Alasan Melamar Pekerjaan di Cafe dan Restoran dan Jawabannya

Posted on

Pekerjaan cafe dan restoran adalah sebuah pekerjaan yang menjadi rekomendasi untuk semua orang yang sedang bingung. Yaitu dalam mencari pekerjaan apa yang sesuai. Karena pekerjaan satu ini sangat populer di semua tempat karena lingkungan kerja yang cukup nyaman tanpa adanya tekanan pekerjaan yang begitu berat. Walau begitu, bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan dengan pekerjaan ini.

Jika Anda terhalang pendidikan terakhir yang pernah Anda tempuh ketika mencari pekerjaan, maka bekerja di restoran biasanya tidak membutuhkan minimal pendidikan. Selama Anda sudah memenuhi kualifikasi sebagai pekerja yang Anda cari, maka latar belakang pendidikan bukan lagi hal yang penting. Oleh sebab itu, Anda tidak akan terlalu sulit mendapatkannya.

Alasan Melamar di Cafe dan Restoran

1. Lapangan Pekerjaan Banyak

Pekerjaan cafe dan restoran adalah pekerjaan yang paling mudah Anda temui. Pekerjaan satu ini jumlahnya sangat banyak sehingga kemungkinan Anda berhasil mendapatkan posisi di suatu cafe atau restoran yang Anda tuju sangatlah besar. Tetapi jika gagal di satu tempat, tidak akan sulit mendapatkan tempat lain yang bisa menjadi solusi.

2. Bisa Anda Jadikan Sumber Penghasilan Tambahan

Tidak hanya untuk Anda yang ingin bekerja di restoran sebagai pegawai tetap, bagi mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan tambahan untuk biaya hidup. Karena banyak restoran yang mencari kerja paruh waktu di akhir pekan yang bisa Anda lakukan ketika tidak ada kelas. Gaji yang Anda dapat bisa termasuk lumayan untuk pekerjaan yang hanya Anda lakukan selama dua hari dalam satu pekan.

3. Tidak Memerlukan Kemampuan Khusus

Jika Anda baru saja lulus sekolah dan belum memiliki pengalaman kerja sama sekali, maka pekerjaan cafe dan restoran bisa menjadi solusi. Pekerjaan ini bisa Anda pilih karena tidak perlu kemampuan khusus sebab bagian memasak sudah ada ahlinya. Anda hanya perlu menjadi pelayan, kasir, atau bagian membersihkan tempat bersama rekan kerja yang pastinya bisa semua orang lakukan.

4. Pekerja Tidak Terlalu Berat

Memang tidak ada pekerjaan yang benar-benar sangat nyaman. Tetapi jika bekerja pada sebuah restoran, Anda tidak akan mendapatkan deadline pekerjaan yang bisa membuat pikiran merasa sangat terbebani. Anda hanya perlu gesit dalam melayani para pelanggan yang datang, itupun tidak Anda lakukan sendiri karena pastinya ada rekan yang siap membantu.

5. Waktu Istirahat Terjamin

Jika terlintas dalam pikiran tentang pekerjaan di restoran yang sibuk dengan banyak pelanggan hingga tidak memiliki waktu istirahat, maka itu tidaklah benar. Walau restoran sedang dalam masa sibuk, setiap pekerja akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup walau harus bergantian dengan rekan kerja lain. Jadi Anda tetap bisa bekerja maksimal setelah istirahat.

Spesifikasi yang Harus Anda Miliki

1. Bersikap Jujur

Sikap yang jujur juga sangat penting Anda miliki ketika hendak melamar di pekerjaan cafe dan restoran. Karena kejujuran sangat penting supaya semua kegiatan yang terjadi dalam ruang lingkup kerja tidak ada yang terganggu. Kejujuran juga sangat penting supaya ketika terjadi masalah, maka masalah bisa segera selesai ketika Anda rundingkan.

2. Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan semua panggang yang datang ke cafe tidak kalah penting. Pekerjaan cafe dan restoran ini akan membebankan Anda untuk bisa berkomunikasi dengan sangat baik kepada semua pelanggan yang datang. Pastinya dengan komunikasi yang baik, pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan.

3. Tidak Bermalas-malasan

Memiliki sifat yang rajin adalah hal yang paling penting yang pihak restoran cari untuk menjadi para pekerjanya. Sebab restoran adalah tempat kerja yang mengharuskan setiap pekerjanya bekerja dengan giat setiap saat supaya semua pesanan pelanggan bisa segera Anda antarkan beberapa saat setelah pesanan datang. Karena pastinya pelanggan tidak suka jika harus menunggu lama.

4. Bisa Bekerjasama dengan Rekan

Jika Anda canggung ketika melakukan pekerjaan cafe dan restoran maka Anda akan mudah melakukan kesalahan. Sehingga kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan juga orang-orang baru sangat wajib Anda miliki supaya bisa bekerja secara profesional. Karena kemampuan adaptasi yang baik akan memudahkan Anda merasa nyaman bekerja di tempat baru dan melakukan pekerjaan.

5. Memiliki Sifat Ramah

Pelayan adalah wajah dari restoran tempat bekerja. Sehingga ketika Payan bersifat ramah kepada semua pengunjung maka kesan yang para pengunjung tinggalkan akan menjadi baik. Sehingga nama restoran akan terkenal baik dengan pelayanan memuaskan yang para pelanggan dapatkan. Karena itu memberikan pelayanan ramah harus bisa Anda kuasai.

Kewajiban Pekerja Restoran

Anda harus bisa menyajikan pesanan dalam jumlah banyak atau sedikit dengan cepat tanpa menumpahkannya. Pastikan Anda tetap percaya diri membawa pesanan supaya tangan tidak gemetar dan membuat isi makanan atau minuman menjadi tumpah pada nampan. Karena melayani pelanggan secara langsung adalah tugas utama dari pekerjaan cafe dan restoran.

Anda juga harus siap jika mendapat pekerjaan pada bagian kasir yang mengatur masalah pembayaran. Pastikan tidak ada daftar pesanan yang tertukar ketika para pelanggan hendak melakukan pembayaran. Anda juga harus teliti dalam mengatur keuangan supaya tidak salah jumlah dalam memberikan kembalian kepada para pelanggan.

Jika Anda melihat ada pelanggan yang baru datang tetapi terlihat kebingungan, maka langsung dekati pelanggan tersebut dan tanyakan apa yang bisa Anda bantu. Biasanya pelanggan merasa bingung untuk duduk di mana ketika restoran penuh. Anda yang melakukan pekerjaan cafe dan restoran harus mengantar pelanggan ke lokasi yang masih kosong.

Setelah restoran tutup, maka akan banyak sekali bagian restoran yang Anda dan rekan bersihkan. Seperti misal pada bagian dapur, tempat makan, juga lokasi lainnya. Sehingga membersihkan semua lokasi tersebut menjadi kewajiban semua pekerja sebelum pulang. Karena kebersihan restoran harus tetap terjaga supaya bisa membuat pengunjung merasa nyaman keesokan harinya.

Pekerjaan cafe dan restoran juga mengharuskan Anda untuk selalu siap lembur kapan saja jika sedang ada acara dadakan di tempat kerja atau ketika restoran sedang sangat ramai pengunjung. Karena itu, pastikan Anda bisa pulang larut malam kapan saja ketika perlu. Ini juga termasuk salah satu tugas pekerja cafe dan restoran.

Pertanyaan Ketika Wawancara dan Jawabannya

Bagaimana Cara Menaikkan Penjualan?

Ketika Anda melakukan proses wawancara kemudian mendapat pertanyaan bagaimana cara pekerjaan cafe dan restoran bisa meningkatkan penjualan, maka tidak perlu bingung. Anda hanya perlu menjawab dengan merekomendasikan makanan terbaik dari cafe dengan yakin kepada pelanggan. Maka pelanggan pastinya akan menambah menu rekomendasi tersebut pada pesanan.

Apa Alasan Memilih Bekerja di Restoran?

Pertanyaan selanjutnya adalah pihak restoran yang akan menanyakan kenapa Anda mau mengambil pekerjaan cafe dan restoran yang tersedia. Anda bisa menjawabnya dengan meyakinkan pihak pemilik restoran bahwa Anda adalah calon pekerja yang memiliki semangat tinggi dan yakin bisa memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan untuk meningkatkan nama baik restoran.

Bagian Apa yang paling Sulit dalam Bekerja di Restoran?

Pertanyaan tentang bagian tersulit dalam pekerjaan terkait tidak pernah absen dalam proses wawancara. Anda hanya perlu menjawab tentang melayani pelanggan dengan sempurna adalah yang paling sulit. Karena jika berhasil membuat pelanggan nyaman, maka kemungkinan besar pelanggan datang kembali semakin besar. Tetapi jika gagal, maka nama baik restoran yang jadi taruhannya.

Cara Anda Mengatasi Stress Selama Bekerja?

Jika mendapat pertanyaan bagaimana caranya mengatasi stress selama bekerja supaya tidak mengganggu pekerjaan, maka bisa Anda jawab dengan mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai bekerja. Persiapan bisa dengan berolahraga pagi, sarapan dengan baik, juga melakukan hal-hal yang menjaga kesehatan rohani.

Di Mana Lokasi Tempat Tinggal?

Mendapatkan pertanyaan di mana lokasi tempat tinggal adalah hal yang wajar, Anda tidak perlu takut ketika mendengarnya. Jika lokasi cukup dekat dengan lokasi pekerjaan cafe dan restoran, maka kemungkinan Anda mendapatkan posisi pekerja juga semakin besar. Karena pihak restoran ingin memastikan bahwa Anda bisa bekerja tepat waktu dan bisa pulang larut dengan aman jika sedang lembur.

Keuntungan Pekerjaan Cafe dan Restoran

Pekerjaan cafe dan restoran termasuk pekerjaan yang terbilang cukup santai untuk Anda lakukan. Jam buka restoran yang tidak terlalu pagi dan pulang telat waktu adalah sebuah keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Kecuali mungkin pada beberapa keadaan ketika Anda harus mendapat jam kerja tambahan karena ramainya restoran oleh para pengunjung.

Gaji yang pihak cafe tawarkan cukup menggiurkan untuk Anda perjuangan. Dengan gaji ini, pastinya kebutuhan yang Anda miliki setiap bulannya dapat terpenuhi dengan baik. Sisa gaji juga bisa Anda gunakan untuk bersenang-senang supaya bisa kembali bekerja dalam keadaan lebih baik setelah pergi bermain bersama orang terdekat.

Ketika Anda melakukan pekerjaan cafe dan restoran secara tidak langsung Anda melakukan pelatihan untuk bersikap ramah kepada pelanggan. Pastinya kemampuan seperti ini akan sangat bermanfaat bagi Anda di kemudian hari. Apalagi jika Anda bekerja dalam waktu yang lama, maka tidak akan sulit lagi memiliki sifat ramah yang alami.

Restoran dan cafe termasuk tempat kerja yang nyaman karena tingkat persaingan antara rekan kerja sangat kecil. Semua pekerja memiliki posisi yang sama penting, karena biasanya bagian atasan dipegang langsung oleh pemilik. Sehingga Anda tidak perlu melanjutkan pendidikan untuk naik jabatan atau bersaing dengan rekan untuk naik jabatan.

Baca Juga: Alasan Suka Bekerja di Bagian Produksi

Kesimpulan

Memilih pekerjaan cafe dan restoran bisa jadi pertimbangan terbaik Anda apalagi jika belum memiliki pengalaman bekerja selama sekolah. Pekerjaan ini selalu memiliki lowongan untuk semua orang yang ingin memiliki pekerjaan. Jadi Anda bisa menjadikannya sebagai pertimbangan mengisi waktu kosong setelah lulus sekolah atau ketika libur kuliah.

Persyaratan yang tidak membuat Anda pusing adalah alasan paling besar kenapa pekerjaan satu ini menjadi pilihan banyak pencari pekerjaan. Karena Anda hanya perlu menyesuaikan sikap tanpa perlu melakukan kursus yang pastinya butuh banyak uang, tidak perlu juga minimal pendidikan yang pastinya menjadi alasan terbesar Anda sulit mendapatkan pekerjaan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.