Apa itu Teknik Elektro? Yuk, Kenali Lebih Dalam!

Diposting pada

mahasiswa teknik elektro

Tertarik masuk ke fakultas teknik? Ada beberapa jurusan atau program studi yang bisa kamu pilih jika ingin berkarir di bidang ini. Selain teknik mesin yang sudah banyak dikenal, fakultas teknik juga memiliki program studi lain yang tak kalah banyak peminat, yaitu teknik elektro.

Teknik elektro yang juga banyak dikenal sebagai teknik listrik sebenarnya sudah mulai dipelajari oleh siswa SMK yang mengambil jurusan tersebut. Jurusan ini pun juga tersedia di bangku kuliah yang merupakan pendidikan lebih lanjut dan mendalam mengenai ilmu elektro. Untuk mengenal teknik elektro lebih dalam, mari kita simak informasi seputar jurusan teknik elektro berikut ini!

Jurusan Teknik Elektro

Teknik elektro atau teknik listrik merupakan bidang ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron atau listrik serta aplikasinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ilmu ini mempelajari berbagai hal, mulai dari konsep, perancangan, pengembangan, hingga produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan masyarakat.

Bila berbicara mengenai cakupan, jurusan teknik elektro terbilang luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, hingga pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Bila berbicara mengenai konsentrasinya, bidang ilmu ini dibagi menjadi beberapa konsentrasi, antara lain teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, sampai teknik komputer dan telekomunikasi.

teknik elektro

Karakter yang Sesuai dengan Jurusan Teknik Elektro

Tak hanya sekadar minat, kamu juga bisa memeriksa kesesuaikan karakter yang kamu miliki dengan apa yang dipelajari dalam jurusan teknik elektro. Tentu, ketertarikan akan bidang ini menjadi bekal utama agar kamu lebih mudah dan enjoy dalam menggeluti bidang ini. Menjadi ilmu yang relevan dengan perkembangan teknologi, maka kamu perlu menjadi seseorang yang update mengenai perkembangan teknologi kelistrikan.

Meski identik dengan instalasi listrik, bidang ini juga mempelajari IT hingga robotik yang membuatnya semakin menarik. Untuk mendukung kelancaran dalam belajar, maka kamu harus memiliki karakter tekun, teliti, dan detil. Dalam bidang ini, sedikit saja kesalahan dapat berakibat fatal karena berhubungan dengan energi listrik. Maka dari itu, dibutuhkan karakter yang rasional dan terstruktur. Kamu yang suka berhitung, menganalisis, dan melakukan riset juga cocok untuk terjun di bidang ini.

Prospek Kerja Teknik Elektro

Prospek kerja adalah salah satu faktor yang kerap dijadikan pertimbangan dalam memilih jurusan. Tak hanya sekadar minat, prosek kerja yang menjanjikan tentu menjadi nilai tambah untuk memastikan kemudahan dalam mencari pekerjaan setelah lulus. Lalu, bagaimana dengan prospek kerja teknik elektro?

Meski menjadi salah satu bidang ilmu teknik yang tertua, nyatanya teknik elektro merupakan basis dari industri manufaktur modern. Hal ini membuat jurusan ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Pesatnya perkembangan teknologi juga membuat jurusan ini semakin relevan. Sehingga, para lulusan teknik elektro tak perlu khawatir dengan peluang kerja yang tersedia.

Lulusan teknik elektro dapat berkarir sebagai teknisi telekomunikasi, ahli robotik, spesialis network system, hingga teknisi radar, sonar, dan navigasi. Beberapa industri yang terbuka untuk lulusan teknik elektro, antara lain  industri pembangkit listrik, telekomunikasi, manufaktur, IT, perminyakan dan pertambangan. Seorang ahli atau pakar di bidang ini disebut dengan insinyur listrik yang memegang peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan teknologi dari perangkat dan juga sistem elektronik.

Perlu diketahui bahwa teknik elektro juga memiliki keterkaitan dengan bidang teknik lainnya, seperti teknik mesin, sipil, kimia, dan masih banyak lagi. Keterkaitan ini dimaksudkan untuk mempermudah perancangan, pengembangan, produksi, hingga pengelolaan produk-produk yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.