Alasan Melamar Pekerjaan untuk Fresh Graduate Saat Interview

Posted on

Alasan utama melamar pekerjaan untuk fresh graduate karena menjadi awal melangkah untuk memiliki pemasukan. Karena sebelumnya sudah mengenyam pendidikan yang memakan biaya, hal ini dapat membayar jerih payah yang sudah terlewat. Anda dapat memulai dengan magang dan memasuki usaha-usaha menengah untuk memulainya, atau bisa langsung ke perusahaan besar.

Mengapa Fresh Graduate Sebaiknya Harus Segera Bekerja?

Lebih lanjut, inilah beberapa alasan mengapa banyak orang yang baru lulus kuliah ingin bekerja, dan mengapa hal ini menjadi urgent.

1. Jaminan Kehidupan

Hal ini juga berkaitan dengan simpanan uang yang menjadi lAndasan untuk melanjutkan hidup, Anda harus memiliki tabungan sendiri. Memenuhi kebutuhan dengan hasil usaha tanpa kontribusi lagi dari orang tua. Mulai untuk memanage uang dengan baik, menyortir hal-hal yang tidak perlu untuk memiliki tabungan yang penting untuk masa mendatang.

2. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi

Ketika melamar pekerjaan untuk fresh graduate pada perusahaan, Anda pastinya memiliki kesempatan untuk tidak lagi mengerjakan sesuatu individu. Seperti saat kerja kelompok sekolah, bekerja juga mengajarkan untuk memiliki kontribusi dalam tim yang bagus. Memberikan ide dan pekerjaan Anda bersama rekan untuk menghasilkan hasil yang perusahaan butuhkan.

3. Ilmu yang Telah Dipelajari Dapat Berguna

Setelah mengenyam pendidikan selama bertahun-tahun akhirnya Anda dapat menerapkan ilmu tersebut pada kegiatan yang nyata. Ilmu-ilmu tersebut dapat menjadi tonggak keberhasilan Anda yang sudah berusaha selama sekolah. Dengan harapan menjalani pekerjaan yang baik sesuai pelajaran, maka dari itu lebih baik Anda bekerja selaras dengan jurusan pendidikan.

4. Relasi dari Teman Sekantor

Hal yang menjadi lAndasan selanjutnya yaitu mendapatkan relasi yang luas sehingga free privilege teman saat membutuhkan bantuan. Jadi saat Anda ingin menaikkan jenjang karir akan lebih mudah. Jadi bisa mendapat informasi seluas-luasnya tentang dunia kerja maupun aspek kebutuhan hidup pribadi yang dari rekomendasi review yang tepat.

Alasan Melamar Pekerjaan Untuk Fresh Graduate Saat Wawancara

Alasan melamar pekerjaan untuk fresh graduate adalah adanya kecocokan atas proker kerja yang ada dengan kemampuan diri. Selain itu match-nya visi dan misi perusahaan yang selaras dengan minat kerja sehingga mempermudah dalam beradaptasi. Sehingga lebih nyaman tentunya ketika bekerja dengan lingkungan dan kegiatan bersama rekan sekantor dalam bertukar gagasan.

Ketika melamar pekerjaan untuk fresh graduate tentunya harus menyesuaikan terhadap skill yang sudah mumpuni. Anda juga bisa terus mengasah suatu kemampuan ketika ingin menguasainya secara utuh. Agar ada hal yang dapat membuat Anda memiliki kontribusi terhadap perusahaan. Hubungkan antara kekuatan dan kemampuan Anda ketika melamar pada suatu posisi.

Sebagian besar fresh graduate pastinya memilih pekerjaan yang relevan terhadap latar belakang pendidikan yang Anda raih. Hal ini tentu memiliki tujuan agar memilih posisi yang dapat melakukan hasil pekerjaan lebih baik. Karena ilmu yang sudah terlatih dengan pendidikan formal memberikan rasa tenang karena dapat menjamin hasil sesuai keinginan.

Apakah Penawaran Gaji Mempengaruhi Antusiasme Pelamar?

Setiap orang memilih pekerjaan pastinya mempertimbangkan upah yang sesuai dengan effort kerja. Maka dari itu perusahaan yang memberikan posisi dengan gaji besar lebih banyak incaran. Bahkan alasan melamar pekerjaan untuk fresh graduate yang baru terjun dalam dunia kerja secara nyata ingin bisa memenuhi kebutuhan hidup yang semakin lama terus mahal.

Beberapa perusahaan resmi dan besar pastinya memiliki tunjangan untuk para karyawannya, hal inilah yang membuat lowongan kerja-nya selalu ramai. Karena tunjangan-tunjangan tersebut memberikan benefit lebih seperti pensiun, asuransi jiwa, anak (keluarga), kesehatan, kendaraan dan lain lain, hal tersebut adalah aspek penting dalam kebutuhan.

Setiap perusahaan pastinya memberikan fasilitas kerja untuk memenuhi kebutuhan karyawannya demi menyongsong hasil terbaik. Hal-hal tersebut yang menjadi incaran melamar pekerjaan untuk fresh graduate dalam kebutuhan sehari-hari. Contohnya makan siang gratis, hak cuti, upah lembur, tempat tinggal bahkan transportasi baik berangkat maupun pulang.

Pentingnya Mempelajari Tentang Jenjang Karir

Ketika melamar pekerjaan untuk fresh graduate pastinya memilih performa perusahaan yang baik  dengan harapan dapat menjadi batu loncatan. Hal ini tentunya membuat motivasi bekerja semakin tinggi agar jenjang karir-nya bagus. Maka dari itu sebelum melamar dan interview kandidat akan melakukan riset terlebih dahulu agar memiliki gambaran yang luas akan pilihannya.

Alasan umum melamar pekerjaan untuk fresh graduate adalah mencari pengalaman baru apalagi baru saja mulai bekerja. Jadi, tidak terlalu fokus untuk langsung memilih posisi tetap, karena membutuhkan pengalaman-pengalaman yang akan menjadi pendorong kesuksesan dalam berkarir. Maka dari itu, para fresh graduate banyak yang memulai dengan magang terlebih dahulu.

Setiap perusahaan pastinya memiliki fasilitas yang berbeda-beda untuk menunjang karyawannya dalam meng-upgrade kemampuan. Biasanya terdapat pelatihan khusus untuk jaminan jenjang karir yang lebih baik, sehingga kemampuan semakin luas. Hal tersebut juga menguntungkan agar karyawannya memiliki kinerja yang baik dan terus memajukan perusahaan.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Interview

Supaya Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, maka performa ketika interview harus paripurna. Lakukan hal berikut supaya Anda bisa meyakinkan HRD dalam mempekerjakan Anda.

1. Portofolio

Ketika melamar pekerjaan untuk fresh graduate saat interview memerlukan beberapa dokumen penting seperti portofolio, CV dan sertifikat atau penunjang lainnya. Buatlah semenarik dan detail akan informasi yang sesuai dengan kriteria pekerjaan. Jika Anda mempersiapkan bukti pendukung akan semakin menguatkan informasi CV dan meyakinkan untuk HRD menerima lamaran.

2. Pelajari Tentang Perusahaan

Sebelum melamar pekerjaan untuk fresh graduate  bahkan saat mau interview, sebaiknya Anda gali tentang informasi perusahaan maupun posisi dan jurusan-nya. Saat interview jangan sampai isi kepala kosong dan tidak tahu harus menjawab apa. Karena pengetahuan tentang perusahaan membuat Anda terlihat benar-benar serius untuk melamar kerja.

3. Berpenampilan Rapi dan Sopan

Memberikan kesan yang baik pastinya berawal dari penampilan maka dari itu saat Anda menghadiri wawancara gunakan pakaian yang sopan. Bila terdapat arahan ikuti dengan baik Anda bisa mengenakan kemeja atau atasan berkerah yang polos dan tidak terlalu ramai. Anda juga bisa untuk berpakaian yang lebih casual namun tetap rapi menggunakan celana atau rok panjang.

4. Pelajari Pertanyaan yang Biasa Diberikan HRD

Saat sesi tanya jawab pasti Anda membutuhkan persiapan lebih maka dari itu coba cari laman internet beberapa pertanyaan yang mungkin akan ada saat wawancara. Hal tersebut bukan bermaksud menjadikannya sebagai contekan, namun lebih ke gambaran jawaban yang baik. Karena dari awal komunikasi perlu penyusunan kata yang baik dan benar.

5. Siapkan Pertanyaan yang Ingin Diketahui

Ketika melamar pekerjaan untuk fresh graduate pastinya kurang paham akan dunia perusahaan, maka dari itu Anda harus menyiapkan pertanyaan. Baik seputar posisi maupun kebiasaan kerja, jadi gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mendapat informasi yang relevan. Hal ini juga dapat membantu menunjukkan ketertarikan yang besar pada perusahaan.

Pertanyaan yang Biasa Diajukan HRD

Ketika melamar pekerjaan untuk fresh graduate sampai interview, biasanya kandidat harus menjawab beberapa pertanyaan sebagai tes layak tidaknya untuk menerima pada perusahaan tersebut. Salah satunya yaitu HRD akan meminta setiap calon untuk mendeskripsikan dirinya, dengan tujuan agar mengetahui karakter setiap calon dan mengharapkan kesan pertama yang baik.

HRD pastinya akan memberikan pertanyaan tentang kekurangan yang ada dalam diri kandidat, dengan tujuan ingin mengetahui bagaimana Anda menanggulangi sebuah masalah. Jika Anda dapat menjawabnya dengan baik akan memberikan kesan kesadaran diri yang tinggi. Selain itu fokus Anda dalam mengatasi kekurangan memberikan gambar saat bekerja pada perusahaan tersebut..

Begitupun dengan kelebihan, HRD ingin melihat bagaimana Anda menilai diri sendiri serta mengetahui kekuatan yang paling mendekati posisi yang Anda inginkan. Jika bingung, coba jelaskan kemampuan Anda dalam sehari-hari seperti memiliki public speaking yang bagus. Jangan lupa untuk  menyertai penjelasan bukti yang konkrit agar tidak terkesan melebih-lebihkan.

Ketika ada pertanyaan yang meminta Anda menjelaskan pengalaman, hal tersebut maksudnya kegiatan yang sudah Anda lakukan. Tidak harus pekerjaan formal karena para fresh graduate mungkin memang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Anda bisa jelaskan organisasi, volunteer, magang atau hal-hal yang Anda lakukan semasa kuliah.

Cara Menjawab Pertanyaan

Ketika melamar pekerjaan untuk fresh graduate Anda adalah kandidat yang baru terjun dalam dunia kerja, untuk mempertimbangkan kesan awalnya adalah pada gestur tubuh. Baik saat memasuki ruangan, menjawab pertanyaan sampai selesai wawancara. Ekspresi wajah juga sangat penting saat Anda berkomunikasi dengan HRD.

Saat wawancara pastinya akan ada pertanyaan dan tanggapan saat Anda memberikan alasan-alasan, maka dari itu berikan bahasa yang baik dan baku. Selain itu, jangan jawab terlalu denial dan hanya mementingkan diri sendiri. Karena akan memberikan anggapan bahwa Anda tidak memiliki kontribusi yang baik terhadap perusahaan.

Jangan sampai Anda mengarang cerita yang membuat kesan too much apalagi terlalu menjilat perusahaan. Jawablah tentang diri, visi, misi atau hal-hal yang menjadi pertanyaan bagi pewawancara dengan jujur dan jangan melebih-lebihkannya. Hal tersebut juga dapat memengaruhi bilamana Anda sudah keterima pada posisi dan merasa kesulitan karena berbohong.

Baca Juga: Alasan Melamar Pekerjaan di BUMN Saat Interview

Rekomendasi Jawaban yang Bisa Diberikan

Alasan melamar pekerjaan untuk fresh graduate Harus jelas dan tidak berlebihan, jika HRD meminta tentang penjelasan diri coba jelaskan latar belakang pendidikan. Selain itu, tujuan diri Anda akan masa depan yang baik, coba representasikan yang benar-benar memberikan gambaran tentang diri sendiri. Coba memilah kata-kata yang tepat ketika menjawab seputar kebiasaan yang Anda lakukan.

Ketika pertanyaan terkait kekurangan ini muncul, hindari menjawab bahwa Anda memiliki kekurangan namun tidak memberikan solusi. Cukup berikan usaha yang sudah Anda lakukan dan jelaskan kemajuannya dalam solusi tersebut, baik dampak pada diri sendiri maupun sekitar. Berikan jawaban yang profesional agar Anda memiliki jiwa rasional dan leadership yang tinggi.

Ketika mendapatkan pertanyaan untuk memberikan kelebihan, tonjolkan jawaban yang memberikan kesesuaian antara posisi yang Anda lamar. Bisa juga memberikan alasan bagaimana Anda menjalani hal-hal yang berkaitan tentang kegiatan kerja seperti soft sampai hard skill. Hal tersebut membuat HRD dapat lebih mempertimbangkan Anda karena memiliki potensi besar.

Pada penjelasan alasan melamar pekerjaan untuk fresh graduate berdasarkan pengalaman, berikan yang paling relevan salah satunya saat Anda melakukan KKN atau magang. Jika posisinya beda jurusan coba telaah hal yang relevan. Analisa suatu kegiatan yang berkaitan dengan posisi, lalu jelaskan kenapa memilih perusahaan tersebut terhadap pengalaman yang sudah Anda lalui.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.