny pun memutuskan untuk membatalkan turnya dan mencium Barnum di akhir pertunjukannya, yang tentu saja segera diabadikan oleh para awak media. Saat Barnum pulang, dia menemukan tempat sirkusnya telah dilalap api yang disebabkan oleh perkelahian antara para tukang protes dan rombongan awalnya.

Carlyle yang mencoba menyelamatkan Anne malah menderita luka bakar parah, dia tidak tahu jika ternyata Anne sudah berhasil lolos sebelumnya. Untungnya Barnum berhasil menyelamatkannya di tengah kekacauan itu. Namun sebagian besar perlengkapan dan peralatan mereka rusak. Sayangnya kesialan Barnum tidak hanya sampai situ saja. Berita pembatalan tur dari Jenny akhirnya sampai juga di kota New York, ditambah dengan kasus keintiman yang dilakukan Jenny dan Barnum di depan umum malah semakin membuat Barnum terpojok. Akibatnya tidak hanya kehilangan tempat usaha, Barnum juga kehilangan mansion miliknya yang telah diambil alih oleh pihak lain, bahkan istrinya Charity juga merasa kecewa padanya dan memutuskan untuk membawa kedua anaknya pulang ke rumah orangtuanya.

Lantas bagaimanakah kelanjutan kisah Barnum? Apakah dia berhasil memulihkan usahanya? Apakah dia berhasil berbaikan dengan rombongan awalnya dan keluargnya? Ataukah dia justru merasa depresi dan menyerah dengan keadaan? Saksikan sendiri kelanjutannya dalam film The Greatest Showman yang berhasil meraih banyak penghargaan ini.

Trailer film The Greatest Showman

Poster dan detail Greatest Showman

sinopsis the greates showmanSutradara: Michael Gracey
Produser: Laurence Mark, Peter Chernin, Jenno Topping
Penulis naskah: Jenny Bicks, Bill Condon
Penulis cerita: Jenny Bicks
Pemain: Hugh Jackman, Zac Efron, Michelle Williams, Rebecca Ferguson, Zendaya
Penata musik: John Debney, Joseph Trapanese
Sinematografer: Seamus McGarvey
Rumah produksi: Chernin Entertainment, Seed Productions, Laurence Mark Productions, TSG Entertainment
Distributor: 20th Century Fox
Tanggal rilis: 8 Desember 2017 (RMS Queen Mary 2), 20 Desember 2017 (Amerika Serikat)
Durasi film: 105 menit

Artikel Terkait