Cara Menggunakan Ipl Hair Removal di Rumah 100% Berhasil

Diposting pada

Ipl Hair Removal

Wanita memang selalu identik dengan penampilan yang cantik. Ada banyak cara yang ditempuh oleh para wanita untuk tampil percaya diri. Selain membeli produk skin care dan make up, ada pula yang rele merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan perawatan kecantikan. Berbicara tentang perawatan kecantikan, salah satu jenis perawatan yang kini tengah digandrungi oleh para wanita adalah IPL. Lantas, apa sebenarnya IPL itu?

Mengenal IPL

Banyak orang merasa kurang percaya diri dengan adanya bulu-bulu halus pada beberapa area tubuh, misalnya ketiak, tangan, kaki, hingga tangan. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu-bulu halus tersebut, seperti waxing dan mencukur. Namun, cara tersebut dianggap kurang efektif, karena hanya menghilangkan bulu sementara dan akan tumbuh lagi seiring berjalannya waktu. Menanggapi keresahan tersebut, kini hadir teknik perawatan kecantikan terbaru untuk menghilangkan bulu yang disebut dengan IPL.

Para beauty enthusiast tentu sudah tidak asing dengan teknik IPL atau intensed pulse light. IPL adalah teknik perawatan kecantikan yang bertujuan untuk menghilangkan bulu-bulu halus pada tubuh. Perawatan kecantikan ini menggunakan spektrum cahaya berintensitas tinggi yang akan menembus kulit dan merusak folikel rambut untuk menghambat pertumbuhannya. Sering disamakan dengan laser, perlu dipahami bahwa keduanya adalah perawatan yang berbeda. IPL memanfaatkan cahaya lampu xenon dengan frekuensi gelombang yang disesuaikan kondisi kulit.

Kegunaan Perawatan Kecantikan IPL

Bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan bulu-bulu halus pada tubuh, rupanya IPL bisa digunakan untuk terapi kecantikan lain. Bagi yang berniat menghilangkan kerutan dan garis halus pada wajah, IPL adalah salah satu terapi yang direkomendasikan. Selain menghilangkan kerutan, terapi ini juga bermanfaat dalam meremajakan kulit. Cahaya yang dipancarkan pada teknik IPL rupanya mampu merangsang produksi kolagen yang membuat kulit lebih kencang dan tanda-tanda penuaan tersamarkan.

Masalah kulit lain yang bisa diatasi dengan terapi IPL adalah jerawat. Pada terapi ini, cahaya yang dihasilkan oleh alat IPL akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, bercak kemerahan dan noda hita pada wajah juga dapat disamarkan menggunakan terapi ini.

Efektivitas IPL dalam Hair Removal

Memiliki banyak manfaat, lantas bagaimana efektivitas dalam menghilangkan bulu-bulu halus atau hair removal? Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, IPL dinilai memiliki efektivitas tinggi dalam hair removal. Dalam penelitian ini menyatakan bahwa IPL mampu menghambat pertumbuhan bulu dengan prosentase 70-90%.

Angka tersebut terbilang tinggi mengingat beberapa teknik menghilangkan bulu-bulu halus yang sering digunakan, seperti waxing atau mencukur hanya mampu menghilangkan bulu dalam beberapa waktu saja. Perawatan kecantikan IPL biasanya perlu dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tentu jumlah perawatan yang perlu dilakukan oleh setiap orang berbeda-beda, tergantung dengan permasalahan dan kondisi kulit masing-masing.

Fakta Terapi IPL

Tertarik menghilangkan bulu-bulu halus pada tubuh dengan terapi IPL? Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan kecantikan ini. Pertama, perawatan ini memakan waktu yang cukup lama. Berbeda dengan waxing dan mencukur yang memberikan hasil instan, IPL membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memastikan bulu-bulu halus pada area tubuh benar-benar lenyap.

Sebelum melakukan terapi IPL, dilakukan pula pra-perawatan yang biasanya memakan waktu 1-2 minggu. Ketika hendak melakukan terapi ini, disarankan untuk mengurangi paparan langsung sinar matahari pada tubuh serta tidak dianjurkan melakukan perawatan hair removal lain, termasuk waxing maupun mencukur.

Banyak yang memilih terapi IPL karena dianggap tidak menimbulkan rasa sakit dibandingkan waxing. Padahal, terapi ini tetap menimbulkan rasa sakit, meskipun hanya rasa sakit dan panas yang minim ketika proses pelenyapan bulu. Untuk meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan saat proses terapi, biasanya terapis akan mengaplikasikan krim khusus pada permukaan kulit.

Perlu diketahui bahwa kondisi kulit dan rambut atau bulu halus berpengaruh pada hasil dan frekuensi perawatan yang harus dilakukan. Terapi ini dinilai memberikan hasil yang baik pada pemilik kulit yang terang dengan rambut atau bulu halus berwarna gelap. Hal ini disebabkan cahaya IPL dinilai lebih mudah menembus pigmen kulit yang terang. Tak perlu khawatir, bulu-bulu halus tetap dapat dilenyapkan dengan beberapa kali perawatan untuk mengoptimalkan hasil.

Biaya Terapi IPL

Memerlukan beberapa sesi perawatan untuk mendapatkan kulit yang mulus bebas bulu, tentu diperlukan biaya yang tidak murah dalam melakukan terapi IPL. Biasanya, untuk mendapatkan hasil yang optimal memerlukan hingga 8 kali sesi perawatan. Tentu frekuensi ini juga tergantung dengan kondisi kulit masing-masing. Biaya perawatan kecantikan IPL beragam, tergantung dengan jumlah sesi dan klinik yang dipilih.

Biasanya, biaya satu kali sesi terapi ini berkisar Rp 200.000. Namun, ada pula klinik yang menawarka harga paket unlimited session hingga kulit benar-benar bebas bulu. Paket ini biasanya dibanderol dengan harga Rp 500.000 – Rp 800.000 saja.

Risiko dan Efek Samping Terapi IPL

Salah satu hal yang sering ditanyakan mengenai perawatan kecantikan IPL adalah keamanannya. Terapi IPL relatif aman dilakukan karena gelombang cahaya yang digunakan aman untuk semua jenis kulit. Seperti terapi lainnya, prosedur ini tetap memiliki risiko apabila tidak dilakukan dengan benar. Beberapa risiko maupun efek samping yang bisa saja terjadi, antara lain rasa sakit saat perawatan, warna kulit tidak merata, bengkak, perdarahan, luka, hingga infeksi. Namun tak perlu takut melakukan terapi ini, sebab risiko dan efek samping tersebut dinilai jarang terjadi.

Demikian informasi mengenai prosedur kecantikan IPL untuk menghilangkan bulu-bulu halus. Sebelum memutuskan untuk melakukannya, jangan lupa untuk mempersiapkan bujet agar dapat mengikuti sesi terapi secara penuh sesuai anjuran.

Review Berbagai Merek Home IPL yang Paling Dicari

Memiliki bulu-bulu halus di area tubuh tertentu seringkali membuat orang tidak percaya diri. Beberapa cara yang biasa dilakukan untuk menghilangkan rambut atau bulu-bulu halus, antara lain mencukur, waxing, hingga IPL. Perawatan kecantikan IPL menjadi salah satu cara baru yang dianggap paling efektif menghilangkan bulu-bulu halus secara permanen.

IPL atau intense pulse light biasanya memerlukan beberapa kali sesi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sayangnya, tidak semua orang memiliki banyak waktu luang untuk mengikuti sesi-sesi tersebut secara lengkap. Tak perlu khawatir, kini sudah hadir beragam produk IPL mandiri yang praktis digunakan di rumah.

Peralatan home IPL ini juga harganya lebih murah.

Beragam Produk IPL Paling Dicari

Tertarik melakukan IPL sendiri di rumah? Yuk, simak beragam rekomendasi IPL terbaik berikut!

1. Remington – iLight® Essential

Produk pertama yang direkomendasikan adalah Remington – iLight® Essential. Alat perontok rambut keluaran Remington ini memiliki desain yang compact dan mudah disimpan. Praktis dan mudah digunakan, alat ini cocok dijadikan pilihan bagi pengguna yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan. Produk ini dibanderol dengan harga USD 199.99 atau sekitar Rp 2,8 jutaan. Meski terbilang mahal, perontok rambut ini dapat menghilangkan rambut atau bulu-bulu halus secara permanen dengan pemakaian berulang.

2. Lescolton Ice Cold IPL Hair Removal Epilator

Lescolton Ice Cold IPL Hair Removal Epilator menjadi produk berikutnya yang patut dilirik. Alat epilator ini dirancang khusus dengan teknologi ice cold laser yang memberikan sensasi dingin setiap digunakan. Teknologi ini juga membuat menghilangkan bulu-bulu halus dan mengecilkan pori dengan kompres dingin yang dimiliki. Sehingga penggunanya dapat menghemat waktu karena tidak perlu melakukan aftercare. Epilator flash ini dijual dengan harga Rp 1.873.800.

3. Ezy Ezy Laser IPL Hair Removal Personal

Rekomendasi produk IPL berikutnya adalah Ezy Ezy Laser IPL Hair Removal Personal. Epilator laser ini memiliki sifat pin point yang terbilang masih langka di Indonesia. Kecanggihan catridge flash-nya membuat alat ini dapat menghilangkan bulu-bulu halus secara merata. Produk ini memiliki dua jenis epilator yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Untuk menghilangkan rambut halus pada area tertentu, catridge jenis laser bisa digunakan. Sedangkan catridge laser bisa digunakan untuk menghilangkan rambut halus pada area yang lebih luas dan merata. Produk dari Ezy Ezy ini bisa dibeli seharga Rp 5.156.000.

4. Dess IPL Dess Laser 3-IN-1 Hair Acne Removal Skin Rejuvenation

Takut merasa sakit saat menggunakan epilator? Dess IPL Dess Laser 3-IN-1 Hair Acne Removal Skin Rejuvenation mungkin bisa dijadikan pilihan. Produk ini memiliki skin sensor yang meminimalisir rasa sakit saat menggunakannya. Tak hanya menghilangkan bulu-bulu halus, produk ini juga dirancang khusus dengan fungsi acne removal dan rejuvenation yang mampu menyamarkan jerawat serta meremajakan kulit agar lebih percaya diri. Terjamin keamanannya, produk ini telah mengantongi sertifikasi FDA (Food and Drug Administration) dari Amerika. Epilator ini dibanderol seharga Rp 3.400.000.

5. Mini IPL Hair Removal Machine

Bagi pemilik kulit sensitif, Mini IPL Hair Removal Machine bisa menjadi solusi dalam menghilangkan bulu-bulu halus. Produk ini dirancang khusus, sehingga ramah pada kulit sensitif. Epilator flash ini memiliki catridge permanen dan dapat dioperasikan dengan baterai isi ulang. Selain nyaman, produk ini juga praktis digunakan dan mudah disimpan. Mini IPL Hair Removal Machine dibanderol dengan harga yang lebih ekonomis, yaitu Rp 959.000 saja.

Nah, dari beberapa produk di atas kira-kira manakah yang menarik untuk dibeli. Sebelum memutuskan untuk membelinya, pastikan terlebih dahulu bujet yang dimiliki agar dapat menentukan produk yang sesuai.

Cara Menggunakan IPL Hair Removal efektif

Setelah Anda mendapatkan peralatan IPL pilihan Anda, maka langkah selanjutnya adalah mengaplikasikannya di rumah. Biasanya, pembeli peralatan IPL akan mendapatkan sekotak yang berisi peralatan IPL, adaptor, kacamata dan gel untuk kulit.

Kadang-kadang ada bonus alat cukur yang disediakan, seringnya juga tidak. Jadi siapkan biaya untuk membeli sendiri pisau cukurnya yang biasanya berharga di atas Rp100 ribuan. Pilihlah alat cukup elektrik sehingga pisau tidak bersentuhan langsung dengan kulit untuk menghindari iritasi.

Pastikan juga IPL pilihan Anda adalah merek yang memiliki standar keamanan, bergaransi jika perlu, karena standar keamanan ini perlu untuk menjaga dari kejadian yang tidak diinginkan. Jangan membeli IPL yang harganya terlalu murah karena seringkali dibuat dengan asal-asalan saja tanpa standar.

Jika Anda sudah memiliki IPL keinginan Anda, seperti saya yang memilih Lescolton Ice Cold IPL Hair Removal Epilator, karena tertarik dengan sensasi dinginnya, beranilah untuk menggunakannya. Awalnya memang serasa tidak nyaman, bahkan ada rasa takut terbakar atau mengalami kecelakaan. Inilah mengapa Anda butuh peralatan IPL yang terpercaya, sekalipun mungkin lebih mahal.

Anda juga dapat mengikuti tips di bawah ini agar penggunaan IPL rumahan Anda sukses untuk hilangkan bulu.

  • Sabar dan disiplin adalah kuncinya. Gunakan peralatan IPL Anda sekali dalam 3-4 hari untuk bulan pertama, lalu pada bulan berikutnya, gunakan sekali setiap minggunya. Penggunaan ini dapat dibaca sendiri di buku petunjuknya. Ikuti instruksinya dengan baik, sekalipun instruksinya berbahasa Inggris. Terjemahkan saja di Google Translate atau kamus online lainnya. Jika Anda tidak sabar dan tidak mengikuti dengan baik, maka usaha Anda mungkin sia-sisa karena bulu terus tumbuh dan tidak dihambat pada masa anagen.
  • Gunakan gel ultrasonik untuk mencegah iritasi dan menggunakan IPL pada level tertinggi dengan aman. Semakin tebal penggunaan gel, semakin aman penggunaan IPL sampai ke level 5. Tanpa gel, maka akan ada rasa sakit, khususnya pada bulu-bulu yang tebal seperti bulu ketiak dan daerah brazilian. Biasanya orang khawatir menggunakan IPL di level 4 dan 5 karena rasa sakitnya, sehingga bulu-bulu pada akhirnya tidak menghilang. Bahkan sejumlah orang mengira penggunaan IPL tidak efektif.
  • Jangan cukur habis bulu Anda saat menggunakan IPL atau cukur bulu Anda dan tunggu sampai tumbuh sedikit pada keesokan harinya atau dua hari kemudian, baru gunakan IPL. Dalam keadaan botak, memang tidak ada rasa sakit, sekalipun menggunakan tanpa gel, tetapi tidak akan ada hasilnya. Sedikit bulu dibutuhkan untuk menyerap sinar sehingga sampai ke akar dan bulu-bulu pun sirna.
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.