Batman Returns (1992)

Diposting pada

Batman Returns yang dibuat pada tahun 1992 adalah film superhero yang diangkat dari karakter komik terbitan DC Comics. Film ini adalah film kedua dari serial Batman yang dibuat pada tahun 90an. Michael Keaton kembali muncul sebagai Bruce Wayne/Batman.

Dalam Batman Returns, Batman akan menghadapi pebisnis korup, Max Shreck (Walken) yang bersekongkol dengan Penguin (Danny DeVito) untuk mengambil alih Gotham City. Selain itu, ada juga karakter Catwoman (Michelle Pfeiffer) yang bakal muncul.

Sang sutradara, Tim Burton sebetulnya tidak terlalu berminat mengarahkan film Batman sekali lagi. Namun, dia akhirnya setuju jadi sutradara setelah mengganti penulis naskah, Sam Hamm dengan Daniel Waters. Hamm sudah mengembangkan tokoh Penguin dan Catwoman. Dia juga mengganti tokoh yang dirasa tidak perlu seperti Harvey Dent dan Robin, serta menulis kembali klimaks cerita.

Film ini mendapatkan nominasi Piala Oscar untuk Best Visual Effects dan Best Makeup, juga sukses secara komersial. Dengan modal $80 juta, Batman Returns menghasilkan penjualan sebesar $266,8 juta di seluruh dunia. Para kritikus juga banyak memberikan ulasan positif khususnya untuk musik yang digarap oleh Danny Elfman, efek dan tokoh jahat memberikan kesan kelam dan nada-nada depresi.

Cerita Batman Returns di mulai dari pada malam natal yang bersalju, Tucker dan Esther Cobblepot membuang anak bayi mereka, Oswald, yang cacat ke Sungai Gotham. Mereka khawatir Oswald akan menjadi ancaman bagi masyarakat setelah kejadian penyerangan terhadap kucing kesayangan mereka. Keranjang Oswald mengapung hingga ke kebun binatang yang tak digunakan lagi. Dia ditemukan oleh penguin dan diambil menjadi salah satu dari mereka.

33 tahun kemudian, saat natal, terjadi kerusuhan dalam karnaval. Batam berhadapan dengan penjahat dan pengusaha korup Max Shreck. Max jatuh ke sarang bawah tanah tempat Cobblepot tinggal. Cobblepot sekarang dikenal sebagai Penguin. Dia mengutarakan keinginannya ke Max untuk menjadi seorang warga negara yang terhormat di Gotham City. Dia memeras Shreck agar mau membantunya. Mereka menjadi sekutu.

Sementara itu, sekretaris pebisnis Shreck yang bernama Selina Kyle, secara tidak sengaja menemukan rencana bosnya untuk memonopoli pasokan listrik Gotham secara ilegal. Demi melindungi rahasianya, Shreck berusaha membunuhnya dengan mendorong dia keluar dari jendela kantor. Selina jatuh dari gedung dan menabrak kanopi gedung. Ajaib, Selina bertahan hidup, pingsan di sebuah gang. Sekelompok kucing berkerumun di sekelilingnya dan tiba-tiba dia bangun kembali. Karena trauma, Kyle mengalami gangguan mental, mengotori apartemennya dan mengenakan kostum hitam dengan cambuk. Dia menjadi Catwoman yang kuat.

Shreck mengatur rencana penculikan terhadap bayi laki-laki Walikota dan Cobblepot bisa “menyelamatkannya”. Sebagai hadiah, Cobblepot diberikan akses ke Arsip Kota Gotham, di mana dia akhirnya mengetahui namanya yang sebenarnya. Dia juga adalah anggota dari keluarganya yang terakhir. Sementara itu, Walikota yang dibujuk oleh Wayne, menolak memberikan Shreck izin konstruksi untuk membangun pembangkit listrik. Cobblepot memerintahkan orang-orangnya menyerang pusat kota Gotham, merusak reputasi Walikota dan memberikan Shreck kesempatan mengusulkan Cobblepot sebagai pengganti walikota. Batman muncul menghadapi Cobblepot, tapi Catwoman mendatangi Shreck untuk balas dendam. Cobblepot berhasil lolos. Batman sempat berkelahi dengan Catwoman sebelum akhirnya Catwoman kabur ke truk yang penuh dengan sampah dan kucing.

Bagaimana kisah selanjutnya? Tonton film Batman Returns agar tidak penasaran.

Poster film Batman Returns :

poster batman returns

Informasi film Batman Returns :

Sutradara:
Tim Burton

Produser:
Denise Di Novi
Tim Burton

Penulis naskah:
Daniel Waters

Pembuat cerita:
Daniel Waters
Sam Hamm

Diadaptasi dari:
karakter Batman buatan DC Comics, oleh Bob Kane

Pemain:
Michael Keaton, Danny DeVito, Michelle Pfeiffer, Christopher Walken, Michael Gough, Pat Hingle, Michael Murphy

Penata musik:
Danny Elfman

Sinematografer:
Stefan Czapsky

Editor:
Chris Lebenzon

Perusahaan produksi:
Warner Bros.

Distributor:
Warner Bros.

Tanggal rilis:
16 Juni 1992 (Mann’s Chinese Theatre)
19 Juni 1992 (Amerika Serikat)

Durasi film:
126 menit

Negara asal:
Amerika Serikat

Biaya:
$80 juta

Pendapatan box office:
$266,8 juta

Trailer film Batman Returns :

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.