Geostorm (2017)

Diposting pada

Sinopsis Geostorm – Geostorm adalah sebuah film Amerika yang bergenre fiksi ilmiah lingkungan bencana yang disutradarai oleh Dean Devlin. Film ini merupakan sebuat prodduk debut bagi Dean Devlin. Film Geostorm dibintangi oleh Gerard Butler yang berperan sebagai Jacob Jake Lawson, Jim Sturgess yang berperan sebagai Max Lawson, Abbie Cornish yang berperan sebagai Agen Sarah Wilson, Alexandra Maria Lara yang berperan sebagai Ute Fassbinder dan masih banyak lagi aktor dan aktris yang ikut bermain peran dalam film ini. Film ini diperkirakan akan rilis pada tanggal 20 Oktober 2017 (US).

Pra-produksi dimulai pada tanggal 7 Juli 2014 lalu. Dean Devlin mengarahkan film action fiksi ilmiah untuk Warner Bros dengan Gerard Butler sebagai pemimpin. Pengambilan gambar utama film ini dimulai pada tanggal 20 Oktober 2014, di New Orleans, Louisiana dan berlangsung hingga 10 Februari 2015. Pembuatan film dimulai di Loyola Avenue pada hari pertama. Beberapa adegan NASA difilmkan di fasilitas NASA di New Orleans pada bulan November 2014 dan Januari 2015. Reshoots dilakukan di Louisiana pada awal Desember 2016 dibawah produser baru yakni Jerry Bruckheimer, penulis Laeta Kalogridis dan sutradara Danny Cannon.

Seperti apa sih cerita film Geostomr, langsung saja simak sinopsis Geostorm berikut ini:

Sinopsis Geostorm

Film ini menceritakan tentang seorang pria sebagai perancang satelit yang mencoba menyelamatkan dunia dari badai proporsi epik yang disebabkan oleh satelit pengendali iklim yang tidak berfungsi. Film ini berawal pada saat pria tersebut mengetahui ada yang tidak beres dengan satelit yang ada di luar angkasa, dan mengharuskan ia terbang ke sana untuk memperbaiki kesalahan pada satelit itu. Kerusakan satelit luar angkasa tersebut bukan suatu kesalahan yang tidak disengaja, melainkan sebuah kesalahan yang sengaja dibuat oleh seseorang untuk menghancurkan bumi. Mereka mengubah pengaturan cuaca di bumi dan mendatangkan badai yang sangat dahsyat. Pemerintah seluruh dunia bersatu untuk menciptakan sebuah program yang dinamai The Dutch Boy, yaitu sebuah jaringan satelit dari seluruh dunia yang mengelilingi bumi.

Program tersebut dipersenjatai dengan teknologi geo-engineering yang dirancang khusus untuk mencegah bencana alam. Desainer satelit terus bekerja keras dan dibantu oleh rekan-rekannya untuk memperbaiki satelit yang rusak tadi sebelum terjadi bencana besar. Bagaimanakah kisah selanjutnya? Berhasilkah sang perancang satelit untuk memperbaiki satelitnya? Sinopsis Geostorm tak bisa menjawabnya, saksikan kisah selanjutnya dalam film Geostorm.

Poster film Geostorm

sinopsis geostorm

Informasi film Geostorm

Sutradara:
Dean Devlin

Produser:
David Ellison
Dean Devlin
Dana Goldberg

Ditulis oleh:
Dean Devlin
Paul Guyot

Pemain:
Gerard Butler, Jim Sturgess, Abbie Cornish, Alexandra Maria Lara, Richard Schiff, Robert Sheehan, Daniel Wu, Eugenio Derbez, Ed Harris, Andy García

Penata musik:
Lorne Balfe

Sinematografer:
Roberto Schaefer

Editor:
Ron Rosen
Chris Lebenzon
John Refoua

Perusahaan produksi:
Warner Bros. Pictures
Skydance Media
Electric Entertainment

Distributor:
 Warner Bros. Pictures

Tanggal rilis:
20 Oktober 2017 (Amerika Serikat)

Durasi film:
109 menit

Negara asal:
Amerika Serikat

Bahasa:
Inggris

Karakter dalam film Geostorm

  • Gerard Butler sebagai Jacob “Jake” Lawson, ayah dari Hannah
  • Jim Sturgess sebagai Max Lawson, adiknya Jake atau pamannya Hannah
  • Abbie Cornish sebagai agen Sarah Wilson, wanita yang disukai oleh Max
  • Alexandra Maria Lara sebagai Ute Fassbinder, pimpinan stasiun luar angkasa, wanita yang disukai Jake
  • Ed Harris sebagai Sekretaris Negara, Leonard Dekkom
  • Andy García sebagai Presiden AS Andrew Palma
  • Richard Schiff
  • Robert Sheehan sebagai Duncan, anggota kru stasiun luar angkasa
  • Daniel Wu sebagai Cheng, pengawas yang bekerja untuk program The Boy Belanda yang berbasis di Hong Kong.
  • Eugenio Derbez sebagai Hernandez, anggota kru stasiun luar angkasa
  • Zazie Beetz
  • Adepero Oduye sebagai Adisa
  • Amr Waked sebagai Dussette

Trailer film Geostorm

Halaman selanjutnya mengandung spoiler

Plot lengkap film Gestorm

Di tahun 2019, setelah terjadi berbagai bencana alam yang mengerikan di dunia, 18 negara bekerjasama dan membangun sebuah sistem pertahanan yang diberi nama “Dutch Boy”, yaitu serangkaian satelit pengontrol iklim yang mengelilingi bumi dan berpusat di stasiun luar angkasa internasional. Jake Lawson adalah arsiteknya, yang memimpin para kru dari berbagai negara di sana, sampai seorang anggota komite mendengar dimana dia ditugaskan untuk Dutch Boy dan menyerang senator Virginia secara verbal, senator bernama Thomas Cross itu merupakan kepala dari komite, Cross menyindir sikapnya yaitu saat dia memukul inspektur federal yang dikirim oleh komite untuk mencegahnya menyentuh sirkuit pendek dari sistem elektrik. Lawson akhirnya digantikan oleh saudaranya yang bernama Max Lawson karena dianggap lebih tenang.

Tiga tahun kemudian, tim lapangan dari Persatuan Bangsa berkunjung ke Afghanistan dan bertemu pemandangan yang mengerikan, seluruh desa membeku termasuk penduduknya. Presiden Amerika Serikat Andrew Palma mengadakan pertemuan darurat dengan kabinetnya, termasuk Max yang kini bekerja untuk Departemen Luar Negeri di bawah Sekretaris Leonard Dekkom. Pertemuan itu menduga adanya kerusakan pada satelit yang menyebabkan cuaca di Afghanistan membeku. Presiden Palma ingin menutupi kejadian ini untuk mencegah keterlibatan negara lain dalam proyek ini yang bisa memicu keributan, karena Amerika Serikat diminta menyerahkan kekuasaan atas stasiun luar angkasa ke komunitas internasional dalam waktu dua minggu.

Max tidak terima dan mengingatkan Palma bahwa mereka harus bertanggung jawab dan memperbaiki permasalahan tersebut. Presiden akhirnya setuju mengirim seseorang ke stasiun, meski agak keberatan namun Max memilih Jake atas saran dari Dekkom.

Max menemui Jake di rumahnya di pantai Cocoa, Florida, dimana dia tinggal dalam tiga tahun belakangan, terkadang ditemani anaknya Hannah yang berada dalam asuhan mantan istrinya. Max membujuk Jake untuk kembali bekerja. Meski awalnya tidak merespon bujukan saudaranya itu, namun akhirnya Jake setuju setelah disinggung mengenai gairah kerja. Sementara itu, peningkatan suhu yang ekstrim di Hong Kong mengakibatkan kebocoran gas besar-besaran, sampai mengancurkan sebagian kota dan hampir membunuh Cheng, teman kuliah Max sekaligus kepala biro program Dutch Boy di Hong Kong.

Saat mendarat di ICSS, Jake dikenalkan kepada Ute Fassbinder, komandan di stasiun luar angkasa itu, beserta krunya Duncan, Hernandez, Adisa dan Dussette. Saat para kru hendak menyelidiki salah satu satelit yang rusak, tiba-tiba mesin penahan satelitnya rusak sehingga menyebabkan satelitnya rusak parah dan kehilangan semua datanya. Cheng menghubungi Max yang mengabarinya bahwa dia tidak bisa mengakses satelit dari Hong Kong, dia juga menginformasikan jika kerusakan terus berlanjut maka dunia akan mengalami Geostorm, yaitu reaksi berantai dari bencana besar di seluruh dunia yang akan mengakibatkan jutaan orang meninggal. Max yang bertanggung jawab atas Dutch Boy juga tidak bisa mengakses satelit. Dia meminta bantuan dari temannya, seorang peretas yang menemukan bahwa hak akses Max terblokir. Pada saat listrik padam, kantor Cheng diserbu tentara bersenjata. Cheng berhasil bersembunyi dan kabur untuk menemui Max.

Dalam upaya lain untuk menemukan penyebab kerusakan, Jake dan Ute terbang ke luar ICSS untuk mengambil flash drive yang terlontar ke luar angkasa, kemudian terjadi kecelakaan aneh yang membunuh anggota ICSS. Lalu pakaian Jake mengalami kerusakan yang menyebabkan pendorongnya kehilangan kendali dan hampir membuatnya keluar dari ICSS. Setelah diselamatkan, Jake berkata pada Ute bahwa dia mendapatkan flash drive-nya tetapi merahasiakan dari para kru karena mengira ada mata-mata diantara mereka. Jake dan Ute berusaha mencari sumber masalahnya, tetapi dihalangi oleh seseorang yang diduga oleh Jake adalah mata-mata dari Gedung Putih. Jake memberitahu kepada Max perihal pesan yang dienkripsi, sementara Cheng yang bertemu dengan Max terbunuh karena didorong seseorang sampai ditabrak mobil dan terbunuh seketika. Untungnya Cheng telah menceritakan kepada Max tentang Zeus, yaitu sebuah program simulasi yang menyimpulkan skenario apa yang mungkin terjadi di tiap negara jika satelit Dutch Boy rusak.

Dengan bantuan Dussette, Jake dan Ute menemukan data yang disimpan anggota ICSS dalam sebuah loker dan menemukan bahwa keseluruhan sistem telah terinfeksi virus. Jake yakin bahwa presiden adalah dalang serangan ini dan menggunakan Dutch Boy sebagai senjata. Dia menghubungi Max untuk memulihkan Dutch Boy, dia perlu melakukan reboot sistem secara keseluruhan tetapi membutuhkan kode yang dimiliki oleh presiden. Max bertanya kepada Sarah, tunangannya sekaligus agen rahasia yang membantunya untuk mendapatkan kode tersebut.

Selama kampanye presiden di Colorado, Max menunjukkan niatnya kepada Dekkom dan dia setuju untuk membantu. Max berhasil meloloskan diri dari Dekkom yang ternyata berusaha membunuhnya dan merupakan dalang di balik kerusakan Dutch Boy. Max bercerita kepada Sarah dan mereka memutuskan untuk menculik presiden Palma. Mereka berhasil menyelamatkan presiden dan kabur dari stadion sebelum badai datang meledakkan stadion. Mereka dikejar oleh pasukan Dekkom tetapi Sarah mengalahkan mereka dan melihat salah satunya mati tersambar petir. Dekkom mencoba melacak mobil mereka dan meledakkannya, tetapi Max mengakali mereka dan menangkap Dekkom. Ternyata rencana Dekkom adalah memusnahkan semua kandidat presiden dan semua musuh Amerika dengan kedok bencana alam yang aneh. Sementara itu virus telah menyebar ke seluruh ICSS dan mengaktifkan mekanisme penghancuran diri. Itu adalah mekanisme pertahanan yang dibuat Jake untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan. Jake menyadari bahwa Duncan adalah mata-mata sekaligus yang memicu mekanisme tersebut. Dia pun menghadapinya dan berhasil membunuhnya berkat pecahnya kaca dalam ruangan.

Ketika para kru mengungsi, Jaka tetap tinggal untuk memastikan proses reboot berjalan lancar. Max dan Sarah berhasil mengawal presiden ke fasilitas NASA terdekat, karena meskipun Geostorm bisa dihentikan tetapi tidak menghentikan kerusakan ISCC. Ute juga tetap tinggal untuk membantu Jake dan mereka berhasil melakukan reboot sistem sehingga sukses mencegah Geostorm. Mereka berlindung di satelit yang terlampir dan lolos dari ledakan ISCC. Hernandez dan kru lainnya juga mendarat dengan selamat di bumi. Jake dan Max akhirnya memulihkan hubungan mereka dan disambut oleh presiden Palma.

6 bulan kemudian, Jake berhasil mendapatkan pekerjaannya kembali sebagai insinyur di Dutch Boy, yang kini telah dipegang oleh komite internasional. Film berakhir dengan narasi dari Hannah yang menyatakan bahwa tidak ada yang bisa merubah masa lalu, tetapi kita bisa menyongsong masa depan. Bersamaan dengan itu sebuah roket meluncur di kejauhan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.